Connect with us

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain

Informasi

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain – Apakah Anda pernah diminta untuk menjelaskan diri sendiri dan merasa sulit? Atau mungkin Anda tidak setuju dengan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda? Anda pikir Anda A, tetapi orang lain mengatakan Anda B. Dalam psikologi, ada teori yang disebut

Teori jendela Johari adalah salah satu teori psikologi yang diciptakan oleh dua orang psikolog Amerika, Joseph Rafter dan Harrington Ingham pada tahun 1955, hingga akhirnya banyak digunakan oleh para ilmuwan di bidang psikologi.

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain

Teori Johari Window juga dikenal sebagai teori kesadaran diri tentang perilaku dan pemikiran yang ada pada diri sendiri dan orang lain (Osmanoğlu, 2019). Teori ini mengajarkan kita untuk tidak hanya memahami diri kita secara pribadi, tetapi juga untuk memasukkan perspektif orang lain.

Karakter123.com: Mengenal Diri Sendiri

Oleh karena itu, menerapkan ide-ide teori ini, selain bermanfaat bagi diri sendiri, juga dapat membantu kelompok untuk saling memahami antar anggotanya, sehingga tercipta kelompok yang harmonis (Changge, 2018).

Teori psikologi ini menyatakan bahwa seseorang memiliki 4 bagian, yang disebut poros atau kuadran, dan setiap kuadran menggambarkan informasi tentang perasaan, perilaku, pendapat, niat, dan motivasi seseorang (Changge, 2018). Melalui keempat kuadran ini kita dapat mempelajari bagian lain dari diri kita (Garagna, 2003).

Menurut Changge (2018), keempat kuadran dalam jendela Johari memiliki wilayah dan peran yang berbeda. Sumbu horizontal menggambarkan pengetahuan individu, dan sumbu vertikal menggambarkan pengetahuan kelompok. Untuk lebih jelasnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

Adalah area terbuka yang menampilkan perilaku yang diketahui seseorang dan ingin dibagikan kepada orang lain. Dengan kata lain, kuadran ini mewakili perilaku yang kita dan orang lain ketahui.

Pemahaman Diri (mengenal Diri Sendiri) Tujuan

Kuadran 2 atau the blind self adalah zona buta yang menunjukkan sifat dan perilaku yang dimiliki seseorang tetapi tidak dikenali tetapi diketahui orang lain. Terkadang masalah atau kelemahan hanya bisa dilihat oleh orang lain.

Kuadran 3 atau the hidden self adalah area tersembunyi yang menunjukkan perilaku orang tersebut, yang dia akui tetapi tidak mau dibagikan kepada orang lain sehingga mereka tidak menyadarinya.

Kuadran 4 atau the Unknown Self adalah area misterius yang menunjukkan perilaku, sifat, motif, dan niat yang dimiliki seseorang tetapi tidak diketahui oleh diri sendiri atau orang lain. Itu bisa jadi potensi tersembunyi dari seseorang yang tidak dikenal.

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain

Jadi bagaimana kita meningkatkan kesadaran diri kita dalam empat kuadran? Caranya adalah dengan memperluas area

Karakter123.com: Diri Sendiri

Atau kuadran 1, beri tahu orang lain, dan kami juga tahu. Kita bisa mulai dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan: “Saya pikir saya ini apa? Bagaimana orang lain melihat saya?”.

Kita bisa jujur ​​menulis pertanyaan di atas untuk memahami diri kita lebih baik. Selain itu, kita juga bisa mengurangi kuadran 2 atau area

Karena dalam hal ini kami sendiri tidak tahu. Bahkan, orang lain lebih tahu. Hal ini tentu saja perlu diluruskan karena menunjukkan bahwa kita tidak mengenal diri kita sendiri.

? Kita bisa mulai dengan bertanya kepada orang lain. Ya! Pendekatan ini mengajarkan kita untuk mengenal diri kita sendiri, bukan untuk sendirian. Dapat dikatakan bahwa setiap orang memiliki

Mengenali Diri Sendiri Dan Orang Lain (3).pptx.pptx

Kita dapat mempelajarinya dengan bertanya kepada beberapa teman dekat, “Menurutmu aku ini apa?” Jawaban yang disebutkan teman kami ternyata tidak ada dalam daftar

Namun, kita tidak harus menerima semua pendapat orang lain, karena tidak semua pendapat orang lain tentang kita itu benar. Kami dapat memfilter opini mana yang kurang lebih relevan, dan kami juga dapat menghapus opini yang tidak relevan. Dengan cara ini kita masih bisa berpegang pada keyakinan kita sendiri.

Memang cukup bagi kita untuk mengetahui beberapa hal, yang lain tidak perlu tahu. Kuadran 4 atau

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain

Beberapa area ini mungkin muncul ketika ada momen atau hal tertentu yang belum kita coba tapi sebenarnya bisa. Nah, untuk menemukannya, kita bisa menggunakan prinsip “start or try first”.

Be The Real You! Mulai Dari Mengenal Diri Sendiri

Kita bisa mendapatkan banyak hal dengan mengenal diri kita sendiri. Menurut Osmanoglu (2019), manfaat pengetahuan diri antara lain peningkatan

Seiring dengan membangun hubungan positif dengan orang lain. Selanjutnya, dengan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan dan kelemahan kita, kita dapat menjadi lebih percaya diri, meningkatkan ketahanan kita, memiliki pengaturan diri yang tinggi, dan menjadi lebih dewasa dan lebih mampu menghadapi stres atau ketegangan dalam hidup kita.

Membentuk tim yang kuat dan harmonis (Changge, 2018). Dengan menggunakan teknologi Johari Window, anggota tim dapat memahami dan memahami kepribadian satu sama lain, sehingga meningkatkan efektivitas komunikasi tim. Komunikasi yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan tim.

Nah beginilah cara mengenal dan menemukan diri sendiri melalui Johari window theory. Kita dapat menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari untuk lebih memahami diri kita sendiri. Mari kita coba!

BACA JUGA!!!  Wisata Dan Kuliner Di Bogor

Unit2 Mengenal Diri

Praktisi HR tertarik untuk meneliti dan menulis tentang isu-isu psikologi industri/organisasi, pengembangan diri, kesehatan mental, dll. potensi dan mengurangi kelemahan kita. Banyak orang yang tidak mengenal dirinya sendiri, padahal mengenal diri sendiri sangat penting untuk mengembangkan diri agar menjadi lebih dewasa dan berpengaruh baik bagi banyak orang.

Mengenal diri sendiri juga memudahkan kita untuk mencapai potensi diri yang membawa kita selangkah lebih dekat menuju kesuksesan.

Kita bisa lebih memahami dan terhubung dengan orang lain karena kita sudah memahami diri kita sendiri. Dengan cara ini, kita dapat menyesuaikan individualitas kita dengan orang lain.

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain

Ketika kita mengenal diri kita sendiri, kita dapat membuat keputusan tentang cita-cita kita, organisasi, dll. yang tepat untuk kita.

Jual Buku Self Improvement Seni Mengenal Diri Sendiri

Ketika kita mengenal diri kita sendiri, kita dapat mengetahui bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar kita bisa menerima diri sendiri tanpa iri dengan kelebihan orang lain.

Keluarga adalah orang-orang yang tinggal bersama kita sejak kecil. Dan keluarga selalu bersama kami, jadi mereka paling mengenal kami. Untuk melakukan ini, kita bisa bertanya kepada mereka tentang diri mereka sendiri.

Sahabat adalah seseorang yang ada untuk kita saat kita senang atau sedih, tempat curhat, seseorang untuk diajak bicara. Agar teman kita mengetahui dan menilai kita, kita dapat meminta teman kita untuk mempelajari lebih lanjut tentang reaksi mereka terhadap kita.

Media sosial adalah tempat kita nongkrong online. Disini kita juga bisa melihat respon mereka terhadap kita untuk lebih memahami diri kita sendiri.

Karakter123.com: Sudahkah Anda Mengenal Diri Anda ?

Lingkungan tempat kita bergaul mengetahui sikap kita sehari-hari, sehingga kita dapat mencari bantuan untuk lebih memahami diri sendiri.

Mengenal diri sendiri sangat penting dalam hidup kita. Mengenal diri sendiri tentu memiliki banyak keuntungan, dan salah satunya adalah membuat kita menjadi lebih dewasa. Ada banyak cara untuk mengenal diri sendiri, seperti melihat reaksi orang lain terhadap kita, bertanya kepada orang di sekitar kita, dll. Untuk itu, mari kita coba memahami diri sendiri melalui berbagai proses yang ada, karena tidak semuanya akan sia-sia. Mengenal diri sendiri tidak selalu mudah. Kesembilan latihan ini dapat membantu kita memahami diri sendiri dengan lebih baik.

Kita mungkin orang pertama yang kita kenal sebelum kita mengenal orang lain. Tetapi seberapa banyak yang kita ketahui tentangnya seringkali merupakan misteri yang tidak pernah bisa dipecahkan. Faktanya, apa pun yang kita lakukan, sangat penting bagi kita untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang diri kita sendiri. Baik untuk kesejahteraan pribadi, membangun hubungan yang lebih baik, dan menciptakan kehidupan yang bermakna dan memuaskan.

Mengenal Diri Sendiri Dan Orang Lain

Psikolog klinis Dr. Ryan House mengatakan bahwa setiap orang memiliki cara yang unik dan berbeda dalam mengatasi dan menjalani hidup mereka. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memahami perbedaan tersebut guna mengurangi potensi stres karena tidak mengenal diri sendiri. Menurut House, ketika kita mengenali pola dan kebiasaan yang membuat kita lebih memahami diri sendiri, kita merasa lebih percaya diri dalam membuat pilihan berbeda yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Tentu saja, dibutuhkan kerja keras dan keberanian untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan besar tentang apa yang sebenarnya kita inginkan, mengapa kita merasa seperti itu, dan banyak lagi, dan kita harus siap menerima jawaban yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita.

Mengenal Diri Sendiri:

Kebenaran tentang kesalahan kita tentu bukanlah kabar baik yang ingin kita dengar. Namun kita harus menerimanya dan menghadapinya dengan tegas, karena membuka “pintu kebenaran” dapat mendatangkan informasi yang positif dan berharga bagi kita, asalkan kita siap menerimanya secara terbuka. Mengenal diri sendiri melalui berpikir seringkali tidak mudah karena mengeksploitasi diri secara jujur ​​merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan. Seringkali lebih mudah bagi kita untuk mencari perlindungan karena berbagai alasan. Faktanya, mengangkat semua tabir rasionalitas adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Haus menyarankan sembilan latihan yang bisa kita coba.

Ingat, hitung dan rekam momen-momen membanggakan. Adakah momen yang kita banggakan? Ingat semua momen membanggakan yang telah kita lakukan untuk diri kita sendiri dan rekamlah agar kita dapat “mengunjunginya” lagi kapan pun kita ingin melakukan sesuatu yang membuat kita bangga lagi.

Akui perilaku lama. Banyak dari kita terus mencari kesempurnaan dan sering merasa tidak memiliki kendali atas kesulitan emosional seperti rasa malu dan sedih.

Lihat contoh kami. Pada setiap tahap perkembangan, setiap orang pada umumnya memiliki role model sebagai panutan perkembangan. Ringkaslah apa yang diajarkan teladan ini kepada kita dalam kalimat yang mudah diingat. Apakah kita masih setuju dengan pelajaran?

Penanaman Konsep Pengenalan Diri Siswa

Kata motivasi diri sendiri dan orang lain, motivasi diri sendiri dan orang lain, motivasi untuk diri sendiri dan orang lain, doa untuk diri sendiri dan orang lain, memahami diri sendiri dan orang lain, cara untuk mengenal diri sendiri, menilai diri sendiri dan orang lain, bagaimana mengenal diri sendiri, cara mengenal diri sendiri makrifat, cara memotivasi diri sendiri dan orang lain, cara meruqyah diri sendiri dan orang lain, cara menghargai diri sendiri dan orang lain

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top