Connect with us

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Informasi

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Makanan Dan Minuman Khas Tegal – Tegal merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari Tegal Regenerasi dan Kota Tegal. Wilayah Tegal berbatasan dengan Kabupaten Brebes, sehingga makanan khas Tegal sering disamakan, padahal berbeda.

Tegal juga dikenal dengan berbagai sajian kulinernya yang lezat. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Kalau soal kuliner, daerah ini juga dikenal dengan Warteg atau Warung Tegal yang tersebar hingga ibu kota Jakarta.

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Sajian khas dari Tegal, Jawa Tengah ini sering disajikan untuk sarapan pagi. Segaponggol merupakan sajian sarapan khas Tegal yang terbuat dari campuran nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang.

Sate Kambing Muda Ghonam Jakarta, Bagi Penggemar Sate Tegal Dan Makanan Khas Arab

Ini menyajikan nasi putih dengan sisi tempe dan tahu orek. Ada juga pedagang yang menambahkan beberapa lauk lain, seperti telur dadar dan udang.

Sajian sega ponggol berisi tempe dan tahu orek dibanderol seharga Rp 5.000 per bungkus.

Selain segaponggol, Tegal juga memiliki sajian khas yaitu segalengko. Segalengko terbuat dari campuran nasi yang dipadukan dengan beberapa topping seperti ketimun, tahu, tempe, tauge rebus, semua diiris dan ditaburkan di atas nasi panas.

Sega Lengko kemudian diberi bumbu kacang dan kecap manis. Lezat sebagai menu sarapan atau makan siang.

Sate Kambing Tegal Ch Anwar,

Hidangan khas Tegal lainnya adalah sate Tegal. Sate ini terbuat dari daging kambing balibul atau batibul. Batibul atau balibul adalah sebutan untuk sate kambing muda yang menggunakan daging kambing berumur antara tiga sampai lima bulan.

Sate Tegal selalu menggunakan daging kambing muda untuk tekstur yang lembut dan nikmat. Selain itu, sate kambing biasanya disajikan di atas hot plate agar aromanya semakin nikmat.

Selain sate kambing, makanan khas TegalSlawi juga sup yang enak. Soto berbeda dengan soto jenis lain di daerah lain. Sototaucho dibuat dengan bumbu tauko. Tauco merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari kacang kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu kemudian difermentasi.

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Tegal memiliki nama yang unik dan juga memiliki sajian khas yang disebut kupatglabed. Kupatglabed yang terdapat di beberapa sudut kota Tegal ini konon merupakan kuah kental dengan rasa yang mirip dengan bumbu rendang.

Atiningtyas: Wisata Kuliner Tegal

Satu porsi kupat galbed dilengkapi dengan kupat, potongan tempe, sayuran kuning, sambal merah dan biskuit mie kuning. Sebagai pelengkap, kupat glabed juga sering dinikmati dengan sate yang berbeda, yaitu sate ayam, sate kerang, atau sate kikil.

Blengong kupat dikenal tidak hanya di Tegal, tapi juga di daerah Brebe. Karena letaknya yang berdekatan, beberapa masakan Tegal juga terkenal di Brebes, salah satunya adalah Kupat Blengong.

Blengong adalah hewan yang lahir dari perkawinan antara bebek dan hewan tetap. Daging blengong rasanya seperti bebek dengan serat yang lebih lembut. Kupat blendong ini disajikan dengan kuah kupa yang mengkilat, di atasnya hanya ditaburi sate blendong yang telah dibumbui dengan bumbu khusus.

Sajian khas Tegal lainnya adalah glotak. Glotak dibuat dengan gembus, sejenis oncom, yang kemudian dimasak dengan bumbu. Gembus kemudian dimasak dengan kaldu dan cabai. Enak dimakan dengan biskuit pedas.

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Cemilan sederhana ini rasanya enak. Makanan tradisional Tegala, tahu aci, terbuat dari tahu yang dipotong segitiga dan diberi taburan sourdough. Goreng sampai matang, tahu mata enak dengan kecap.

Eslontrong juga merupakan jajanan legendaris khas Tegala. Eslontrong adalah es krim tradisional Tegal yang terbuat dari kacang hijau dan cincau. Rasanya lebih enak lagi jika diberi gula merah, santan, dan es serut.

Sajian khas Tegal ini memiliki bentuk seperti cimol. Di Tegalolo terbuat dari tepung kanji dan gandum yang diisi kembang kol dan irisan cabai. Setelah digoreng, telur disajikan dengan bumbu bubuk dengan rasa yang berbeda.

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Ada juga masakan rujak yang enak di Tegal. Rujakteplak terbuat dari aneka sayuran seperti kol, ungu, daun ubi jalar, daun pepaya, daun singkong, tauge, jantung pisang, labu pahit dan timun rebus.

Menggiurkan, 5 Kuliner Khas Tegal Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler!

Berbeda dengan rujak kebanyakan, bumbu rujak teplak terbuat dari singkong yang direbus dan ditumbuk kemudian dicampur dengan bumbu dan air, mirip dengan bumbu pecel. Rujak teplak enak dinikmati dengan biskuit mie.

Blendung adalah makanan khas Tegal yang terbuat dari jagung rebus dan disajikan dengan parutan kelapa. Blendung juga dipadukan dengan rempah-rempah sehingga rasanya nikmat. Jajanan blendung sangat mudah ditemukan, terutama di pasar tradisional.

Keistimewaan khas Tegal lainnya adalah gemlong ocar acir. Gemblong ocar acir terbuat dari beras ketan dengan taburan kelapa parut dan gula aren cair. Tegal merupakan salah satu regenerasi di Provinsi Jawa Tengah. Mendengar kata Tegal, yang pertama terlintas di benak saya adalah Warung Tegal yang bisa kita temukan di berbagai kota di Indonesia. Namun tidak hanya terkenal dengan Warung Tegalnya saja, ada juga makanan dan minuman khas Tegal yang bisa Anda nikmati. Siapa mereka?

Yang pertama dalam daftar makanan khas Tegal adalah tahu aci. Tahu aci adalah tahu yang mengandung aci (pati). Umumnya tahu aci berbentuk segitiga dan diolah dengan cara digoreng. Tahu aci merupakan masakan yang sangat terkenal di Tegal sampai-sampai Kabupaten Tegal memiliki arca tahu aci. Anda bisa menemukan banyak penjual tahu asli di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA!!!  Sewa Villa Murah Di Sentul Ada Kolam Renang

Tempat Kuliner Enak Khas Tegal Yang Menggugah Selera

Selain tahu aci, ada juga tahu khas Tegal yang disebut dengan tahu upil. Bahan utama yang digunakan sama dengan tahu yaitu tahu dan aci. Namun bedanya tahu ini memiliki kandungan yang lebih aktual dibandingkan tahu. Bentuknya yang bulat kecil memunculkan nama tahu upil.

Olos merupakan jajanan khas Tegal yang terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu. Olos memiliki rasa asin dan pedas. Biasanya starter ini berisi daun bawang, kubis dan cabai. Berbentuk bulat dan harganya terjangkau, jajanan ini menjadi jajanan favorit para pelajar dan mahasiswa.

Masih di samping jajanan, Kabupaten Tegal juga menawarkan jajanan khas bernama latopia. Hidangan ini mirip dengan bakpi, namun ukurannya lebih besar dan kulitnya lebih tebal. Ada berbagai jenis isian seperti coklat, keju, kacang hijau, durian dan masih banyak lagi. Jika Anda berkunjung ke Tegal, sajian ini sangat cocok untuk oleh-oleh.

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Apakah Anda tahu apa itu glot? Glotak adalah makanan khas Tegal yang terbuat dari gembus ditambah kuah yang terbuat dari tulang sapi atau ayam dan aneka bumbu. Nama glotak diyakini berasal dari olahan kaldu tulang yang terdengar seperti klotak klotaka saat diaduk. Hidangan ini sangat enak dinikmati dengan biskuit antor. Glotak dapat ditemukan di pasar tradisional di Tegal.

Makanan Khas Tegal Yang Terkenal Enak

Tahu nasi rames? Jadi nasi bogan ini adalah nasi rame yang berasal dari Tegala. Nasi bogan terdiri dari nasi, ayam pora, telur rebus, tempe goreng, daging sapi, kacang hijau dan sambal. Nasi bogan ini sangat cocok untuk menu makan siang saat berkunjung ke Tegal.

Keunikan rujak khas Tegal yang disebut rujak teplak ini adalah di dalamnya terdapat campuran singkong yang dibalut dengan sambal. Hidangan ini sudah menjadi menu pusaka sejak lama. Isi dari piring teh rujak ini adalah sayuran seperti kangkung, timun, tauge, pare, kacang panjang dan singkong, daun pepaya, bunga turi dan masih banyak lagi lainnya. Hidangan ini bisa ditambahkan dengan lontong, tahu putih, gembus goreng dan biskuit mie.

Nama glabed berasal dari kuah kental yang biasa disebut glabed-glabed oleh masyarakat Tegal. Ini terdiri dari irisan ketupat dan mie kuning yang dilemparkan dengan saus berlapis. Saus glabed dibuat dengan berbagai jenis bumbu seperti jahe, kunyit, teh ketumbar, teh terasi, kemiri dan banyak lagi untuk menciptakan rasa yang nikmat.

Kupat glabed sangat cocok dinikmati dengan blendong sate. Blengong adalah hasil perkawinan antara itik dan itik. Alun-alun Tegal bisa Anda kunjungi untuk mencicipi hidangan yang satu ini.

Sauto, Kuliner Khas Tegal Dengan Cita Rasa Unik

Jadi kalau masakan ini sangat cocok untuk menu sarapan di Kabupaten Tegal. Menu nasi ponggol antara lain nasi dengan berbagai topping dan dibungkus daun pisang. Hidangan ini sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas.

Setelah kita membahas tentang masakan khas tegal, sekarang kita akan membahas tentang minuman khasnya. Minuman khas Tegal pertama yang akan kita bahas disini adalah es krim lonrong. Mungkin baru pertama kali mendengar nama minuman ini.

Minuman ini sangat dicari oleh orang luar kota yang berkunjung ke Kabupaten ini. Minuman ini berisi kacang hijau dan cincau hitam yang diinfus dengan air yang dicampur santan dan sirup pandan merah. Bagaimana? Cukup unik, bukan? Jadi jangan lewatkan minuman yang satu ini saat berkunjung ke Kabupaten Tegal.

Makanan Dan Minuman Khas Tegal

Selain es krim lontron, ada juga minuman khas Tegal yang disebut es krim sagwan. Nama sagwan diambil dari nama orang yang pertama kali membuat minuman ini. Minuman ini berisi adonan putih panjang yang terbuat dari tepung kanji. Minuman khas Kabupaten Tegal ini konon sudah ada sejak lama.

Gereh Ikan Kuro Khas Tegal, Makanan & Minuman, Kue Kue Di Carousell

Nah itulah tadi makanan dan minuman khas Kabupaten Tegal yang mungkin baru anda ketahui. Jika ada makanan atau minuman khas Tegal lainnya yang tidak termasuk dalam daftar di atas, silakan beritahu kami di kolom komentar di bawah. Tegal merupakan daerah otonom di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak tujuan wisata yang indah yang berhasil menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia.

Oleh karena itu, sebelum merencanakan liburan ke Kota Tegal, sebaiknya rencanakan semuanya dengan matang. Karena kamu tidak hanya akan berwisata alam, tapi juga tidak melupakan wisata kuliner.

Oleh karena itu dibawah ini akan kami ulas beberapa rekomendasi kuliner khas Tegal. Semoga panduan ini dapat membantu anda dalam memilih menu makanan khas Tegal.

Kupat Glabed merupakan makanan khas Tegal yang terkenal dan wajib dicoba bagi para traveller. Hidangan ini merupakan hidangan asli Tegal karena hanya dapat ditemukan di Tegal, tidak di tempat lain.

Kuliner Khas Tegal Yang Punya Nama Unik

Kalau belum paham, kupat adalah sejenis bola nasi yang dibungkus dengan daun kelapa.

Sambal Kupat Glabed

Makanan khas tegal adalah, oleh oleh makanan khas tegal, makanan tradisional khas tegal, makanan khas tegal yang enak, kupat bongkok makanan khas tegal, makanan khas tegal dan cara membuatnya, makanan khas tegal, makanan khas tegal tahu aci, makanan khas tegal yang terkenal, minuman khas tegal, makanan khas tegal jawa tengah, makanan khas brebes tegal

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top