Connect with us

Nama Bahasa Daerah Sumatera Utara

Informasi

Nama Bahasa Daerah Sumatera Utara

Nama Bahasa Daerah Sumatera Utara – Indonesia dikenal dengan keanekaragamannya. Variasi tersebut salah satunya berupa bahasa yang khas pada suatu suku atau daerah. Saat ini, jumlah bahasa daerah yang terkonfirmasi di Indonesia mencapai 652 bahasa. Sedangkan berdasarkan penambahan sebaran wilayah per provinsi, jumlahnya mencapai 733 bahasa.

Papua menjadi provinsi dengan bahasa daerah terbanyak yaitu 290. Sedangkan D.I Yogyakarta memiliki setidaknya satu bahasa daerah. Untuk informasi lebih lanjut, lihat daftar di bawah ini.

Nama Bahasa Daerah Sumatera Utara

Nama Bahasa Daerah Sumatera Utara

Pembagian bahasa di pulau Sumatera adalah sebagai berikut: Provinsi Aceh dengan 7 bahasa daerah, Sumatera Utara dengan 5 bahasa daerah, Sumatera Selatan dengan 7 bahasa daerah, Sumatera Barat dengan 3 bahasa daerah, Jambi dengan 7 bahasa daerah, Bengali dengan 6 bahasa daerah bahasa bahasa, Bangja Belitung 2 bahasa daerah, Kepulauan Riau 2 bahasa daerah, Riau 5 bahasa daerah, Lampung 6 bahasa daerah.

Provinsi Sumatera Utara

Sebaran bahasa Jawa dan Bali adalah sebagai berikut: 4 bahasa daerah di Provinsi DKI Jakarta, 2 bahasa daerah di Jawa Barat, 3 bahasa daerah di Banten, 2 bahasa daerah di Jawa Tengah, 1 bahasa daerah di Yogyakarta, Jawa Timur. 3 bahasa daerah, Bali memiliki 5 bahasa daerah.

Jumlah bahasa daerah di Nusa Tenggara Barat adalah 11 bahasa daerah, sedangkan Nusa Tenggara Timur memiliki 68 bahasa daerah.

Persebaran bahasa di pulau Kalimantan yaitu: Kalimantan Timur 16 bahasa daerah, Kalimantan Barat 9 bahasa daerah, Kalimantan Selatan 10 bahasa daerah, Kalimantan Tengah 23 bahasa daerah, Kalimantan Utara 10 bahasa daerah.>

Untuk Pulau Sulawesi sebagai berikut: Sulawesi Barat memiliki 5 bahasa daerah, Sulawesi Tengah memiliki 21 bahasa daerah, Sulawesi Selatan memiliki 14 bahasa daerah, Sulawesi Tenggara memiliki 14 bahasa daerah, Sulawesi Utara memiliki 10 bahasa daerah, dan Gorantaloo memiliki 3 bahasa daerah.

Mengenal Bahasa Nias (li Niha), Yuk Belajar Bareng!

Provinsi Papua memiliki lebih dari 290 bahasa daerah. Ada 94 bahasa daerah di Papua Barat.

Nah itulah daftar bahasa daerah yang diakui selama ini. Seiring berjalannya waktu, angka pastinya akan berubah. Bahkan membuat kita semakin bangga karena kita hidup di negara yang majemuk namun selalu mengutamakan persatuan dalam keberagaman. (Sumber: Hasil penelitian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017).

Kebijakan Komentar: Silakan tulis komentar Anda sesuai dengan topik posting halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan hingga disetujui.

Nama Bahasa Daerah Sumatera Utara

Daerah wisata di sumatera utara, bahasa daerah sumatera utara, lagu daerah dari sumatera utara, judul lagu daerah sumatera utara, makanan khas daerah sumatera utara, nama tarian daerah sumatera utara, kamus bahasa sumatera utara, nama makanan khas sumatera utara, bahasa daerah di sumatera utara, bahasa sumatera utara, lagu daerah provinsi sumatera utara, nama rumah adat sumatera utara

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top