Connect with us

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Informasi

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur – Siapa yang tidak tahu Gunung Bromo? Salah satu tempat wisata di Indonesia ini menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melihat keindahan gunung dengan sejuta keindahannya. Berada di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo, gunung ini memang memiliki pesona keindahan yang tidak bisa diragukan lagi.

Meski keindahannya, tempat gunung ini tidak pernah sepi pengunjung. Mulai dari warga lokal, wisatawan dari kota, bahkan wisatawan mancanegara berduyun-duyun untuk melihat keindahan gunung berapi tersebut. Gunung yang berketinggian 2392 meter di atas permukaan laut ini selain dikenal dengan keindahan gunungnya, ternyata ada beberapa tempat wisata penting yang paling populer di kalangan wisatawan. Apakah mereka?

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Berada di wilayah Jawa Timur, gunung ini memang sangat terkenal di hati para wisatawan. Selain bisa melihat keindahan sunrise atau sunset dari puncak bromo, ternyata ada beberapa tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya dengan keindahan sunrise yang bisa dilihat di puncak gunung ini. . Berikut beberapa tempat wisata Gunung Bromo populer yang menjadi pilihan bagi wisatawan:

Tempat Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Penanjakan 1 adalah tempat terbaik untuk melihat matahari terbit. Tempat ini merupakan yang tertinggi di antara gunung-gunung lainnya. Di sini kamu bisa langsung melihat keindahan matahari terbit dini hari di atas keindahan lembah yang masih diselimuti kabut. Untuk mencapai Gunung Penanjakan 1, pengunjung dapat menggunakan kendaraan seperti jeep dan sepeda motor. Namun, untuk keamanan maksimal sebaiknya hindari menggunakan sepeda motor tipe langsung karena medannya sangat berat.

Selain pitch 1, tempat terbaik untuk melihat matahari terbit adalah pitch 2. Meski tempatnya masih lebih kecil dari pitch 1, sangat mudah untuk mencapai tempat ini dengan tantangan yang sederhana. Untuk menuju Penanjakan 2, Anda akan menemukannya di Kabupaten Probolinggo. Dijamin meski pilihan kedua, tempat ini menawarkan keindahan yang tak kalah dari tempat mendaki 1 bromo.

Selain keindahan matahari terbit, ada keindahan lain yang ditunggu-tunggu wisatawan yaitu keindahan goa gunung bromo. Disini anda akan dimanjakan dengan keindahan alam kawah bromo. Namun untuk bisa melihatnya dari jarak dekat, pengunjung harus bersiap berjalan kaki sekitar 2 km dari tempat parkir mobil. Belum lagi, masih ada ratusan langkah yang harus diselesaikan. Namun jika Anda merasa malas menaiki tangga di sini atau merasa lemas, Anda bisa memilih menunggang kuda sambil menikmati keindahan sekitar.

Sebelum sampai di Gua Gunung Bromo, Anda akan disambut hamparan pasir yang luas. Hamparan pasir ini diberi nama Alluring Sand. Areanya sangat luas, pengunjung dapat dengan mudah mengambil tempat terbaik untuk berfoto. Selain itu, di atas pasir ini Anda juga bisa menikmati aktivitas lain, seperti becak, menunggang kuda, dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di sebelah timur puncak Bromo.

Wisatawan Bromo Asal Malang Kecelakaan, Tewas Di Lautan Pasir Usai Terjatuh

Masih di sekitar pasir Bromo, salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi adalah Pura Luhur Poten. Pura di sini merupakan tempat pemujaan bagi penduduk setempat yang menganut agama Hindu. Tak heran jika saat hari raya Nyepi tiba, kawasan ini selalu diramaikan oleh kunjungan warga sekitar yang ingin beribadah di sana. Biasanya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger juga ditutup untuk menampung warga yang hendak melakukan ibadah di pura ini.

Bukit Kingkong merupakan salah satu tempat yang paling sering digunakan untuk melihat indahnya matahari terbit Bromo. Tempatnya tidak jauh dari tanjakan 1, jaraknya sekitar 2,5 km. Meski ada pilihan untuk menyaksikan matahari terbit, tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Jadi untuk menyaksikan keindahan matahari terbit, Anda harus siap berbagi dengan wisatawan lain yang sama-sama ingin melihat keindahan matahari terbit dari gunung ini.

Bukit Cinta atau bukit cinta merupakan tempat yang sangat populer untuk dikunjungi. Di sini, selain bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dini hari, Anda juga bisa menikmati deretan pegunungan di sekitarnya. Di pagi hari Anda melihat keindahan lembah dan perbukitan yang masih diselimuti awan berkabut. Namun pada siang hari, meski agak panas, Anda bisa melihat bukit-bukit hijau dengan bukit-bukit yang sangat indah dan menarik. Letak gunung cinta masih bersebelahan dengan gunung kingkong.

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Anda mungkin tahu nama gunung Teletubbies Bromo. Bahkan objek wisata Bromo ini menjadi tempat favorit para wisatawan. Selain bisa menikmati keindahan Gunung Bromo dengan deretan pegunungannya yang hijau. Area ini juga menjadi spot foto yang sempurna. Gunung ini penuh dengan rerumputan hijau yang indah. Bahkan rerumputan di sini terawat dengan baik sehingga terlihat bersih. Nah, saat berkunjung ke kawasan Bromo Tengger, jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini.

Wisata Bromo Tidak Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Setelah melihat keindahan unik Gunung Bromo dengan matahari terbit, tidak ada salahnya mampir ke Desa Ngedas. Desa ini adalah rumah bagi suku Tengger. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah Kecamatan Puncokusumo. Meski secara umum terlihat seperti perkampungan, namun saat Anda datang dan berbaur dengan masyarakat setempat, Anda akan merasakan budaya suku Tenger yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Tidak hanya wisatawan lokal, banyak wisatawan mancanegara juga menyempatkan diri untuk singgah di desa ini. Kebanyakan dari mereka ingin mengenal adat-istiadat suku Tenger yang masih memegang teguh budayanya. Selain itu, desa ini juga sering mengadakan acara budaya yang bisa Anda saksikan seperti pacuan kuda, atraksi kuda, benteng dan masih banyak lagi.

Selain Desa Ngedas, ada satu lagi desa yang tak kalah menarik. Desa bernama Ngadisari ini mirip dengan desa Ngedas yang penduduknya merupakan keturunan asli suku Tenger. Di desa ini, selain bisa menikmati adat istiadat masyarakat setempat, Anda juga bisa membiasakan diri secara langsung. Jangan takut, penduduk desa Ngadas dan Ngadisari umumnya sangat ramah terhadap orang asing atau wisatawan yang sengaja datang ke sini.

Selain bisa belajar dan bersosialisasi dengan mereka, Anda juga bisa menikmati keindahan alam desa ini. Desa ini juga menawarkan beberapa fasilitas seperti akomodasi, restoran, toilet umum dan masih banyak lagi.

Wisata Gunung Bromo Tutup Total Saat Menyambut Hari Raya Nyepi

Kini objek wisata Bromo tidak hanya dikenal keindahannya saat matahari terbit saja. Namun ada beberapa hal lain yang sayang untuk dilewatkan. Jadi kapan ke Bromo You are home Informasi tempat wisata Jawa Timur Gunung Bromo Kawah Indah dan sunset Jawa Timur

Siapa yang tidak tahu indahnya jalan-jalan. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif di wilayah Jawa Timur. Gunung Bromo sendiri terletak di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Gunung dengan ketinggian 2392 m dpl ini sangat menarik bagi semua pendatang, didukung oleh banyak tempat wisata di sekitarnya, menjadikan gunung ini tujuan wisata yang unik. Sebagai gunung berapi aktif, Bromo merupakan destinasi wisata populer di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya.

Memang secara fisik gunung ini tidak lebih besar dari gunung-gunung lain di Jawa Timur seperti Gunung Semeru, Gunung Argopuro, Gunung Arjuno dan gunung-gunung lainnya, namun keindahannya yang indah telah menarik perhatian tidak hanya Indonesia, tetapi bahkan mancanegara. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan nama Gunung Bromo sendiri konon berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu dewa yang mereka percayai dalam agama Hindu. Agama Hindu sendiri merupakan agama yang diterima secara luas oleh masyarakat sekitar. Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Bromo dikenal dengan suku Tengger, suku Jawa keturunan dari dinasti Majapahit.

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Bromofjellet memiliki alam yang menarik, hamparan laut pasir, udara yang segar dan udara yang sejuk. Hal inilah yang membuat Gunung Bromo menjadi favorit para wisatawan. Di puncak Bromo Anda bisa melihat matahari terbenam (sunset), salah satu yang paling menarik di Indonesia. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang dikelilingi oleh lautan pasir seluas 10 km2. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah suhu udara di puncak Gunung Bromo bisa bervariasi antara 2º hingga 20º Celcius. Ini adalah bagian khusus dari tempat paling menarik di Jawa Timur.

Gunung Bromo Jawa Timur

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Bromo adalah antara bulan Juni dan Oktober. Bulan ini merupakan musim kemarau di kawasan Gunung Bromo. Oleh karena itu, Anda dapat menjelajahi wisata Gunung Bromo dengan leluasa, yang memberikan rasa aman dan nyaman dalam berwisata. Namun demikian, kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo juga menunjukkan statistik yang sangat ramai pada periode selain Juni – Oktober.

Jika Anda sampai di puncak Gunung Bromo, Anda akan menyaksikan sebuah gua dengan diameter 600 meter, sebuah pemandangan yang menakjubkan. Untuk menikmati pemandangan gunung bromo sendiri biasanya wisatawan akan menuju ke viewpoint terlebih dahulu, viewpoint merupakan tempat yang digunakan untuk melihat matahari terbit dan keindahan gunung bromo dari ketinggian. Ada lima lokasi yang bisa digunakan untuk melihat puncak gunung, antara lain Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong dan Puncak B29. Namun Puncak B29 letaknya agak jauh dari empat gardu pandang lainnya, tempat ini merupakan titik yang baru dikembangkan yang bisa dijadikan gardu pandang.

Di Puncak Penanjakan, salah satu tempat wisata di Gunung Bromo, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam. Inilah panorama alam paling menarik yang akan Anda temukan di tempat wisata alam di Jawa Timur ini. Oleh karena itu, Puncak Penanjakan banyak dikenal oleh wisatawan sebagai tempat melihat sunset paling menarik di Gunung Bromo. Juga hamparan pasir

Wisata gunung bromo, tiket wisata gunung bromo, wisata sekitar gunung bromo, wisata bromo jawa timur, wisata ke gunung bromo, lokasi wisata gunung bromo, tempat wisata gunung bromo, tempat wisata gunung bromo jawa timur, paket wisata gunung bromo, bromo jawa timur, gunung bromo jawa timur, objek wisata gunung bromo

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top