Connect with us

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur

Informasi

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur – Pemilik kuda mengelilingi lautan pasir Gunung Bromo di Probolingo, Jawa Timur, Jumat (9/10/2021). Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) mulai membuka pintu masuk kawasan wisata Bromo melalui Kabupaten Probolinggo. (merdeka.com/Arieh Basuki)

Liputan6.com, – Kawasan wisata Gunung Bromo Jawa Timur akan ditutup total pada 15-16 Juni 2022 atau dalam rangka memperingati Hari Yadnya Kasada.

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur

Novita Kusuma Vardani, Plt Kepala Kantor Pusat TNBTS, mengatakan kawasan Bromo Sky Semeru ditutup mulai pukul 07.00 pada 15 Juni 2022 hingga pukul 15.00 pada 16 Juni 2022.

Menjelajah Bromo Tengger Semeru

Penutupan Friends of Bromo dari kegiatan wisata dilakukan di empat titik kawasan, mulai Probolinggo di Desa Ngadisari Kabupaten Sukapura dan Desa Pasuruan di Desa Wonokitri Kabupaten Tosari.

Disusul dengan penutupan dari Kabupaten Malang dan Lumajang di pintu masuk Jemplang di Kabupaten Ponkokusumo Provinsi Malang. Notifikasi tersebut dikeluarkan oleh BB TNBTS dengan nomor notifikasi PG.357/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/6/2022.

Keindahan Gunung Bromo memang tidak pernah berhenti menarik wisatawan. Di tengah pandemi, wisata alam di Jawa Timur dipersiapkan dengan berbagai protokol kesehatan. Baca selengkapnya di Destinasi di Aja, Indonesia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan dunia, jadi mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Hal Penting Saat Berwisata Ke Gunung Bromo

Novita menambahkan, penutupan kawasan wisata Bromo itu menindaklanjuti surat Nomor 077/Perm/PDP-Tengger/V/2022 yang disampaikan Kepala Negara Tengger Paruman Dukun Pandita pada 17 Mei 2022.

Sebagai informasi, kawasan Taman Nasional Bromo Sky Semeru saat ini dibuka dan jumlah pengunjung dibatasi maksimal 75 persen dari total kapasitas sebagai upaya menekan penyebaran virus Corona.

Untuk menentukan kuota wisata sebanyak 2.202 orang di Bukit Sinta berkapasitas 93 orang, Bukit Kedaluh berkapasitas 321 orang per hari, Penanjakan berkapasitas 666 orang per hari, Mentigen berkapasitas 165 orang dan Savannah Teletubis dengan kapasitas 957 orang per hari.

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur

Yadnya kasada adalah ritual yang dilakukan di kawah Gunung Bromo setahun sekali pada hari ke-14 kalender adat Hindu.

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur Dan Spot Wisata Lain Di Sekitarnya

* Fakta atau Fiksi? Untuk mengecek kebenaran informasi yang disebar, hubungi Liputan6.com di 0811 9787 670 di WhatsApp dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Link Live Streaming Liga 1 BRI Pekan 17 22-24 Des Di Vidio: 9 Pertandingan Siap Dimainkan Bukan Hanya Bromo! Inilah 10 tempat wisata alam di Probolingo Jawa Timur yang cocok untuk refreshing akhir tahun.

Potret Gunung Bromo, Ini 10 Tempat Wisata Alam di Probolingo Jawa Timur, Bagus untuk Pemulihan di Akhir Tahun (pixabay.com/jokotul)

Namun kekayaan alam Probolingo selain Gunung Bromo, tak terhitung banyaknya tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Serunya Mengarungi Lautan Pasir Gunung Bromo Dengan Jeep Dan Motor Trail

Wisatawan yang suka melihat dari ketinggian dapat mengunjungi pegunungan, sedangkan wisatawan yang menyukai olahraga air dapat pergi ke pantai bahkan berenang.

Berikut 10 tempat wisata alam yang menakjubkan di Probolingo Jawa Timur yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Kepo Disini! Nama 5 Daerah di Jawa Timur Berasal dari Singkatan Lumajang dan Probolinggo, Apa Artinya?

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur

Baca Juga: SMA 3 Terbaik di Probolingo, Jawa Timur Sering Diincar Siswa dan Orang Tua?

Keliling Roadtrip Java Part 6

Baca Juga: Bukan Cuma BJBR! Inilah 6 pantai terindah di Probolingo yang cocok untuk destinasi liburan Natal dan Tahun Baru.

Belum terlalu populer! 8 Tempat Wisata Alam di Makassar Ini Sangat Menakjubkan, Seperti Surga di Pinggiran Pulau Sulawesi.

Palu, bukan alat Apa artinya ini? Inilah Asal Usul Nama 4 Kabupaten dan 1 Kota di Sulawesi Tengah Beserta Artinya

4 Tips Wisata Alam Malang & Kelelawar yang Ramah Anak Menjaga Kenyamanan Ayang Nomor 3 Cukup Bayar Gotseng!

Golden Sunrise Bromo

Saya tidak berpikir! Inilah 8 destinasi wisata yang tertera di uang kertas, salah satunya Jawa Timur. Apakah ada yang tahu?

Tahun Baru 2023 Tidak yakin ke mana harus pergi? Berikut 10 tempat wisata Bali yang paling terkenal dan hilang

3 LINK Nonton Chainsaw Man Episode 11 Sub Indo NOT ANOBOY bahasa indonesia gratis di halaman ini. You are here Beranda Jawa Timur Informasi Tempat Wisata Gunung Bromo Kawah Indah dan Sunset di Jawa Timur

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur

Tidak ada orang yang tidak mengetahui keindahan perjalanan ini. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur. Gunung Bromo sendiri terletak di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolingo. Berada di ketinggian 2392 m gunung ini didukung oleh beberapa tempat wisata disekitarnya yang sangat mempesona setiap orang yang datang berkunjung menjadikan gunung ini sebagai tujuan wisata yang unik dan keren. Sebagai gunung berapi aktif, Bromo merupakan destinasi wisata populer di Jawa Timur dan tidak sepi setiap harinya.

Tiket Jeep Wisata Gunung Bromo Via Malang By Go Explore

Memang secara fisik gunung ini tidak sebesar gunung-gunung lain di Jawa Timur seperti Semeru, Argopuro, Arjuno dan lain-lain, namun pesona pemandangannya tak hanya menggema di Indonesia tapi juga mancanegara. Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Langit Semeru (TNBTS) dan nama Gunung Bromo dipercaya berasal dari kata Brahma, salah satu dewa dalam agama Hindu. Agama Hindu sendiri merupakan kepercayaan yang diterima masyarakat sekitar. Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Bromo dikenal sebagai Suku Surga, yaitu suku Jawa keturunan Kerajaan Majapahit.

Gunung Bromo memiliki pesona alam yang menarik, laut berpasir yang luas dan udara dingin yang segar. Hal ini membuat wisata Gunung Bromo menjadi favorit di kalangan wisatawan. Di puncak Bromon, Anda bisa melihat matahari terbenam (sunset) yang merupakan salah satu tempat paling menarik di Indonesia. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang dikelilingi lautan pasir seluas 10 km2. Perlu diketahui bahwa suhu di puncak Gunung Bromo bervariasi antara 2º hingga 20º Celcius. Provinsi ini merupakan salah satu bagian paling menarik di Jawa Timur.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Bromo adalah dari pertengahan Juni hingga Oktober. Bulan ini adalah musim kemarau di kawasan Gunung Bromo. Dengan begitu, Anda bisa menikmati wisata Gunung Bromo dengan lebih leluasa dan merasa aman serta nyaman selama perjalanan. Namun statistik menunjukkan bahwa kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo cukup ramai antara bulan Juni hingga Oktober.

Jika Anda datang ke puncak Gunung Bromo, Anda akan melihat sebuah kawah dengan diameter 600 m yang merupakan pemandangan yang menakjubkan. Untuk menikmati pemandangan Gunung Bromo, wisatawan terlebih dahulu menuju ke Lookout Point. Lookout adalah tempat untuk menyaksikan matahari terbit dan keindahan Gunung Bromo dari atas. Ada lima pemandangan puncak gunung Bromo, antara lain Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit Kingkong dan Puncak B29. Namun untuk puncak B29 lokasinya sedikit lebih jauh dari empat titik lainnya, dan lokasi ini merupakan lokasi baru yang dikembangkan yang akan digunakan sebagai view point.

Guesthouse Gunung Bromo, Bromo

Salah satu tempat wisata gunung bromo ini anda bisa menyaksikan sunset di gunung penanjakan. Ini adalah salah satu pemandangan alam yang paling menarik untuk dilihat dari tempat wisata alam di Jawa Timur. Itulah mengapa Gunung Penanjakan dikenal oleh wisatawan sebagai tempat paling menarik untuk melihat sunset Gunung Bromo. Dan hamparan pasir luas mirip gurun pasir di Bromo terlihat memukau. Saat matahari mulai tenggelam kembali ke sarangnya, lautan pasir di Gunung Bromo terlihat memukau, diselimuti warna jingga. Keindahan ini bisa Anda lihat dari Cemorolawang, pintu masuk kawasan wisata Gunung Bromo.

Selain menikmati sunset di Gunung Bromo, Anda juga bisa memilih aktivitas seperti berkuda. Ya, mengendarai hamparan pasir yang luas. Jika Anda tidak suka menunggang kuda, menyewa jeep adalah cara termudah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Gunung Bromo. Anda dapat menghubungi Asosiasi Jeep Bromo di pintu masuk Taman Nasional Bromo Sky Semeru untuk tujuan ini. Anda akan disuguhkan beberapa pilihan rute. Semakin banyak rute yang ingin Anda ambil, semakin tinggi harganya.

Kawah Gunung Bromo merupakan tempat kedua yang paling populer bagi wisatawan yang mengunjungi Gunung Bromo, kawah berdiameter ± 800 meter ini sangat unik sehingga Anda dapat mengunjungi Gunung Bromo, biasanya wisatawan melakukannya dengan menunggang kuda atau berjalan kaki, dan kemudian melanjutkan. Menaiki anak tangganya ada 250 anak tangga Pemandangan dari puncak Kawah Bromo sangat indah dihiasi pemandangan Gunung Tengu dan Gunung Batok yang membentuk jalur terjal menuju Kawah Gunung Bromo.

Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur

Di Bromo terdapat masyarakat suku Tengu yang tinggal di kawasan wisata. Berikut adalah beberapa atraksi menarik selama festival Kasodo. Inti dari acara ini adalah memohon berkah dari Yang Maha Kuasa agar panen melimpah dan bebas penyakit. Untuk memulai wisata Gunung Bromo, Anda harus tiba di Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur. Jika Anda bepergian dengan pesawat. Dari bandara, Anda dapat memesan transportasi ke kawasan wisata Bromo. Anda akan mulai dari Surabaya-Pasuruan-Wonokitatri-Gunung Bromo dan mengambil jalan Gunung Bromo. Perjalanan ini memakan waktu 2-3 jam.

Viral! Menikmati Kuliner Dengan View Gunung Bromo, Sajian Lengkap Bawangan Bromo Hotel Dan Resto Jawa Timur

Perlu diketahui bahwa ada beberapa rute menuju Gunung Bromo, seperti: 1. Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo, jarak tempuh 71 km, 2. Malang – Tumpang – Hut Klakah – Jemplang – Gunung Bromo, jarak tempuh 53

Hotel di gunung bromo probolinggo, gunung bromo jawa timur, sewa motor trail bromo probolinggo jawa timur, bromo park hotel probolinggo jawa timur, wisata gunung bromo probolinggo, gunung bromo probolinggo, gunung bromo lewat probolinggo, homestay lereng bromo probolinggo jawa timur, bromo indah probolinggo jawa timur, sewa jeep bromo probolinggo jawa timur, hotel dekat gunung bromo probolinggo, bromo park hotel kota probolinggo jawa timur

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top