Connect with us

Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

Informasi

Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung – Mendaki gunung memiliki sensasi tersendiri, terutama bagi yang lebih berpengalaman. Namun mendaki gunung juga membutuhkan tim yang terampil untuk bertahan hidup. Sangat penting untuk menerapkan lampu packing agar Anda tidak membawa semua isi rumah saat kita naik gunung. Saat pertama kali mendaki Gunung Prau, saya meminjam beberapa perlengkapan mendaki dari seorang teman. Saya pikir, saya hanya sesekali mendaki gunung, jadi saya meminjamnya.

Setelah turun gunung dari pendakian pertama saya, kenapa saya jadi ketagihan naik gunung lagi? Akhirnya saya membeli peralatan gunung dengan mencicil dan ingin mengambil yang penting saja agar tidak terlalu berat. Katanya kalau bawa carrier maksimal 30% dari berat badan kita. Jadi inilah barang-barang yang saya bawa dalam perjalanan berdasarkan pengalaman saya;

Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

Ransel biasa hanya akan lebih menyakiti Anda. Gunakan rak dengan kapasitas yang sesuai dengan tubuh Anda dan memiliki built-in rear airflow system agar lebih nyaman saat mendaki. Tas punggung ini juga dilengkapi dengan tali pengikat untuk memudahkan membawa kargo dan saku kecil di bagian samping.Tas kecil ini biasanya saya gunakan untuk menyimpan coklat atau makanan ringan, sehingga mudah dibawa saat saya membutuhkan tenaga. Biasanya rak bagasi dilengkapi dengan rain cover yang dapat melindungi tas dari hujan, lumpur, kotoran dan debu.

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Naik Gunung

Ini adalah paket yang tak terpisahkan seperti kamu dan dia, karena keduanya saling melengkapi dan tetap hangat, sleeping bag yang saya punya juga ultra ringan, beratnya hanya 500 gram. Merknya adalah Makalu Outdoor Alps Dream 700. Alas yang biasa digunakan untuk mendaki gunung terbuat dari karet laminasi dan alumunium. Saya biasanya menggunakan alas foil untuk menghemat lebih banyak ruang di dalam tas. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki kasur udara, karena tentunya Anda bisa tidur lebih nyenyak. Namun harga kasur angin relatif lebih mahal, namun bentuknya lebih lentur dan ringan.

Cuaca di gunung tidak menentu. Itu sebabnya kita harus siap dengan kondisi apapun. Berjalan di musim kemarau atau hujan, kita wajib membawa benda ini jika tidak ingin merepotkan diri sendiri dan orang lain. Tidak terbayangkan jika saat mendaki turun hujan dan semua perlengkapan Anda basah? Saya selalu memakai jas hujan serbaguna yang sangat ringan. Merek mereka adalah Dhaulagiri Waterproof Ponco 3 in 1, yang dapat digunakan sebagai matras, bivak, dan ponco. Jangan lupa untuk membawa item ini selama serangan puncak karena Anda mungkin membutuhkannya.

Pakaian untuk mendaki gunung memiliki fungsinya masing-masing, meski modelnya tidak banyak. Kenakan pakaian yang tepat, bukan pakaian yang salah!

Saat kita mendaki gunung, kita tidak harus memakai jeans dan kaos biasa. Jeans membatasi ruang kaki. terutama model

Starterpack Naik Gunung Yang Wajib Kamu Bawa Untuk Pemula

Sesuatu yang terlihat keren tidak disarankan, karena bisa membuat area selangkangan Anda iritasi, sulit dibersihkan, apalagi kering jika basah. Kenakan celana parasut atau kargo yang biasanya lebih ringan,

Pertama kali saya mendaki gunung, saya memakai kaos biasa, alhasil sesampainya di tempat perkemahan saya berkeringat dingin, dan pakaian saya sangat basah, sulit untuk dikeringkan, dan ini menambah beban saya. pakaian. untuk dimuat di tas saya. Itulah mengapa sangat penting untuk memakai dan mengenakan kemeja dryfit yang ringan dan cepat kering, jika tidak, Anda bisa terkena hipotermia karena kedinginan pada pakaian basah.

Selain itu, saya selalu membawa dua jenis jaket ringan yang bisa dilipat kecil-kecil. Pertama, jaket parasut windproof dan waterproof untuk jalan-jalan pagi atau sore jika udara dingin dan angin bertiup kencang. Kedua, jaket ultra-ringan untuk dikenakan di malam hari atau saat serangan puncak untuk suhu yang lebih tinggi.

Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

Saat pertama mendaki gunung, saya tidak membawa senter, apalagi senter. Saya pikir saya bisa menggunakan senter di ponsel saya dan ternyata saya salah! Hal itu justru menyulitkan saya dan membuat saya kehilangan fokus saat berjalan. Senter sangat penting, dapat digunakan sebagai lampu toko atau penerangan tambahan. Bawalah senter LED, biasanya berukuran lebih kecil, namun cahaya yang dihasilkan lebih terang dengan jangkauan yang lebih jauh.Sementara headlamp lebih memudahkan saat mendaki malam hari atau saat mendaki puncak. Jangan lupa membawa baterai cadangan yang sesuai dengan ukuran senter Anda.

Tips Mendaki Gunung Bersama Si Kecil

Saya tidak membawa tiang trekking pada pendakian pertama saya. Mungkin karena keterbatasan pengalaman (dan budget). Awalnya saya tidak berpikir ini akan menjadi sangat penting. Akhirnya saya membeli tongkat bambu seharga 5000 rupiah di Pos 2 jalur trekking Prau via Patak Banteng. Ternyata benda ini sangat membantu saya selama mendaki untuk menjaga keseimbangan dan kecepatan mendaki serta mendukung saya saat akan mendaki. Selain itu, trekking pole juga bisa digunakan sebagai penguat tenda agar tidak tertiup angin saat terjadi badai. Saya menggunakan trekking pole yang bisa dilipat seperti ini; Tiang trekking yang bisa dilipat. Sumber: IG @8rothers_adv. 7. Botol air dan peralatan makan

Air merupakan elemen yang sangat penting dalam pendakian. Saya menggunakan botol karet yang bisa dilipat sehingga bisa digunakan berulang kali. Saya mengurangi sampah botol plastik dengan membawa botol seperti ini. Minumlah air yang cukup saat mendaki untuk mengisi kembali cairan tubuh dan menghindari dehidrasi. Tempatkan botol air di tempat yang mudah dijangkau. Saya biasanya menggantung botol air saya di depan dengan carabiner. Anda juga bisa menggunakan kantung air untuk mengencerkan minuman dari selang.

Memasak bersama sambil mendaki gunung memang menyenangkan, namun tentunya jangan lupa untuk membawa perlengkapan sendiri, seperti piring atau wadah yang bisa dilipat, gelas, dan sepatu kets. Menggunakan peralatan makan yang bisa dilipat seperti ini pasti menghemat tempat di tas Anda.

Packing ringan bukan berarti mengabaikan kesehatan dan kebersihan. Kondisi di gunung tidak menentu. Oleh karena itu, kita harus selalu memiliki pertolongan pertama dan obat-obatan pribadi seperti; hansaplast, betadine, penahan angin, minyak kayu putih dan lain-lain. Di tas kecil lainnya saya juga menaruh beberapa perlengkapan toilet kecil seperti; sikat gigi, deodoran, handuk kecil, pembalut, tabir surya, tisu dan semprotan pembersih tangan.

Tips Jitu Mendaki Gunung Untuk Pemula

Tas ini bisa berbentuk tas ransel atau backpack yang biasa digunakan untuk membawa barang-barang penting seperti handphone, dompet, kamera atau perlengkapan penting lainnya. Tas kecil juga digunakan selama serangan puncak. Jangan lupa minum obat dan baterai cadangan di dalamnya. Lebih baik bawa tasmu saat peak attack karena saat itu temanmu mungkin ada di belakang atau di depanmu, jadi kamu tidak bisa terus mengandalkan temanmu untuk membawa logistik perbekalan hanya di tas temanmu, BENAR-BENAR?

Barang kecil ini banyak sekali kegunaannya. Setidaknya ada 3 karabiner yang terpasang di tas saya. Carabiner ini dapat digunakan untuk memudahkan membawa barang-barang seperti air, tempat sampah, sepatu, dan barang-barang lainnya yang mungkin tidak muat di dalam tas Anda.

Peralatan lain yang digunakan dengan kolam renang, seperti; Tenda, sarang, dan bahan logistik dapat dibagi antar anggota kelompok. Jika tidak ingin dipusingkan, Anda juga bisa membeli makanan di base camp atau menyewa porter untuk mendirikan tenda. Setelah menulis posting ini, saya bersemangat untuk siap untuk pengepakan putaran berikutnya. Bagaimana kalau mendaki gunung, ya? Luka, tentu kita membayangkan luka sebagai kerusakan atau cidera pada beberapa bagian tubuh kita, baik yang disebabkan oleh tumpuan, gesekan, sayatan di luar tubuh kita, maupun yang disebabkan oleh proses kimiawi seperti infeksi. . Cedera, cidera atau penyakit bisa dimana saja, baik itu saat kita beraktivitas di tempat tertutup, apalagi aktivitas yang berlangsung di ruang terbuka.

Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

Selain perlunya latihan fisik yang serius, kita juga tidak boleh mengesampingkan resiko yang akan kita hadapi dengan kegiatan ini, terutama kecelakaan di lapangan. Namun, kegiatan tersebut memiliki banyak risiko, seperti cedera, penyakit kimia, dll. Dengan sedikit pemahaman tentang risiko yang akan kita hadapi, kita harus siap dan, yang terpenting, mawas diri.

Hal Hal Yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan Ketika Mendaki Gunung |

Selama mendaki gunung, tidak semua anggota pendaki mempersiapkan perlengkapan pendakiannya dengan sebaik mungkin, terutama P3K. Mereka lebih bergantung pada orang lain karena mereka percaya bahwa sesama pelancong akan membawakan mereka kotak P3K yang mereka butuhkan. Seperti kata pepatah “nasib sial tidak bisa dipungkiri, keberuntungan tidak bisa didapatkan”, siapa yang bisa menghindari kesialan dan memiliki keberuntungan yang berkesinambungan.

Kondisi kecelakaan pada kegiatan outdoor terutama mendaki gunung, jauh dari rumah, jauh dari pemukiman. Siapa yang bisa membantu kita di atas sana, tidak ada yang lebih tanggap daripada orang-orang di sekitar kita saat itu dalam keadaan darurat. Kedua, karena banyaknya laporan kecelakaan gunung atau penyakit yang bisa dilihat di media.

Kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) memang sederhana dan tentunya tidak layak dibawa, tapi masih banyak yang melakukannya. Sehebat apa pun perlengkapan yang Anda kenakan saat mendaki gunung, atau kemampuan fisik Anda yang luar biasa di atas tanah, bisa berbanding terbalik di atas sana jika Anda sedang berhadapan dengan cedera atau sakit akibat kecelakaan, kondisi alam yang bisa berubah sewaktu-waktu atau lainnya. kondisi. yang membuat kami tidak bekerja maksimal secara fisik untuk melintasi medan yang sulit.

Jika kita tidak membawa P3K karena cedera atau sakit yang akan kita lakukan atau, misalnya, pasien adalah anggota pendaki gunung, sedangkan orang yang bepergian juga tidak membawa P3K. Yang paling sering dilakukan adalah meminta materi, obat-obatan dan bantuan kepada orang-orang di luar keanggotaan pendakian. Itupun jika mereka juga siap, apa yang kita cari dan butuhkan juga tersedia, hanya mengingatkan kita semua atau cermin agar kita semua lebih memperhatikan kotak P3K sebelum kita pergi dan selalu mawas diri.

Jenis Jenis Perlengkapan P3k Yang Perlu Dibawa Saat Melakukan Pendakian

Memuat P3K yang dibawa saat mendaki memang tidak seberat barang bawaan pribadi kita, namun nyatanya masih banyak yang kita lupa atau sering lupa. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, kita akan bingung bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini adalah barang-barang yang harus dibawa atau dipersiapkan sebelum melakukan pendakian, antara lain:

Ini adalah alat dan kotak P3K yang harus Anda bawa saat mendaki gunung. Ringan, tidak memakan banyak ruang, tetapi diperlukan setiap saat dan kami yakin akan berguna baik untuk kita maupun untuk orang-orang dan kelompok di sekitar kita. Anda tidak bisa menolak alam, Anda tidak bisa menyentuh takdir, tapi setidaknya kita memiliki persiapan yang cukup untuk meminimalisir hal terburuk dalam setiap aktivitas outdoor, terutama mendaki.

Alat yang perlu dibawa saat mendaki gunung, yang dibawa saat mendaki gunung, peralatan yang harus dibawa saat mendaki gunung, barang yang perlu dibawa saat mendaki, yang perlu dibawa saat mendaki, makanan yang dibawa saat mendaki, yang wajib dibawa saat mendaki, yang harus dibawa saat mendaki, alat yang dibawa saat mendaki gunung, logistik yang harus dibawa saat mendaki gunung, barang yang dibawa saat mendaki, perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top