Connect with us

Negara Terluas Di Benua Afrika

Informasi

Negara Terluas Di Benua Afrika

Negara Terluas Di Benua Afrika – Hanya sedikit orang yang tidak mengetahui benua ini, yang permukaannya berbeda dengan benua lain. Kondisi geografis yang unik, penduduk dengan warna kulit yang berbeda dan juga kelebihan yang berbeda yang menggabungkan keliaran dunia luar dan juga makhluk hidup yang berbeda yang mungkin tidak akan pernah ditemukan di tempat lain. Khusus untuk benua Afrika, terbentang melintasi belahan bumi utara dan selatan serta meliputi wilayah daratan Asia barat daya yang sangat luas dan pulau-pulau sekitarnya. Jadi jika Anda melihat peta, perbatasan antara Afrika dan Asia agak kabur, tetapi masih dapat dikenali.

Afrika adalah satu-satunya benua yang dilalui 0 derajat garis lintang atau yang bisa disebut garis khatulistiwa dan 0 derajat garis bujur serta garis khatulistiwa utara dan selatan melintas pada waktu yang bersamaan. Benua ini dibagi menjadi lima wilayah termasuk Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan.

Negara Terluas Di Benua Afrika

Negara Terluas Di Benua Afrika

Afrika adalah benua terbesar ketiga di dunia setelah Asia dan Amerika. Dimana Afrika memiliki populasi yang padat meskipun merupakan wilayah yang luas dan merupakan wilayah terpadat kedua setelah Asia. Afrika mencakup area seluas sekitar 30.224.050 km² dan pulau-pulau tetangganya mencakup 20,3% dari total luas permukaan Bumi.

Negara Ini Terletak Di Benua Afrika Dan Merupakan Negara Terluas Di Afrika. Negara Yang Di Maksud

Namun demikian, seperti yang kita ketahui, benua ini memiliki banyak kendala dan juga masalah kualitas hidup. 800 juta orang di 54 negara tinggal di benua ini, yaitu sepertujuh dari populasi dunia.

Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara ± 35° LU – 33° SW dan ± 18° BT – 53° BT. Beberapa batas benua Afrika adalah:

Ciri benua afrika selanjutnya adalah kondisi fisik benua afrika. Afrika adalah benua yang berbeda dari yang lain. Itu dilintasi oleh tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa (0°), Tropic of Cancer (23 ½° N) dan Tropic of Cancer (23 ½° S). Sebagian besar wilayahnya adalah dataran tinggi atau, sebaliknya, gurun.

Namun benua Afrika juga memiliki daerah subur di dataran rendah, seperti Lembah Nil dan Lembah Zaire yang merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Amazon. Dari segi kesuburan tentu tidak mengalahkan benua lain yang sama-sama terlihat hijau.

Bahasa Bahasa Di Benua Afrika

Jika Anda ingat Afrika, Anda mungkin ingat distribusi gurun di benua Afrika. Ini ditemukan di daerah tropis utara dan selatan. Daerah gurun di bagian selatan memiliki letak atau lokasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah gurun di bagian utara.

Namun, gurun utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun bagian utara dikenal sebagai Gurun Sahara (± 9.065.000 km²) dan membentang dari Senegal di barat hingga Kenya di timur. Gurun selatan adalah Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

Jika Anda berjalan ke wilayah Afrika Selatan, Anda akan menemukan banyak mata air dan aliran sungai dengan ketinggian 500 hingga 1200 m, dan wilayah tersebut juga memiliki banyak dataran dan pegunungan yang terkenal dengan pemandangannya. Oleh karena itu, Afrika Selatan menjadi lebih populer dibandingkan dengan Afrika Selatan lainnya.

Negara Terluas Di Benua Afrika

Dataran tinggi yang populer meliputi: Dataran Tinggi Umbagi dan Dataran Tinggi Tassilin-Ajjer di Sahara, Dataran Tinggi Shaba di tenggara, Dataran Tinggi Lunda dan Dataran Tinggi Drakensberg di selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di timur, dan Dataran Tinggi Angola di tengah.

Gurun Terluas Di Benua Afrika Dan Fakta Uniknya

Adapun rangkaian pegunungan Afrika yaitu Pegunungan Atlas yang membentang dari pantai barat laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di selatan. Pegunungan Afrika umumnya tidak aktif, namun ada juga yang masih aktif. Titik tertinggi di Afrika adalah Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur yang selalu tertutup salju.

Afrika terkenal dengan sungai-sungai dengan air mengalir yang panjang dan indah serta sungai-sungai besar. Sungai yang paling terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km dan merupakan sungai terpanjang di dunia, kemudian ada Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria dan Sungai Zambesi di Zambia. Beberapa sungai ini telah dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, seperti Bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil, dan Bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.

Adapun danau Afrika, Danau Victoria (± 69.484 km²) adalah danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad dan Danau Zambeka. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak air terjun besar, yaitu Air Terjun Tuguela di Afrika Selatan (984 m) dan Air Terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe.

Kondisi flora dan fauna berkaitan dengan kondisi iklim. Hutan hujan tropis (bagian dari Afrika tengah) memiliki keanekaragaman tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat. Di utara dan selatan (daerah subtropis) terdapat stepa dan sabana yang luas, sedangkan daerah gurun hanya memiliki stepa dan kaktus.

Benua Terluas Di Dunia Adalah Asia, Pahami Proses Terbentuk Dan Urutannya

Kondisi alam benua Afrika sangat mendukung persebaran fauna. Afrika memiliki berbagai macam spesies hewan, terutama mamalia besar. Fauna khas Afrika yaitu addaksi, zarafa, zebra, kijang, kuda nil, badak dan gajah. Meskipun secara fisik mirip dengan hewan Asia, hewan Afrika memiliki tubuh yang relatif lebih besar daripada hewan Asia.

Ciri benua afrika selanjutnya adalah iklim benua afrika. Karena wilayahnya yang luas, jelaslah bahwa benua Afrika memiliki kondisi iklim yang beragam, antara lain:

Ciri benua afrika selanjutnya adalah kondisi sosial dan budaya di benua afrika. Ini mungkin terdengar “rasis” bagi sebagian orang. Namun, benua hitam ini kabarnya memiliki julukan sejak abad ke-19, dan saat itulah orang Eropa pertama kali menyebutkannya saat mencari wilayah baru. Benua Hitam ditemukan karena masyarakat kolonial Eropa melihat penduduk Afrika yang pada umumnya berkulit hitam. Selain itu, sulit bagi para kartografer untuk memetakan benua, terutama gurun pasir di selatan Sahara. Ada juga yang berspekulasi bahwa Afrika disebut Benua Hitam karena daratannya berwarna hitam atau karena peta yang digambarkan berwarna hitam. (Baca: Komponen Peta)

Negara Terluas Di Benua Afrika

Perekonomian benua Afrika termasuk kelas menengah ke bawah hingga krisis. Semua ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti iklim, sebagian besar Afrika tergolong kering dan pilihan beternaknya lebih sedikit, sehingga bertani tidak bisa dilakukan, hanya beberapa hewan yang bisa diternakkan dan tidak semua hewan hidup. dapat dieksploitasi di Afrika. Kebanyakan dari mereka adalah hewan liar atau hewan liar yang bertentangan dengan kepentingan manusia.

Analisis Kebijakan Publik

Meskipun demikian, beberapa penduduk tetap mengolah tanah dalam kondisi terbatas dan hanya tanaman atau hewan tertentu. Adapun industri yang akan dikembangkan yaitu pertambangan (emas, intan, tembaga, bijih besi, fosfat).

Sayangnya, beberapa perusahaan asing mengelola dan mengambil alih kepemilikan negara, sehingga tidak jarang penduduk setempat bekerja di sana hanya sebagai buruh atau penambang, tetapi tidak bisa menjadi pemilik usaha. Hal ini juga berdampak pada fakta bahwa negara-negara di benua Afrika secara keseluruhan masih tergolong miskin. Bahkan, benua ini bisa digolongkan sebagai salah satu benua termiskin di dunia.

Ini adalah gambaran tentang karakteristik benua Afrika, mulai dari wilayahnya, kondisi fisik benua, iklim dan juga sosial budaya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih. Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia baik dari segi luas maupun jumlah penduduk. Permukaan benua Afrika adalah 30.370.000 km2, yang mencakup sekitar 20% dari permukaan bumi. Aljazair adalah negara Afrika terbesar berdasarkan wilayah dengan luas sekitar 2.381.741 km2. Benua Afrika adalah rumah bagi hampir 1,19 miliar orang, atau sekitar 14% dari populasi dunia. Negara terpadat di benua itu adalah Nigeria, dengan populasi 182,2 juta. Gurun terbesar di dunia yaitu Sahara, dan juga sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil berada di benua Afrika.

Bahasa di Benua Afrika: 4 kelompok bahasa utama di Afrika adalah kelompok bahasa Afro-Asia, kelompok bahasa Nilo-Sahara, kelompok bahasa Niger-Kongo, dan kelompok bahasa Khoisan. Secara geografis, benua Afrika secara umum terbagi menjadi beberapa wilayah seperti Afrika Timur, Afrika Tengah, Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Utara.

Kondisi Alam Benua Afrika, Komposisi Penduduk, Iklim & Flora Fauna

Mayoritas penduduk Afrika berkulit hitam atau hitam, menduduki Afrika Barat, Tengah, Timur dan Selatan. Sementara itu, sebagian besar wilayah Afrika Utara termasuk ras White Smith atau Kaukasia yang dikenal dengan Arab Maghreb.

Agama yang dianut oleh banyak orang Afrika adalah Islam di sebagian Afrika Utara, sebagian Afrika Barat dan Timur, sedangkan sebagian Afrika Tengah dan Selatan memeluk agama Kristen. Afrika Tengah adalah rumah bagi pigmi, yang memiliki tubuh kecil dan pendek dibandingkan dengan suku lain di benua Afrika. Di sisi lain, orang kulit hitam Sudan Bantu memiliki tinggi rata-rata. Berikut ini adalah daftar negara-negara Afrika yang dikelompokkan berdasarkan wilayahnya, yaitu:

Diketahui bahwa Afrika Selatan memiliki 3 kota utama, yaitu kota Bloefontein sebagai pusat yudisial, Cape Town sebagai pusat legislatif dan kota eksekutif Pretoria.Negara-negara di dunia dibentuk dengan cara yang berbeda dan menerapkan sistem pemerintahan yang berbeda pula. Ada negara yang muncul karena kesadaran rakyatnya untuk bersatu, ada juga negara yang muncul karena pertempuran berdarah.

Negara Terluas Di Benua Afrika

Negara-negara ini juga memiliki wilayah yang berbeda berdasarkan faktor geografis, kesamaan ras, dan peristiwa penting di masa lalu.

Benua Di Dunia, Kamu Harus Tahu Ini!

Berikut ini adalah daftar 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas daratan yang saya pinjam dari atlas dunia. Daftar ini hanya menghitung luas daratan, bukan luas laut.

Aljazair adalah sebuah negara di Afrika Utara dan negara terbesar di benua Afrika. Negara itu pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman dan kemudian menjadi koloni Prancis. Aljazair merdeka pada tahun 1962 dan menjadi republik semi-presidensial.

Kazakhstan adalah bekas negara Soviet di Asia Tengah. Negara ini memisahkan diri dari Uni Soviet dan menjadi republik. Meskipun wilayahnya luas, Kazakhstan hanya memiliki 17 juta penduduk, dan suhu harian rata-rata di wilayah tersebut sangat rendah.

Argentina

Letak, Karakteristik Fisik Dan Sosial Benua Afrika

Bentang alam di benua afrika, bendera negara benua afrika, daftar negara di benua afrika, gurun pasir terluas di benua afrika, negara terluas di afrika, daftar negara benua afrika, negara benua afrika, benua terluas di dunia adalah, danau terluas di benua afrika, negara terluas di benua asia, negara di benua afrika, gurun terluas di benua afrika

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top