Connect with us

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Informasi

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Makanan Khas Sunda Yang Unik – Oleh karena itu, masakan Jawa Barat tidak dapat dilihat secara terpisah dari budaya Sunda. Memang makanan yang diolah dengan cara tradisional ini juga sangat enak, nikmat dan menggugah selera.

Tak jarang yang sangat menyukai dan mencari kuliner khas sunda ini. Tak hanya terkenal di Jawa Barat dan sekitarnya, sajian khas dengan cita rasa lezat ini juga sangat digemari di seluruh nusantara.

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Apakah Anda seorang penggemar memasak? Tentunya akan sangat kurang lengkap jika tidak mengetahui dan mencoba masakan Jawa Barat. Jawa Barat memiliki banyak makanan khas dan tradisional yang akan membuat lidah Anda bergoyang.

Restoran Sunda Paling Populer Di Bandung, Rasa Enak, Pilihan Sambal Mantap, Parkir Luas Dan Harga Hemat

Sentuhan budaya sunda inilah yang nantinya akan menjadi pesona cita rasanya bagi anda dan semua pecinta kuliner khususnya pecinta masakan sunda. Yang menarik adalah masyarakat Sunda memberikan nama yang lucu dan unik pada nama makanan atau kulinernya.

Kebanyakan nama makanan berbentuk singkatan. Misalnya cilok yang disisipkan dari kata aci, cimol dari aci digemol, dan cireng dari aci goreng. Sangat menarik bukan?

Bagi anda yang ingin mengetahui masakan tradisional sunda apa saja yang terkenal dengan masakan jawa barat, anda bisa melihat beberapa daftar makanan berikut ini, antara lain :

Nasi liwet merupakan salah satu kuliner khas tanah sunda. Hidangan tradisional ini juga sering disajikan pada acara kumpul-kumpul.

Makanan Khas Bandung Dan 18 Lokasi Terbaik Mencobanya!

Sajian nasi liwet sudah lengkap jika ditemani tahu, teri bahkan ayam goreng. Yang lebih unik dan menarik adalah nasi liwet ini memiliki rasa nasi yang sedikit manis dan kental dengan aroma santan.

Hidangan tradisional sunda selanjutnya adalah nasi timbel. Nasi goreng timbel sendiri memiliki ciri yang sama dengan nasi liwet, namun nasi goreng timbel lebih sering disajikan dengan dibungkus daun pisang. Untuk melengkapi masakan sunda ini, Anda bisa menambahkan sayur asem atau ikan asin.

Sebagian orang menganggap karedok ini sama dengan gado-gado dan lotek. Juga bagi yang baru pertama kali melihat makanan tradisional sunda ini. Karedok adalah masakan khas Jawa Barat yang disajikan dengan sayuran mentah.

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Yang membedakannya dari lotek dan gado-gado adalah bumbu karedoknya lebih banyak. Karedok juga lengkap dengan taburan kerupuk di atas sajiannya.

Kue Tradisional Khas Jawa Barat Yang Harus Kamu Cicipi

Jika Anda belum pernah atau hanya sesekali mendengar nama masakan khas Jawa Barat ini, ada baiknya Anda menengok sekilas sajian unik yang satu ini.

Masakan nasi tutug oncom merupakan makanan khas Tasikmalaya yang merupakan perpaduan antara nasi dengan olahan kacang kedelai yang dikenal juga dengan oncom.

Seringkali beberapa rumah makan sunda menyajikan menu makanan ini dengan menambahkan beberapa lauk tambahan. Biasanya masakan ini dilengkapi dengan tempe, ikan asin, jeruk nipis dan daun pisang sebagai bahan dasarnya. Dengan bumbu sambal khas yang membuat masakan tradisional sunda ini unik yaitu sambal ijo.

Makanan atau kuliner khas jawa barat berikut ini adalah lotek. Lotek hampir sama dengan Karedok. Hanya saja untuk lotek mereka lebih mengandalkan sayuran yang dimasak seperti bayam, kacang panjang atau kacang polong. Anda bisa menyantap hidangan ini dengan nasi putih atau lontong, atau bahkan mie.

Makanan Khas Jawa Barat Yang Terkenal Enak

Makanan khas Jawa Barat ini merupakan masakan Sunda yang unik dalam penyajiannya. Biasanya bakakak menggunakan fillet ayam hayam dengan bagian tengahnya dibelah lalu disisipkan menjadi bakakak. Untuk cara memasaknya pun bervariasi, mulai dengan cara dibakar atau bahkan dipanggang.

Jika Anda ingin merasakan makanan tradisional Sunda yang minimalis, soto Bandung adalah pilihan yang tepat. Biasanya masakan sunda jenis ini menggunakan daging sapi di dalam atau dengan tetelan. Soto Bandung berbeda dengan soto lainnya, dengan tambahan kacang kedelai goreng dan lobak di dalam kuahnya.

Kuliner yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di telinga Anda. Mie kocok merupakan jajanan khas bagi penikmat mie sunda. Penyajian kuliner ini menggunakan mie telor pipih lengkap dengan kaldu dan kikil.

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Makanan tradisional sunda yang satu ini sudah tidak asing lagi anda dengar, tentunya sudah sangat familiar dengan tampilannya. Kemanapun Anda pergi, akan sangat mudah menemukan dapur ini.

Kue Tradisional Khas Sunda Yang Masih Eksis!

Kuah kental dengan mie sebagai salah satu lauk tambahan. Biasanya soto mie menggunakan tambahan tauge dan kacang kedelai goreng untuk memberikan rasa manis yang berbeda.

Makanan tradisional Sunda ini sudah mendunia. Sate maranggi merupakan sajian kuliner khas sunda dengan porsi ayam atau sapi yang lengkap. Masakan ini sebenarnya memiliki asal yang sangat menarik dan unik.

Pada awalnya sate maranggi merupakan masakan asing yang berasal dari perantau Tionghoa yang akhirnya menetap di Indonesia. Daging yang mereka gunakan pada awalnya adalah daging babi.

Selain itu, sate ini memiliki rasa yang sangat kuat karena cara pengolahannya yaitu daging harus dicelupkan ke dalam bumbu sebelum akhirnya dipanggang untuk menghasilkan sate Maranggi yang terkenal itu.

Makanan Khas Sunda Karedok

Empal gentong berbeda dengan empal jenis lainnya. Masakan sunda ini menggunakan kayu bakar untuk memasaknya, tentunya dengan gentong. Bahan utama masakan ini adalah usus, babat sapi dan daging.

Empal Gentong dilengkapi dengan nasi atau lontong dan kuaci. Hidangan tradisional Sunda ini terasa lebih enak dengan kuah santan.

Kupat Tahu bisa Anda temukan dengan mudah di kampung halamannya di Magelang, Singaparna dan Suraparta. Secara tampilan, Kupat Tahu hampir menyerupai tahu gimbal dari Semarang.

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Cincang tahu dan kupat dengan tambahan sajian tauge, kol dan seledri juga ditaburi dengan siraman bumbu kacang. Anda sebenarnya bisa memilih dua variasi bumbu kacang, satu dengan bumbu yang ditumbuk halus atau satu dengan bumbu yang ditumbuk kasar.

Makanan Khas Garut Terkenal Enak+rekomendasi Oleh Oleh

Jawa Barat juga memiliki jajanan atau manisan tradisional yang sangat terkenal dan unik. Salah satunya adalah Surabi. Kue tradisional ini merupakan sejenis kue dadar yang bahan utamanya menggunakan tepung beras dan santan. Hidangan khas Sunda ini juga populer di seluruh nusantara dan berasal dari kota Bandung.

Sajian tradisional sunda selanjutnya adalah tahu Sumedang. Seperti namanya, masakan ini berasal dari Sumedang. Tahu dengan tekstur yang berbeda dari tahu biasa, tahu goreng ini akan terasa renyah saat kulit tahunya masuk ke dalam gigitan Anda.

Sehingga terasa lebih kering dengan tekstur halus di bagian dalamnya. Namun, rasanya paling enak saat tahu masih panas atau baru keluar dari wajan. Karena kulit tahu yang dingin tidak akan serenyah saat masih hangat.

Sajian kuliner tradisional Sunda atau Jawa Barat yang populer lainnya adalah tahu gejrot. Jenis kuliner tahu ini berasal dari Cirebon. Biasanya makanan ini dilengkapi dengan sambal agar sajian lebih nikmat.

Makanan Khas Jawa Barat Yang Wajib Kamu Cobain Saat Berkunjung

Berbeda dengan kuliner tahu jenis Sumedang, tahu busuk memiliki isian yang berongga dengan tujuan agar bumbu cair lebih cepat meresap ke dalam tahu.

Selanjutnya adalah kuliner tokek atau tauco, kependekan dari tauge. Hidangan tradisional Sunda ini juga populer dan berasal dari Cianjur.

Bahan untuk membuatnya dibuat dengan bahan dasar tauge dan sejumput tauco untuk melengkapi kenikmatan makan. Lebih lengkapnya, tokek biasanya disajikan dengan irisan turbot, telur, tahu, kentang dan cuka medan yang berasal dari sarinya.

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Combro juga merupakan nama kuliner unik dengan singkatan ‘oncom di jero’ (bahasa Sunda). Seperti namanya, oncom merupakan jajanan kuliner khas sunda yang terbuat dari singkong dan bahan oncom sebagai isiannya.

Wajib Dicoba, 10 Makanan Tradisional Sunda Berbahan Dasar Singkong

Kombo dibuat dengan bawang merah dan bawang putih dengan tambahan cabai rawit. Perpaduan bumbu dan singkong menjadikan makanan tradisional Sunda ini lebih pedas dan manis. (R10/HR-Online/Editor: Dadang) Berkunjung ke Sunda, Jawa Barat, wajib mencicipi kelezatan makanan khas Sunda yang identik dengan rasa manis.

, Jakarta – Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing yaitu Padang yang terkenal dengan rendangnya yang enak sedangkan masakan Sunda terkenal dengan jenis makanannya yang identik dengan rasa manis.

Bahkan jika digali lebih dalam, Jawa Barat memiliki beberapa cita rasa yang wajib Anda coba, apalagi jika Anda sedang berkunjung ke daerah tersebut.

Rasanya pun bervariasi, ada yang manis, pedas, asam, asin. Berikut 10 jenis makanan khas sunda yang sangat populer dan terkenal.

Makanan Khas Jawa Barat Wajib Kalian Coba Dijamin Ketagihan

Hidangan utama khas Sunda ini juga dihiasi dengan sayuran. Bedanya lotek biasanya menggunakan sayuran rebus seperti bayam, kacang panjang dan lain-lain. Sayuran yang dimasak juga diberi bumbu kacang agar gairah Anda untuk memakannya meningkat.

Jika baru pertama kali melihatnya, Anda mungkin mengira makanan ini mirip dengan gado-gado. Bahkan, karedok disajikan dengan sayuran mentah seperti tauge, kol, kemangi dan lain-lain.

Hal yang membuat makanan ini menjadi favorit kebanyakan orang adalah siraman bumbu kacangnya yang melimpah. Tak lupa kerupuk bawang siap memanjakan lidah Anda.

Makanan Khas Sunda Yang Unik

Makanan ini biasanya disajikan pada pertemuan keluarga besar. Nasi liwet disajikan dengan ikan teri, daun serai, tahu dan juga ayam goreng. Selain itu, satu hal unik dari nasi liwet adalah rasa nasinya yang sedikit manis dan kental dengan bau santan.

Makanan Khas Kota Bandung Bercita Rasa Sunda. Bikin Kamu Kangen Datang Lagi!

Sajian yang disajikan dengan nasi timbel tidak berbeda jauh dengan nasi liwet. Salah satu yang membedakan kedua jenis nasi tersebut adalah nasi timbel yang dibungkus daun pisang. Agar lebih enak, biasanya nasi timbel ditambah dengan sayur asem atau ikan asin.

Pada umumnya makanan ini berasal dari Cirebon. Empal Gentong disajikan dengan daging cincang yang ditaburi santan dan kuah kari. Sausnya sangat enak.

Bisa juga dikatakan bahwa sate maranggi merupakan masakan khas sunda yang dikenal di seluruh nusantara. Anda bahkan bisa menemukan sate maranggi di berbagai daerah di Indonesia. Namun biasanya sate ini bisa ditemukan hampir di setiap sudut kota Purwakarta. Sate sapi ini memiliki rasa yang berbeda dengan bumbu pedas.

Seperti sate maranggi, soto mi juga bisa ditemukan di berbagai daerah. Makanan khas Sunda di Bogor ini cukup enak dengan campuran nasi, mie, tauge dan lain sebagainya

Makanan Khas Sunda Yang Paling Enak Dan Terkenal

Makanan manis khas sunda, makanan khas daerah yang unik, makanan ringan khas sunda, makanan khas sunda terdekat, makanan khas sunda bandung, makanan khas tasikmalaya sunda, makanan khas yang unik, makanan khas sunda jalabria, makanan khas sunda yang disangrai, makanan khas indonesia yang unik, makanan khas adat sunda, makanan khas sunda di bogor

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top