Connect with us

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

Informasi

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus – Slawi – Sebanyak 66 peserta yang terdiri dari mahasiswa, perguruan tinggi dan masyarakat Kabupaten Tegal mengikuti Karnaval Kemerdekaan RI ke-74 pada Rabu (21/8). Setiap sekolah menampilkan berbagai kreasi, mulai dari tarian hingga kostum yang unik dan kreatif. Selain memamerkan hasil kreasinya, masing-masing sekolah juga memamerkan prestasinya.

Seperti halnya peserta karnaval di SMP Negeri 1 Pangkah 1, sekolah ini menghadirkan berbagai kostum yang unik dan kreatif. Sebagai model, para kontestan yang mengenakan kostum unik berjalan dengan anggun meski bobot kostum yang dikenakannya ringan.

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

“Sulit, tapi setelah melihat antusias penonton, kesedihan itu sirna dan tergantikan rasa bangga dan gembira,” kata Rizma, siswa kelas IXA.

Kostum Unik, Meriah Pawai Karnaval Desa Kemiri

Selain menampilkan busana unik, SMP Negeri 1 Pangkah atau biasa disebut Stupang juga menghadirkan kain sepanjang 74 meter. Di dalamnya terdapat berbagai pesan moral yang ditulis dengan spidol hitam oleh siswa dan guru Stupang.

Ikrar itu menarik perhatian Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono beserta tamu undangan. Tak mau kalah, Joko juga ikut menulis kain putih bertuliskan “Generasi Muda, Uggul dan Keren”.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pangkah Ali Komsakum bangga karena janji seluas 74 meter itu berisi pesan dari sekretaris dan ketua OPD di Pemkab Tegal. Ali berharap SMP Negeri 1 Pangkah bisa menjuarai Kirab Kemerdekaan 2019 tingkat kabupaten.

Tak hanya SMP Negeri 1 Pangkah, sekolah lain juga mengenakan kostum unik. Seperti SMA Negeri 2 Slawi, SMA Negeri 1 Slawi dan lain-lain. Sebelumnya rombongan karnaval berjalan dari awal Gor Tri Sanja Slawi menuju patung obor, belok kiri menuju taman bunga lalu belok kanan menuju markas Dewa Ratna hingga finish point atau panggung kehormatan di Lapangan Hanggawana.

Unik! Warga Gunakan Kostum Karnaval Saat Vaksinasi Covid 19

Previous Post Ditantang Penonton Karnaval, Lomba Joko dan Hendadi Bakiak Next Post Bupati Tegal Resmi Surga Desa Kalibakung, Bandung – Banyak hal yang dilakukan masyarakat untuk memeriahkan HUT RI ke-73. Mulai dari menggelar lomba hingga pawai.

Pawai pada 17 Agustus tentunya menjadi salah satu momen yang paling dinantikan masyarakat Indonesia. Selain atraksi dan dekorasi yang menarik, kostum dalam pawai 17 Agustus juga kerap menjadi sorotan warga.

Dari sekian banyak kostum, ada satu yang mencuri perhatian. Kreativitas berupa daur ulang pakaian dari barang bekas, koran dan sampah plastik.

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

Seperti saat ada budaya di Cibunut, Desa Kebon Pisang, Kecamatan Sumur, Bandung. Selain dikenal sebagai kampung warna-warni berdinding rumah di tengah padatnya kota Bandung, warga juga memamerkan kostum hasil daur ulang yang dipamerkan pada pawai 17 Agustus.

Kendaraan Hias Meriahkan Karnaval Hut Ri

Pakaian yang dipamerkan merupakan hasil daur ulang sampah. Puluhan busana yang ditampilkan dalam pawai ini merupakan hasil kreasi kelompok masyarakat memanfaatkan limbah rumah tangga di lingkungan sekitar.

Iis Badriah (45), misalnya, membuat kostum dari paper cup majalah bekas. Dia mengumpulkan barang-barang bekas setiap hari dari rumahnya.

“Dua minggu dikerjakan. Karena ada waktu luang, akhirnya jadi,” kata Iis, Jumat (17/8/2018).

Ibu rumah tangga lainnya, Nung (51), menghadirkan kostum yang lebih unik. Ratusan bungkus kopi instan disulap menjadi pakaian yang terlihat sangat elegan. Bahkan, topi yang dikenakannya juga terbuat dari plastik bekas.

Unique Traditional Clothes At Indonesia Independence Carnaval — Steemit

Bukan hanya orang tua yang memakai kostum dari sampah ini. Anak-anak juga mengguncang pawai dengan berdandan dari koran.

Berbalut baju plastik, kalung yang digunakan adalah koran berbentuk lingkaran. Balutan berkilau menambah tampilan kalung yang dibuat kuno.

“Ini kalung dari setengah kilo koran bekas, dibuat jadi satu,” kata Sri (28), salah satu orang tua bocah itu.

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

Prosesi, yang berlangsung di sekitar Pukul 15.00 WIB keliling Jalan Veteran, Ahmad Yani, Baranangsiang, Kartini dan kembali ke Cibunut. Warga sangat antusias melihat kemeriahan karnaval ini.

Situasi Pandemi Tak Menyurutkan Semangat Rayakan Hari Kemerdekaan

Kantor Desa Tanah Sereal menjadi tempat start kirab obor Asian Games 2018. Petugas PPSU menghiasi kantor desa tersebut dengan berbagai dekorasi Asian Games.

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan, silahkan WhatsApp cek fakta nomor 0811 9787 670 cukup dengan memasukan kata kunci yang diinginkan.

Salah satu peserta pawai budaya, Tini Martini Tapran mengatakan, HUT RI merupakan momentum untuk mengisi semangat kemerdekaan dengan hal-hal yang membawa perubahan nyata pada lingkungan dan menebar manfaat bagi masyarakat luas.

“Dengan memakai baju dari majalah, plastik, semoga karnaval tahun ini bisa membangkitkan semangat warga RW sekitar sehingga bisa ikut semangat Kang Pisman,” kata Tini.

Karnaval Dengan Kostum Khas Dayak

Yang dimaksud Pisman adalah Kang (mengurangi sampah makanan), Pis (memisahkan sampah) dan Man (memanfaatkan sampah sebagai nilai jual).

“Ikuti langkah Kang Pisman dengan mengurangi sampah dari sumbernya, memilah dan memanfaatkan sampah,” ujar pengurus desa berlandaskan kesadaran lingkungan.

Baju pawai budaya berbahan sampah hanyalah sebagian kecil dari kegiatan kampung Cibunut. Pada awalnya kawasan Cibunut atau Kebon Pisang lebih terkenal dengan kreativitas anak muda yaitu Cibunut Finest.

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

Tini dan Generasi Semangat Ikhlas (GSSI) memulai kegiatannya di RW 07, Kecamatan Kebon Pisang pada awal tahun 2015.

Ragam Kostum Unik Meriahkan Karnaval Kemerdekaan

“Untuk pertama kalinya kami melihat potensi dan kreatifitas yang besar pada warga dengan permasalahan yang sama dengan daerah lain yaitu di daerah Kupat (perkampungan kumuh padat),” ujarnya.

“Oleh karena itu kami mulai memfasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas warga untuk mengolah sampah dengan baik sesuai UU No 18 Tahun 2008,” jelasnya.

Dalam perjalanan itu, Tini melakukan kegiatan bersama ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak dan kelompok remaja. Mereka juga berproses bersama dan belajar dari satu sama lain.

“Masyarakat di sini benar-benar solid, mereka mulai merasakan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, asri dan asri,” katanya.

Kostum Dan Atraksi Karnaval Kampung Yang Bikin Kangen

Cibunut menjadi salah satu titik yang diprioritaskan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung melalui penetapan Kawasan Bebas Sampah (KBS) pada 2015.

Koordinator KBS Agus Sumarya (62) mengatakan, situasi di desa saat ini berbeda dengan dua tahun lalu. Sebelumnya, desa itu kotor, kotor dan tidak teratur. Seiring berjalannya waktu, warga mulai menyadari bahwa kerusakan lingkungan tidak boleh dibiarkan.

“Sepertinya kita masih tergantung pada sampah. Tapi di sini perlahan-lahan masyarakat mulai dididik tentang pemilahan sampah. Sekarang sudah 60% warga mau memilah sampah,” kata Agus.

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

Pemilahan sampah organik, mis. Dalam dua hari, rata-rata terkumpul 60 kilogram sampah. Di RT 05 terdapat tangki biokompos, bank sampah dan vertical garden.

Karnaval Kebangsaan: Pkb Jatim Bentangkan Merah Putih 500 Meter

“Jadi sekarang tidak terlalu repot karena banyak warga yang ingin ikut serta dalam pengelolaan sampah rumah tangga,” ujarnya. , Jawa Tengah, mengikuti pawai atau karnaval berbagai kesenian daerah dan unjuk kreativitas masing-masing peserta.

Kegiatan yang digelar secara terbuka seperti pawai budaya ini menarik perhatian masyarakat, khususnya di sepanjang jalur kirab budaya HUT RI yang melewati beberapa jalan protokol di Kota Tegal.

“Pawai seni budaya dan kreativitas tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dahulu, budaya merupakan hal yang umum dan mencakup banyak budaya daerah di Indonesia. Kali ini lebih tematik dengan menonjolkan nilai-nilai budaya khas Jawa Tengah. wilayah dan kreatifitas masing-masing peserta,” kata Ketua Panitia Pawai Seni Budaya Sugiyanto di Brebes, Jawa Tengah, Kamis, 18 Agustus 2016.

Meski hari itu sangat terik, karnaval berbagai kesenian daerah yang dibawakan perwakilan dari SD hingga SMA, SKPD dan masyarakat setempat tampak ramai.

Ide Maskot Karnaval 17 Agustus Yang Bisa Disiapkan Sendiri Di Rumah!

Ribuan orang berbaris di sepanjang jalur karnaval untuk menyaksikan penampilan setelah menyaksikan para kontestan menampilkan kebolehan dan kepiawaian menampilkan masing-masing jenis seni yang mereka pilih atau bidangnya masing-masing.

“Karnaval budaya dengan fokus tema seperti ini bagus untuk mengembangkan dan memperkuat nilai-nilai kearifan lokal, terutama untuk merangsang tumbuhnya seni dan budaya daerah agar lebih berkembang,” lanjutnya.

Sugiyanto menambahkan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 70 kelompok seni dan budaya. Beberapa seni budaya yang terkenal antara lain seni mengenakan pakaian daerah di Jawa Tengah, tarian pelajar, mobil yang dihias dengan warna berbeda sesuai tema peserta, dan menyulap mobil menjadi taman buatan.

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

“Semuanya dikemas untuk menunjukkan karakter dan kreatifitas budaya daerah seperti ini, diharapkan bisa menjadi pameran budaya yang dipamerkan secara terbuka dan bisa diadakan setiap tahun ke depan,” jelasnya.

Contoh Yel Yel Lomba 17 Agustus, Bikin Meriah Dan Ciptakan Kekompakan Tim

BACA JUGA: Ucie Sucita Kaget Saat Tahu Tangan Wali Kota Tegal Menyentuh Tubuhnya Saat Manggung di Perayaan Tahun Baru 2023

Salah satu warga yang hadir dalam Pawai Budaya HUT RI ke-71, Tri Widya, 25 tahun, mengapresiasi perubahan kemasan seni budaya dan pawai kreatif mengubah mobil menjadi taman yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71. Republik Indonesia.

“Senang sekali melihat lebih dari 30 mobil hias ikut serta dalam karnaval ini. Tapi yang paling menarik dan unik adalah ada beberapa mobil taman yang berkeliling. Dekorasi tamannya indah, terlihat seperti salinan taman yang indah . , “katanya.

Selain itu, lanjutnya, kreativitas busana berhias ornamen kertas yang dikenakan peserta karnaval juga membuatnya unik.

Uniknya Kostum Guru Spemdalas Di Peringatan Hut Ke 74 Ri

“Kostumnya banyak yang dihias dengan ornamen kertas yang dipakai kontestan. Lucu-lucu, ada yang seperti bunga dan tokoh kartun, bahkan ada yang menggunakan koran untuk membuat hiasan bunga di bajunya,” kata Widya.

Menurutnya, dalam pawai sungai ini, budaya etnik dan kesenian daerah yang menjadi ikon budaya atau berkembang di Jawa Tengah banyak dieksplorasi dalam kirab sehingga dapat ditangkap oleh masyarakat yang menonton.

“Kalau lihat baju etnik, kesenian tradisional Jawa Tengah, sampai pentas kreasi lainnya, semuanya bisa dilihat, semua warga Tegal yang menonton pasti senang, karena ini lebih baik dari sekedar karnaval di berbagai nusantara. budaya yang beragam tapi tidak fokus, malah boros, mahal dan membosankan,” ujar Tri Widya. UPDATE JOMBANG – Lihat 9 kostum unik 17

Baju Unik Untuk Karnaval 17 Agustus

Lomba 17 agustus yang unik, dekorasi kelas untuk 17 agustus, lomba 17 agustus unik, model baju 17 agustus, baju unik 17 agustusan, karnaval 17 agustus, kostum kebaya karnaval 17 agustus, kostum karnaval 17 agustus simple, tema untuk 17 agustus, desain baju 17 agustus, karnaval 17 agustus 2016, baju karnaval 17 agustus

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top