Connect with us

Objek Wisata Di Bangka Belitung

Informasi

Objek Wisata Di Bangka Belitung

Objek Wisata Di Bangka Belitung – Pulau Banka merupakan pulau terbesar kesembilan di Indonesia. Pulau Belitung, pulau kembar Pulau Bangka, sudah terkenal dengan novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penyatuan kedua pulau ini membentuk sebuah negara. Berdiri sejak tahun 2000, di provinsi Bangka Belitung, dengan ibu kota Pangkal Penang.

Seperti Pulau Kembar, Pulau Banka memiliki banyak destinasi pantai yang menakjubkan. Bebatuan granit yang besar menjadi daya tarik pantai-pantai di pulau ini. Pantainya yang masih alami dan jauh dari keramaian sangat cocok untuk melepas penat dan penat. Selain pantai, Pulau Banka memiliki danau kaolin. Telaga ini merupakan bekas tambang timah dengan warna biru yang sangat indah dan unik.

Objek Wisata Di Bangka Belitung

Objek Wisata Di Bangka Belitung

Selain destinasi wisata pantai dan danau kaolin yang terkenal, Pulau Banka memiliki destinasi wisata lain yang kurang menarik. Dari wisata puncak bukit, air terjun hingga padang pasir dijamin akan memberikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan.

Tempat Wisata Di Bangka Belitung Selain Pantai

Mau tahu lebih detail destinasi wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi saat berada di Pulau Bangka? Berikut informasinya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Danau Kaolin merupakan danau yang tercipta dari penambangan timah. Setelah kandungan timbal habis, danau ini memantulkan warna biru langit yang indah. Selain danau yang berwarna biru, terdapat juga danau berwarna hijau yang menambah keindahan Danau Kaolin Air Bara.

Jika ingin merasakan suasana yang berbeda, Anda bisa datang pada sore hari untuk menikmati sunset yang menakjubkan.

Tempat wisata ini lagi-lagi merupakan bekas penambangan di Pulau Banka. Perbukitan Pelawan dan Gurun Pasir di Desa Namang belakangan ini menjadi destinasi wisata baru untuk dikunjungi. Tempat menyatunya perbukitan dengan gurun pasir ini berjarak 800 meter dari pertigaan hutan Pelawan. Teriknya matahari yang menyinari Pulau Bangka menambah keunikan tempat ini dan membuatnya mirip dengan Gurun Atacama di Chili.

Lokasi Dan Review Destinasi Wisata Bangka Belitung Paling Indah, Cocok Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 2022

Pantai Matras terletak di kawasan Sungai Liat, 33 kilometer dari Pangkal Pinang. Pantai ini merupakan pantai terpanjang di Banga, jadi jangan heran jika pemandangan laut Anda seolah tak ada habisnya. Hanya 30 menit berkendara dari Pangkal Pinang, Anda sudah bisa menikmati air laut yang biru jernih dan menawan. Hamparan pasir pantai yang lembut serta bebatuan granit yang megah di tepi pantai akan menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Pantai lain yang wajib dikunjungi di Banca adalah Pantai Tikus. Dinamakan Laut Panas karena banyak jejak tikus di kawasan pesisir dan menjadi jalur para penambang liar untuk mengangkut timah. Pantai Tikus diapit oleh dua pantai populer lainnya, Pantai Rebo dan Pantai Tikus Imas. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap dengan tempat parkir, ruang ganti dan taman bermain.

Pantai Tikus biasa disebut Pantai Vihara karena terdapat Vihara di atas bukit dekat pantai. Cobalah ke Vihara Puri Agung dan nikmati pemandangan Pantai Tikus yang unik. Letaknya yang berada di timur laut Pulau Bangka membuatnya ideal untuk berburu pancaran sinar senja yang tenang.

Objek Wisata Di Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri terletak di dekat Pantai Matras. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan karena Parai Beach Resort and Spa yang terkenal. Dengan ombak yang tenang, pasir putih dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan, pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Objek Wisata Bangka Belitung

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa menikmati berbagai aktivitas wisata bahari seperti memancing atau menyelam. Pantai Parai Tenggiri merupakan tempat menyelam yang unik karena berada tepat di sebelah Laut Cina Selatan yang kaya akan keanekaragaman hayati. Anda membayar biaya sebesar Rp 25.000 untuk masuk ke pantai.

Pantai Penyusuk adalah salah satu pantai terindah di Provinsi Belinue. Letaknya yang strategis menjadikannya hub untuk island hopping ke Pulau Putri dan Pulau Lampu. Berbeda dengan pantai-pantai di atas, Pantai Peniusuk masih tergolong alami. Letak Pantai Penyusuk yang berada di bagian utara Pulau Bangka membuat pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk hunting sunset.

Pantai Penyusuk memiliki dua sisi pantai dengan kedalaman yang berbeda. Pantai yang lebih tenang terkenal dengan tambatan perahu nelayan kecil, sedangkan pantai yang lebih dalam memiliki ombak yang sangat kuat. Jadi jangan lupa untuk berhati-hati saat menjelajahi pantai!

Selain menikmati deburan ombak dan bermain pasir di pantai, kamu juga bisa berfoto ria di rerumputan sekitar pantai, lho!

Geopark Bukit Telaga Tujuh, Warna Baru Dalam Dunia Pariwisata Babar

Pantai lain yang wajib dikunjungi di pinggiran Bellinue adalah Wall Stone Beach. Di pantai ini, bebatuan granit yang sangat besar berdiri tegak. Batu itu berukuran 20 x 15 meter dan tebalnya sekitar 5 meter.

Di depan batu tembok, di samping batu tembok kamu akan menemukan batu yang terlihat seperti batu steri dan batu kodok. Suasana disana seperti film fantasi seperti Lord of the Rings. Dijamin kamu akan ketagihan untuk berfoto di sini!

Pantai Tongachi terletak tiga kilometer dari Jalan Raya Sungailiyat, Belinyu. Selain sebagai tempat rekreasi, pantai ini juga berfungsi sebagai tempat penangkaran penyu. Berbeda dengan pantai lain di Pulau Bangka yang dihiasi banyak bebatuan granit, Pantai Tongachi diselimuti pasir putih yang membentang panjang.

Objek Wisata Di Bangka Belitung

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah akomodasi karena Anda bisa menginap di hotel seperti Batavia Resort. Selain melihat langsung kehidupan penyu, Anda juga bisa mengambil foto-foto menarik di kawasan yang terkenal dengan dekorasi artistiknya di De Locomotive.

Objek Wisata Di Sekitar Tanjung Pandan Yang Populer Didatangi Turis

De Locomotive terletak di kawasan Garda Museum Plaza. Di Museum Garuda Anda bisa menemukan koleksi tembikar, buku, dan dokumen yang berusia ratusan tahun.

Jika Anda bosan pergi ke pantai sepanjang waktu, Anda bisa melihat Air Terjun Pet Jaya di Muntok, tujuan wisata. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota dan masih mirip dengan kawasan Kabupaten Tepi Barat. Meski sempat terbengkalai, kini Pit Falls mulai kembali menarik perhatian. Air terjun ini dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi tempat peristirahatan para penambang. Tidak ada salahnya datang ke sini dan mencicipi kesegaran air terjun.

Sekilas, Red Hill atau Bukit Merah sangat mirip dengan Grand Canyon namun dalam skala yang lebih kecil. Bukit merah ini merupakan peninggalan bekas tambang timah. Anda hanya membutuhkan waktu 40 menit dari pusat kota Pangkal Pinang untuk mencapai tempat ini.

Red Hill adalah sebuah batu karang yang mengelilingi sebuah danau kaolin yang disebut Danu Ampar. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah dari Red Hill, karena selain menikmati perbukitan yang indah, Anda juga bisa melihat birunya air danau yang menawan.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bangka Belitung

Meski terbuat dari tanah yang keras, Anda harus selalu berhati-hati saat berjalan di atas tanggul, terutama setelah hujan.

Kunjungan ke Pulau Bangka belum lengkap tanpa mampir ke Museum Timah. Museum Timah tampak seperti bukti bisu dari ledakan penambangan timah di Pulau Banka Belitung. Museum Timah Muntok merupakan salah satu dari dua museum timah di Indonesia dan terbesar di Asia. Museum timah lainnya terletak di kota Pangkal Pinang. Museum Timah Muntok lebih fokus pada sejarah timah dan proses peleburan logam, sedangkan Museum Timah di Kota Pangkal Pinang lebih fokus pada sejarah proses penambangan.

Gedung museum ini dulunya adalah kantor Banca Tin Winning milik negara pada masa penjajahan Belanda. Dibangun pada tahun 1915, gedung ini memiliki dua lantai dengan galeri, perpustakaan, kantor dan juga ruang pertemuan. Mengunjungi museum adalah salah satu cara terbaik untuk belajar dan mengingat sejarah. Sebagai bagian dari bangsa yang besar, kita tidak boleh melupakan sejarah bukan?

Objek Wisata Di Bangka Belitung

Pada tahun Dibangun pada tahun 2012, jembatan ini menghubungkan Kota Pangkal Pinang dengan wilayah pesisir Kabupaten Bangka, desa Merawang yang lapang. Jembatan sepanjang 700 meter ini terlihat sangat megah. Teknologi yang digunakan mirip dengan Tower Bridge London dan menggunakan sistem terbuka dan tertutup sehingga kapal besar tetap bisa melewati jembatan ini.

Tempat Wisata Pangkal Pinang Yang Recommended

Tak heran jika jembatan ini menjadi tempat asyik untuk berfoto atau menikmati pemandangan Sungai Pangkal Balam.

Batu unik ini terletak di daerah Toboali. Bentuknya menyerupai buah belimbing, maka tak heran jika disebut buah belimbing. Jika kita sering melihat batu granit berukuran besar di pantai, batu yang satu ini terletak di daratan. Ukurannya yang besar dan bentuknya yang unik tentunya tidak boleh diabaikan. Berfoto di depan batu ini sudah menjadi keharusan!

Bekas pulau peninggalan timah, Pulau Bangka tentu memberi kesan tersendiri pada lingkungan alamnya. Sehingga, Kebun Raya Bangka (BBG) tampak membeku di tengah kerusakan lingkungan akibat penambangan timah.

Di lahan seluas 300 hektar, BBG telah menjadi simbol agrowisata di Pulau Bangka. Di sini Anda bisa menjelajahi hutan pinus yang indah atau berkayak di sekitar danau buatan. Kawasan BBG ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Tempat Wisata Di Bangka Dengan Alamnya Yang Memukau, Mulai Danau Hingga Pantai

Pulau Banka adalah pulau yang terancam punah. Kawasan mangrove merupakan tempat yang dipercaya dapat mencegah erosi sehingga tidak menggerus pantai. Anda tentu tidak ingin pantai cantik di Pulau Banca ini hilang ditelan lautan bukan?

Selain sebagai kawasan lindung, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru yang spesial di sini. Salah satunya adalah jembatan gantung yang melintasi salah satu sungai di kawasan mangrove ini. TIDAK. Berani mencoba?

Jika memang begitu

Objek Wisata Di Bangka Belitung

Wisata di pulau bangka belitung, objek wisata di bangka, tempat wisata di bangka belitung, objek wisata di pulau bangka, objek wisata di pulau belitung, wisata di kepulauan bangka belitung, destinasi wisata di bangka belitung, objek wisata bangka belitung, wisata di bangka belitung, wisata pantai di bangka belitung, wisata alam di bangka belitung, objek wisata di belitung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top