Connect with us

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Informasi

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika – Kondisi alam benua Afrika terbilang unik dibandingkan dengan benua lain. Benua Afrika diperkirakan berumur 3,8 miliar tahun.

Afrika adalah salah satu dari enam benua. Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua setelah benua Asia.

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Secara geografis, benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah, yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Taman Nasional Di Indonesia Dengan Panorama Apik Dan Indah

Lebih dari 800 juta orang tinggal di benua Afrika. Angka ini sama dengan sepertujuh populasi manusia di Bumi.

Menurut ahli paleoantropologi, benua Afrika merupakan tempat kelahiran manusia modern (homo sapiens). Menampilkan Ian Tattersall

Letak dan Pembagian Benua Afrika Letak astronomis benua Afrika adalah antara 35°LS – 38°LU dan 17°BT – 57°BT. Sementara itu, benua Afrika secara geografis berada di selatan benua Eropa dan Asia.

Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah berbeda, yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan. Berikut ini adalah daftar 54 negara di wilayah tersebut menurut Worldometers.

Continent, Africa, Outline Hi Res Stock Photography And Images

Nigeria; Ghana; Pantai Gading; Niger; Burkina Faso; Apsintus; Senegal; Guinea; Benin; Pergi; Sierra Leone; Liberia; Mauritania; Gambia; Guinea-Bissau; Tanjung Verde.

Etiopia; Tanzania; Kenya; Uganda; Mozambik; Madagaskar; Malawi; Zambia; Somalia; Mauritius; Rwanda; Zimbabwe; Burundi; Sudan Selatan; Eritrea; Djibouti; Komoro; Seychelles.

Republik Demokrasi Kongo; Republik Kongo; Republik Afrika Tengah; Angola; Kamerun; Gabon; anak; Guinea Khatulistiwa (Guinea Khatulistiwa); Sao Tome dan Principe.

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Kondisi alam benua Afrika dan ciri-cirinya Benua Afrika lebih unik dalam hal usia dan geologi dibandingkan dengan benua lain. Secara geologis, usia benua Afrika adalah 3,8 miliar tahun.

Mengapa Benua Australia Memiliki Flora Dan Fauna Yang Unik?

Bagian utara dan barat benua Afrika dicirikan oleh banyak dataran rendah. Sementara itu, wilayah Afrika bagian selatan dan timur memiliki ciri banyak dataran.

Bagian selatan dan timur benua Afrika seringkali berbatasan dengan pantai. Hal ini membuat bagian selatan dan timur benua Afrika umumnya memiliki garis pantai yang sempit.

Tanah di bagian barat dan selatan benua Afrika mengandung banyak batuan, terutama gneis dan basal beku, yang terbentuk antara 2 dan 3,6 miliar tahun yang lalu.

Benua Afrika juga memiliki 2 dataran (disebut juga dataran), yaitu Lower African Plateau di utara dan Upper African Plateau di selatan. Plato adalah dataran tinggi yang tingginya lebih dari 700 meter di atas permukaan laut.

Peta Sebaran Fauna Paleartik, Neartik, Ethiopian, Oriental, Australis, Neotropik

Plato adalah hasil dari erosi tanah dan sedimentasi. Ini umumnya merupakan negara yang relatif datar dengan ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut.

Benua Afrika terkenal dengan beberapa sungai yang sangat panjang. Salah satu yang paling terkenal adalah Sungai Nil. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di negara itu dengan panjang 6.650 km atau 4.132 mil.

Sungai Nil membelah sembilan negara di kawasan Afrika, yaitu Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan, dan Mesir.

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Selain Sungai Nil, juga terdapat sungai-sungai panjang lainnya seperti Zambesi, Niger dan Kongo atau Zahire, seperti dikutip dalam buku tersebut.

Flora Dan Fauna Di Benua Asia

Benua Afrika memiliki banyak danau besar. Danau terbesar di Afrika adalah Danau Victoria (Victoria Nyanza), yang luasnya 68.870 kilometer persegi.

Selain itu, beberapa danau besar lainnya di Afrika antara lain Danau Tanganyika (luas 32.900 km²), Danau Malawi (luas 29.600 km²), Danau Albert (luas 2.220 km²), Danau Kivu (luas 2.220 km²).

Kondisi iklim benua Afrika Sebagian besar wilayah benua Afrika beriklim tropis. Hal ini menyebabkan suhu tinggi di wilayah Afrika, kecuali di wilayah tenggara yang suhunya lebih rendah.

Berdasarkan suhu dan curah hujan, wilayah Afrika dapat dibagi menjadi lima tipe iklim yang berbeda. Penjelasan rinci berikut.

Pengertian Fauna Ethiopian

Iklim ini tersebar di pantai barat Afrika, Ledok Zaire, dataran tinggi Kenya dan Uganda. Iklim khatulistiwa tinggi dan relatif datar. Curah hujan dan kelembapan juga tinggi di iklim ini.

Iklim ini ditandai dengan curah hujan yang melimpah di musim semi dan musim dingin yang kering. Curah hujan menurun dan musim kemarau memanjang jauh dari khatulistiwa iklim baik di utara maupun di selatan. Sebaran iklim savana tropis dapat dijumpai di utara dan selatan khatulistiwa iklim.

Di iklim gurun Afrika, hujan sangat sedikit. Sebab, suhu udara di kawasan pegunungan sangat panas. Di wilayah ini, hujan turun sepanjang tahun di puncak musim panas dan biasanya disertai badai petir (

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Iklim ini telah menyebar ke Gurun Sahara, Gurun Libya, dan Gurun Nussia di Afrika Utara. Iklim ini juga terdapat di bagian barat daya Afrika, terutama di Gurun Kalahari dan Gurun Namib.

Wilayah Fauna Ethiopian Meliputi Seluruh Daratan Benua Afrika

Curah hujan di daerah ini berlimpah di musim panas. Sebab, suhu di kawasan ini biasanya hangat. Iklim ini terjadi di pedalaman Afrika sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Iklim ini sering disebut iklim padang rumput sedang. Wilayah Afrika yang memiliki iklim ini adalah wilayah pesisir tenggara Afrika Selatan.

Iklim ini ditandai dengan curah hujan yang melimpah di musim dingin dan musim semi yang kering. Hujan dipengaruhi oleh angin yang bertiup dari arah barat.

Iklim Mediterania telah menyebar ke Laut Mediterania atau pantai Mediterania di Afrika, sebelah utara Pegunungan Atlas dan beberapa daerah di sudut barat daya benua.

Struktur Penduduk Benua Afrika Luasnya wilayah benua Afrika juga diperkaya oleh keanekaragaman suku, bangsa, ras dan agama yang berbeda.

Tumbuhan Dan Hewan Langka Nama=stephen Kelas=6. 5 Hewan Langka Badak Jawa Komodo Harimau Sumatera Orang Utan Kalimantan Burung Jalak.

Benua Afrika adalah rumah bagi 3 ras manusia, yaitu ras Kaukasia, Negroid, dan ras khusus yang merupakan penduduk lokal.

Afrika juga memiliki agama berbeda yang hidup berdampingan. Kristen dan Islam adalah dua agama yang diterima oleh mayoritas penduduk benua Afrika.

Sekitar 40% orang Afrika adalah Kristen, 40% adalah Muslim dan sekitar 20% orang Afrika mempraktikkan agama Afrika. Sebagian kecil dari mereka juga memeluk agama Yahudi, seperti suku Beta Israel dan Lemba.

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Flora dan fauna di benua Afrika Karena luas daratannya yang luas, flora di benua Afrika sangat beragam. Meskipun terdapat daerah gurun yang tandus, Afrika juga memiliki daerah yang hijau (

Ada Kemungkinan Benua Asia Menyatu Dengan Benua Amerika, Berapa Tahun Lagi?

Beberapa wilayah di Afrika juga memiliki ciri flora berupa padang rumput yang luas. Daerah ini sering ditumbuhi rerumputan berumur pendek dan pepohonan yang tumbuh secara acak.

Adapun ciri-ciri fauna benua Afrika termasuk dalam kelompok fauna Ethiopia yang tersebar di seluruh benua Afrika, Madagaskar dan bagian selatan Arabia.

Fauna di benua Afrika umumnya sama dengan fauna di benua Asia. Contoh fauna benua afrika adalah gajah, harimau, singa, jerapah dan lain-lain.

Keadaan alam benua Afrika dengan padang rumputnya yang banyak sangat cocok sebagai habitat dan tempat bersarang bagi berbagai hewan terutama mamalia (mamalia) SERPONG, Afrika merupakan benua terpadat kedua setelah Asia. Saat mendengar kata Afrika, mungkin itulah yang terlintas di benak Anda

Taman Nasional Di Afrika Selatan Dengan Pemandangan Elok

Hal ini mungkin karena Afrika memiliki gurun pasir terluas di dunia yaitu Sahara, gurun pasir yang membentang dari Samudera Atlantik hingga Laut Merah. Kecuali hampir setengah dari 13 juta kilometer persegi Afrika sebenarnya penuh dengan sabana.

Namun, tahukah Ultimates bahwa Afrika juga memiliki banyak kekayaan alam yang indah dan beragam hewan? Berikut beberapa keindahan dan kekayaan yang dimiliki Afrika.

Bagian dari Sungai Zambezi, air terjun ini merupakan destinasi populer di benua Afrika. Berada di perbatasan Zimbabwe dan Zambia, air terjun ini juga merupakan air terjun terbesar di dunia. Ketinggian air terjun ini adalah 108 meter dan lebarnya 1708 meter.

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Di sisi air terjun ini terdapat hutan hujan yaitu Hutan Hujan Air Terjun Victoria. Disebut hutan hujan karena hujan sepanjang hari. Tak hanya itu, pemandangan di sekitar Air Terjun Victoria juga dikelilingi sabana yang menjadi rumah bagi berbagai satwa liar Afrika seperti singa dan badak.

Memahami Apa Itu Hewan Endemik Dan Contohnya Di Indonesia (2022)

Serengeti adalah bentangan tanah terbuka seluas 30.000 km yang membentang dari Tanzania utara hingga Kenya tenggara. Taman nasional ini penuh dengan berbagai satwa liar Afrika seperti gajah, singa, jerapah, macan tutul, badak, dan antelop.

Kawasan hutan dan sabana juga memenuhi taman nasional ini. Melansir dari travel.kompas.com, kawasan ini kerap juga memiliki hal unik yang terjadi setiap tahunnya, yakni migrasi hewan. Saat migrasi Serengeti terjadi, kawanan antelop, rusa, dan zebra bergerak menuju padang rumput yang lebih hijau yang terletak di Kenya.

Wilayah Serengeti, yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, juga memiliki Sungai Mara, rumah bagi kuda nil. Selain hewan dan alam, suku Maasai tinggal di bagian timur yang merupakan suku asli Afrika dan telah menduduki Serengeti selama ribuan tahun.

Pegunungan Rwenzori di Uganda barat menawarkan kombinasi iklim sejuk dan tropis. Kawasan pegunungan ini memiliki beragam tumbuhan langka dan unik. Salah satunya adalah lobelia, yaitu tanaman berwarna ungu yang sering digunakan sebagai bahan obat.

Kondisi Alam Benua Afrika, Komposisi Penduduk, Iklim & Flora Fauna

Menariknya, gunung ini juga rata-rata memiliki puncak bersalju. Tak hanya itu, sumber air yang dimiliki Pegunungan Rwenzori ini juga menjadi sumber Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia.

Sungai Nil membelah sembilan negara di kawasan Afrika yaitu Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan, dan Mesir.

Dari contoh-contoh di atas, terlihat bahwa benua Afrika tidak hanya penuh dengan tanah kering yang luas. Namun, benua ini juga memiliki beragam fauna dan kekayaan alam, mulai dari air terjun terbesar di dunia hingga sungai terpanjang di dunia. Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah, salah satunya adalah Afrika Utara. Berdasarkan kondisi fisik dan iklim, dua jenis spesies tumbuhan berkembang di benua Afrika Utara.

Flora Dan Fauna Di Benua Afrika

Benua Afrika adalah benua yang dikelilingi oleh Laut Tengah atau Laut Tengah, Laut Merah, Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Benua Afrika dihubungkan oleh Terusan Suez

Jawaban Tts: Pulau Besar Di Sebelah Tenggara Afrika

Flora dan fauna afrika, flora dan fauna benua afrika, flora fauna afrika, flora dan fauna di afrika, flora dan fauna benua australia, lukisan fauna dan flora, flora dan fauna di benua amerika, flora dan fauna di benua antartika, flora dan fauna indonesia, flora dan fauna di benua eropa, keadaan flora dan fauna di benua asia, flora dan fauna di indonesia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top