Connect with us

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Informasi

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika – Gurun disebut gurun pasir karena jarang turun hujan. Pilar tersebut juga jarang muncul saat hujan, sehingga bisa juga disebut pilar gurun.

Ada gurun di hampir setiap benua kecuali Eropa. Ya, Eropa adalah satu-satunya benua tanpa gurun. Bahkan, benua lain juga memiliki gurun.

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Di Asia ada Gurun Gobi. Di Afrika ada Gurun Kalahari. Di Timur Tengah ada gurun Suriah. Di Amerika Selatan ada gurun Patagonia. Di Amerika Utara ada Gurun Great Basin. Di Australia ada Gurun Victoria.

Bosan Ke Pantai? Coba Liburan Ke 5 Gurun Di Asia Ini

Gurun Sahara di Afrika adalah gurun terluas di dunia. Secara total, gurun menempati 12 negara.

Kalau Gurun Atacama ada di Amerika Selatan. Gurunnya tidak seluas Sahara tetapi sangat kering karena hanya menerima 1 cm hujan selama 5 sampai 20 tahun.

Ada banyak gurun di dunia yang terus memperluas wilayahnya. Namun, perluasan gurun ini tidak terlepas dari pengalaman manusia. Bagaimana hal itu terjadi?

Di tepian gurun seringkali terdapat daerah subur yang dipenuhi pepohonan. Orang suka menebang pohon di dekat gurun.

Berkat Debu Kuno, Peneliti Berhasil Ungkap Usia Gurun Sahara

Karena tidak ada pohon pengganti, tanah subur itu menjadi gurun pasir. Gurun semakin luas, ugh.

Gurun terbesar di dunia adalah Gurun Sahara. Gurun tersebut meliputi area seluas 9.064.958 kilometer persegi. Gurun ini terbentuk 2,5 juta tahun yang lalu.

Gurun terkecil di dunia ada di wilayah Yukun di Kanada. Ini disebut Gurun Carcross. Luas gurun ini hanya 2,5 kilometer persegi, gurun ini dikenal sebagai tanah tandus gurun, namun penelitian menunjukkan bahwa terdapat jutaan pohon di gurun Sahara.

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Di Sahara dan Sahel, ada lebih banyak pohon daripada yang diperkirakan sebelumnya (Sumber: bbc.com/indonesia – MARTIN BRANDT)

Gurun Terluas Di Dunia Dan Letaknya

JAKARTA – Ketika orang berpikir tentang Sahara, gurun pasir terbesar di dunia di benua Afrika, yang terlintas dalam pikiran adalah gurun pasir yang tak berujung. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa Sahara menyembunyikan sesuatu yang tak terduga: ratusan juta pohon.

Gurun Sahara terletak di Afrika bagian utara dan berusia 2,5 juta tahun. Gurun ini membentang dari Samudra Atlantik hingga Laut Merah. Dari Laut Mediterania di utara hingga Sahel di selatan. Dari Mauritania di barat hingga Mesir di timur (en.wikipedia.org).

Tidak ada hutan di padang pasir, tetapi pepohonan tidak terlihat sama. Sebuah tim peneliti internasional berhasil menghitung jumlah pohon di area seluas 1,3 juta kilometer persegi di Afrika Utara.

Wilayah ini meluas ke negara-negara Aljazair, Mauritania, Senegal, dan Mali, dan termasuk bagian dari Sahara Barat dan Sahel, sebuah wilayah subtropis di gurun selatan.

Selain Gurun Sahara Dan Pegunungan Kilimanjaro, Inilah 7 Perjalanan Paling Menakjubkan Di Afrika

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature menyimpulkan bahwa kawasan itu “masih memiliki jumlah tanaman yang tak terduga”. Jumlah pohon khususnya tercatat 1,8 miliar, lebih banyak dari perkiraan sebelumnya.

Pemimpin penelitian tim, Martin Brandt dari University of Copenhagen di Denmark, mengatakan kepada BBC Mundo bahwa “sebagian besar pohon ada di Sahel, ada ratusan juta pohon di gurun Sahara saja.”

“Di daerah gersang Sahara, rata-rata rata-rata sekitar satu hingga tiga per hektar. Sepertinya tidak banyak, tapi lebih baik dari yang kami harapkan,” katanya.

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Brandt menambahkan bahwa area yang diteliti hanya 20 persen ukuran Sahara dan Sahel, yang berarti “lebih banyak flora.”

Karakteristik Benua Afrika Lengkap Dengan Penjelasannya

Sebuah tim ilmuwan termasuk para ahli dari badan antariksa AS NASA, badan penelitian Prancis CNRS dan Pusat Ekologi Dakar di Senegal melakukan penelitian dengan menganalisis gambar beresolusi tinggi dari satelit, yang kemudian digunakan untuk keperluan militer dan industri.

Mereka menggunakan lebih dari 11.000 gambar dari area yang disurvei, diambil oleh empat satelit perusahaan swasta Digital Globe, milik badan intelijen AS dan merupakan bagian dari Layanan Perlindungan.

Untuk menemukan pohon, mereka menggunakan mesin berbasis kecerdasan dengan menggunakan perangkat lunak pada komputer untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini pohon diidentifikasi.

Agar tidak membuat keputusan yang salah antara tumbuhan dan gulma, para ilmuwan memutuskan untuk menggunakan sistem yang dapat mengidentifikasi tumbuhan secara akurat.

Afrika Sub Sahara

“Saya hitung banyak pohon karena detail di foto sangat jelas dan pohonnya tidak terlihat sama dan kami ingin benar. Buahnya,” tambahnya.

Para peneliti juga mengatakan tidak menghitung semua pohon yang ada di kawasan tersebut dan terbatas pada yang berdiameter maksimal 12 meter persegi.

Brandt mengatakan temuan itu tidak sebanding dengan masalah deforestasi yang diperparah oleh kebakaran hutan di negara-negara seperti Yunani, Australia, Amerika Serikat, dan Amerika Selatan.

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

“Pohon di daerah kering selalu ada, dan mengetahui berapa banyak dan di mana mereka sangat penting, tetapi tidak pada tingkat yang sama dengan pohon baru yang tumbuh di sana,” katanya.

Karakteristik Benua Afrika Yang Wajib Kamu Ketahui!

Dia juga menjelaskan bahwa pohon di gurun menyerap karbon dioksida dari udara kurang efisien dibandingkan pohon di hutan.

“Pohon penting untuk memperbaiki tanah dan menyediakan tempat berlindung bagi manusia dan hewan untuk hidup dan bekerja.

“Kami harus membuat model yang lebih kuat dan menerapkannya pada banyak sistem satelit dengan masalah berbeda,” kata Brandt.

“Sulit menghitung pohon jika diterapkan pada kawasan hutan. Kalau sulit untuk mata kita, akan sulit dengan model komputer ini,” tutupnya (bbc.com/indonesia). []

Fakta Mengejutkan Tentang Gurun Pasir

Selain mengikuti kegiatan dalam agenda memeriahkan HUT DKI Jakarta, Anda juga bisa merayakannya dengan berjalan kaki. , Mungkin tidak banyak orang di Jakarta yang tahu bahwa sekitar 1/3 dari daratan bumi adalah gurun. Ketika mendengar kata gurun, hal pertama yang dipikirkan banyak orang adalah Gurun Sahara.

Gurun di Afrika utara ini adalah salah satu yang terbesar di dunia. Namun, untuk semua jenis gurun pasir, Sahara merupakan gurun pasir terbesar ketiga di dunia.

Di sisi lain, tergantung pada rute dan lokasinya, gurun dapat dibagi menjadi empat jenis yang disebut gurun kutub (

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Seringkali, orang mengenali gurun pasir dari bentuk pasirnya. Ternyata, gurun pasir tidak hanya berupa pasir dan batu saja, tetapi juga gurun pasir yang berupa es dan salju.

Gurun Pasir Terluas Di Benua Afrika

Selain Gurun Sahara, ada salah satu gurun terbesar di dunia. Apa nama gurun terluas di dunia?

Minggu (7/8/2022) malam WIB, Pecco Bagnaia menjadi juara video highlight MotoGP Inggris 2022.

Gurun Antartika adalah gurun terbesar dalam daftar ini. Gurun Antartika meliputi area seluas 14.000.000 kilometer persegi (5,5 juta mil persegi).

Suhu di gurun Antartika sekitar -85 hingga -90 derajat Celcius, sehingga gurun ini diselimuti es yang sangat dingin.

Daftar Gurun Terluas Di Dunia, Lengkap Beserta Penjelasannya

Tidak banyak organisme yang dapat bertahan lama di gurun dalam kondisi seperti ini. Di musim panas, suhu di gurun ini mencapai 30 derajat Celcius, lebih tinggi dari pada musim dingin.

Gurun Sahara telah lama dikenal sebagai gurun terbesar di dunia. Gurun Sahara adalah gurun di bagian utara benua Afrika.

Gurun tersebut meliputi area seluas kurang lebih 3,5 juta mil persegi atau 9 juta kilometer persegi. Gurun Sahara mencakup beberapa negara, termasuk Aljazair, Libya, Mesir, Mauritania, Mali, Chad, dan Sudan.

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Gurun Arab terletak di Jazirah Arab. Gurun ini penuh dengan pasir. Gurun yang luas ini terdiri dari bukit pasir.

Fakta Fakta Gurun Sahara, Tidak Hanya Dihuni Unta Halaman All

Suhu di Gurun Arab sekitar 40-50 derajat Celcius di musim panas, dan sekitar 5-15 derajat Celcius saat dingin, dan terkadang turun hingga 0 derajat Celcius.

Gurun Gobi adalah gurun terbesar keempat di dunia. Terletak di Mongolia selatan, Gurun Gobi adalah gurun terbesar di Cina.

Ada banyak gurun dan semi-gurun di gurun ini. Gurun Gobi meliputi area seluas sekitar 1,3 juta kilometer persegi, membentang dari pegunungan tinggi dan pegunungan tinggi hingga lembah di dekat Mongolia selatan.

Gurun Kalahari terletak di beberapa bagian Afrika Selatan, khususnya di wilayah Botswana dan Namibia. Gurun Kalahari meliputi area seluas sekitar 900.000 kilometer persegi.

Wita Tour Indonesia

Gurun Patagonian meliputi area seluas sekitar 637.000 kilometer persegi dan terletak di Argentina selatan dan sebagian Chili. Gurun ini merupakan gurun yang dingin dengan suhu rata-rata 3-12 derajat Celcius.

Bagian gurun ini memiliki tujuh bulan musim dingin dan lima bulan musim panas.

Gurun Suriah juga dikenal sebagai Gurun Suriah Arab. Gurun Suriah meliputi area seluas sekitar 520.000 kilometer persegi. Gurun memiliki iklim sedang.

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Gurun Taklimakan terletak di Asia Tengah, tepatnya di Tiongkok. Gurun meliputi area seluas sekitar 480.000 kilometer persegi.

Tuliskan 4 Ras Penduduk Benua Afrika

Gurun ini meliputi area seluas sekitar 647.000 kilometer persegi, dan curah hujan minimum tahunan sekitar 200-250 mm.

Ono+ 01:13 Video: Warga menikmati Formula E 2023 Jakarta di Room sebagai acara akhir pekan.

3 klub terbaik Liga 1 BRI di bursa transfer pemain: Berinvestasi di musim yang bagus

BRI Liga 1: Kemenangan penyisihan PSIS, analisis Gilbert Agius meninggalkan banyak hal yang diinginkan.

Gurun Sahara, Gurun Pasir Terbesar Di Dunia Yang Berada Di Afrika Bagian Utara

Erik Toshir akan turun tangan jika klub menolak mengirimkan pemain ke timnas Indonesia untuk Piala Asia U-23 2024.

Indra Sjafri patut diwaspadai 4 pemain Timnas Indonesia U-23 di Asian Games U-23 dan Piala AFF 2023.

Gambar: Untuk Kedalaman Skuad, 5 Pemain Premier League yang Memiliki Peluang Gabung Arsenal 2023/2024.

Gurun Yang Terdapat Di Benua Afrika

Gambar: Beginilah cara para pemain Real Madrid memperlakukan Benzema yang memutuskan hengkang usai laga terakhir Liga Spanyol musim 2022/2023.

Karakteristik Benua Asia Dan Uraian Lengkap. Terluas Di Dunia!

Gurun Sahara dibatasi oleh Samudra Atlantik di barat, Laut Merah di timur, Laut Mediterania di utara, dan Stepa Sahel di selatan.

Ada 11 negara di gurun ini, antara lain Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sahara Barat, Sudan, dan Tunisia.

Bukit pasir di Gurun Sahara setinggi 183 meter, tetapi hanya mencakup 15% dari seluruh wilayah gurun.

Area geografis lain di dalamnya

Soal Benua Asia

Sebutkan nama gurun yang terdapat di afrika selatan, iklim di benua afrika, bangunan bersejarah di benua afrika, negara terbesar di benua afrika, gurun terbesar di benua afrika adalah, negara yang ada di benua afrika, gurun terbesar di benua afrika, negara di benua afrika, nama nama gurun yang terdapat di benua afrika, gurun di benua afrika, gurun terluas di afrika adalah, nama nama gurun di benua afrika

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top