Connect with us

Angels Billabong

Angels Billabong

Wisata Bali

Angels Billabong

Angels Billabong adalah salah satu tempat magis yang pasti akan membuat setiap orang yang melihatnya merasa tersihir dan bahkan enggan untuk pulang. Objek wisata Bali yang satu ini memiliki keunikan yang membuatnya mendapat tempat istimewa di hati para wisatawan.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya jumlah wisatawan yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri. Jika beruntung untuk datang di saat sedang sepi, Anda bisa merasakan ketenangan serta kedamaian di surga tersembunyi di Nusa Penida ini.

Angels Billabong

Foto Instagram: @nusapenidaexcitedtour

Asal Mula Nama Angels Billabong

Menurut cerita dari warga lokal, nama objek wisata ini merupakan perpaduan dari bahasa Inggris dan bahasa Bali. Kata “Billabong” memiliki arti “Aliran terakhir”, atau sebuah sungai yang terletak paling ujung/paling akhir, sebelum akhirnya air-air di sungai ini mengalir ke laut lepas.

Sedangkan kata “Angel” yang bermakna “Bidadari” atau “Malaikat” sengaja ditambahkan karena kondisi tempat ini memang sangat cantik seperti bidadari. Hal ini karena beberapa kondisi yang terjadi secara alami telah membuat tempat ini memiliki cerukan-cerukan seperti kolam yang terlihat sangat indah.

Namun, ada juga mitos yang mengatakan bahwa tempat ini dulunya adalah pemandian para bidadari, sehingga airnya sangat jernih dan pemandangannya sangat cantik. Meski sejarah dari namanya belum jelas, tapi yang pasti kecantikan dari tempat ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi

Angels Billabong berada di Pantai Barat Nusa Penida, tepatnya di Dusun Sompang, Desa Bunga Mekar, Kabupaten Klungkung, Bali. Nusa Penida sendiri termasuk pulau yang cukup besar, sehingga dibutuhkan waktu sekitar 1 jam atau bahkan lebih untuk menyeberang dari satu sisi ke sisi yang lain.

Biasanya, para wisatawan datang dari dermaga penyeberangan Kusamba Klungkung atau dari Sanur Bali, untuk selanjutnya menuju Nusa Penida menggunakan speedboat. Jasa penyeberangan ini tersedia setiap hari tapi tidak sampai malam, hanya dimulai dari jam 07.30 – 16.00 WITA.

Setelah sampai di Dermaga Nusa Penida, para wisatawan bisa menyewa mobil atau sepeda motor dengan atau tanpa driver untuk selanjutnya menuju ke lokasi objek wisata.

Jika tidak terbiasa dengan medan sulit atau kurang ahli mengemudi, sangat disarankan untuk menyewa mobil beserta supirnya atau naik ojek saja, karena akses jalan menuju area wisata tidak rata. Ada jalan yang sudah beraspal tapi ada juga yang berbatu, sempit, dan aspalnya sudah rusak di beberapa bagian.

Selain itu, mengingat lokasi tujuan yang berada di kawasan cukup terpencil, sebaiknya setiap pengunjung datang bersama orang yang sudah hafal jalan atau minimal pernah berkunjung ke sini, mungkin dengan teman atau saudara asli orang Bali, atau bisa juga dengan tour guide.

Keindahan Angels Billabong Bali

Setelah berkendara dengan motor atau mobil selama sekitar 1 jam, Anda masih harus berjalan kaki sedikit lagi untuk sampai di titik tujuan. Khusus untuk jalur ini tidak akan membuat Anda tersesat karena sudah ada papan petunjuk di sepanjang jalan.

Papan petunjuknya jadi satu dengan objek wisata Broken Beach sehingga Billabong dikenal juga dengan nama Angel Billabong Broken Beach. Setelah sampai di titik tujuan, inilah keindahan alami yang akan terpampang di depan mata:

1. Kolam Alami yang Cantik

Jika suka berendam di air sambil menikmati pemandangan alam terbuka, dijamin Anda akan jatuh cinta dengan kolam-kolam alami yang ada di tempat ini. Bahkan, banyak pengunjung yang mengatakan bahwa kolam alami di tempat ini adalah salah satu yang paling instagrammable di dunia.

BACA JUGA!!!  Festival Layang-Layang Bali

Air kolam di tempat ini benar-benar jernih dengan warna biru kehijauan yang indah, dan membuat semua hal yang ada di bawah permukaan air akan langsung terlihat oleh mata.

Ditambah dengan formasi lantai bebatuan alami yang kadang tertutup oleh rumput laut akan membuat tempat ini menjadi salah satu objek foto luar biasa untuk feed media sosial. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat ikan Pari Manta yang berenang dengan santai di dalam air.

Namun tergantung pada jam kedatangan Anda, sinar matahari bisa sangat mempengaruhi warna air, warna bebatuan, dan bahkan jenis pantulan kolam yang akan ditangkap oleh lensa kamera.

2. Batu Karang

Pemandangan unik lain yang bisa Anda lihat di Angels Billabong adalah batu-batu karang berkapur  dengan tekstur bergerigi yang mengelilingi kolam dan ada juga yang melengkung di atas air. Saat pertama kali melihatnya akan membuat Anda merasa seolah sedang tidak berada di Indonesia.

3. Deburan Ombak

Sesekali, Anda akan melihat serta mendengar deburan ombak dari laut yang menghantam karang dengan sangat kuat dan menciptakan pemandangan seolah ombak sedang menari di udara. Jika berada cukup dekat dengannya, Anda juga akan merasakan percikan air yang menyegarkan.

Waktu Terbaik untuk Datang

Jika ingin liburan yang benar-benar berkualitas dan puas berenang di Angel’s Billabong, sebaiknya jangan pernah datang saat weekend, tanggal merah, dan libur Nasional. Hindari juga untuk datang saat musim libur sekolah.

Karena pada hari-hari seperti ini, Angels Billabong akan sangat ramai dan bisa membuat Anda tidak mendapatkan gambar pemandangan terbaik ataupun liburan yang menyenangkan. Sebaiknya Anda juga tidak datang saat siang hari, karena tempat ini akan dipenuhi oleh para wisatawan terutama turis.

Waktu terbaik untuk datang adalah pagi hari, karena biasanya saat pagi para wisatawan masih dalam perjalanan, sedang sarapan, atau bahkan masih berada di tempat tidur. Dengan begitu, Anda bisa menikmati tempat ini sendiri dengan tenang.

Tapi sebelum masuk ke dalam kolam apalagi berenang, Anda harus cek dulu pasang surut air laut agar keselamatan Anda tetap terjaga.

Anda juga tidak boleh berenang terlalu jauh melebihi batas yang sudah ditentukan. Satu lagi, jangan datang saat musim hujan, karena airnya akan sangat keruh dan terlalu berbahaya untuk masuk ke kolam. Selain itu, jalan untuk menuju tempat ini juga akan berbahaya karena licin dan berlumpur.

Fasilitas dan Jam Buka

Tidak ada fasilitas khusus di tempat ini, bahkan area parkirnya pun cukup jauh. Jadi jika membutuhkan minuman, makanan, atau air untuk membersihkan diri, setiap pengunjung harus membawanya sendiri.

Sedangkan jam operasionalnya, tempat ini terbuka untuk umum selama 24/7, tapi tentu saja sangat tidak disarankan untuk berkunjung saat sudah gelap. Pasalnya, tempat ini sama sekali tidak dilengkapi dengan penerangan.

Harga Tiket Masuk, Parkir, dan Lainnya

Menurut sejumlah review online, objek wisata ini belum menyediakan tiket masuk untuk pengunjung, alias bisa masuk dengan bebas atau gratis. Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan, harus membayar biaya parkir sekitar Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

Sedangkan biaya untuk jasa penyebrangan menggunakan speedboat tadi, setiap penumpang harus merogoh kocek sekitar Rp 75.000 untuk sekali menyeberang. Jika tarif ini dirasa mahal, Anda bisa mengambil paket wisata dari jasa tour and travel yang salah satu tujuannya adalah Angels Billabong.

Angels Billabong adalah tujuan wisata yang ideal untuk Anda yang menginginkan liburan santai dan nyaman di kolam alami yang cantik dengan landscape laut lepas di depan mata. Tempat ini juga sangat cocok untuk hunting foto sunset, sunrise, dan landscape alam Bali yang indah namun tersembunyi.

Continue Reading

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

To Top