Connect with us

Pura Tirta Empul

pura tirta empul

Wisata Bali

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul di Bali menjadi salah satu destinasi pelancong yang cukup direkomendasikan. Umumnya para pelancong yang datang ke tempat wisata tersebut, karena merasa sudah cukup jatuh cinta dengan pancuran air yang begitu mempesona.

Kabarnya lagi pancuran air tersebut juga menyimpan kekuatan magis. Menurut mitos yang beredar, air suci yang mengucur dari pancuran Tirta Empul sanggup untuk membersihkan tubuh dari segala nasib buruk, sampai menyembuhkan berbagai macam penyakit yang datang.

pura tirta empul

Foto Instagram: @karangadiprana

Lokasi

Bagi yang sudah penasaran untuk mendatangi lokasi pancuran Tirta Empul tersebut untuk membuktikan cerita kemagisannya, maka bisa langsung singgah ke Bali. Lokasi tepatnya ada di Kabupaten Gianyar daerah Bali.

Pura ini mempunyai gaya arsitektur khas Candi Hindu dan sekarang sudah menjadi salah satu situs warisan di dunia yang disahkan oleh UNESCO. Mengingat lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Denpasar, maka pelancong bisa sekalian mampir ke tempat wisata ini.

Akses Menuju Lokasi

Tidak sulit untuk sampai ke lokasi pura ini. Bagi pelancong yang berasal dari luar Bali bisa mengambil titik keberangkatan dari Bandar Udara Ngurah Rai dan bagi pelancong yang sudah ada di Bali bisa mengambil titik dari mana saja.

Berikut merupakan deskripsi akses menuju ke lokasi Pura Tirta Empul tersebut:

1. Bandar Udara Internasional Ngurah Rai

Jika berangkat dari bandara ini, maka setidaknya pelancong akan membutuhkan waktu sampai 1 ½ jam lamanya. Jadi, dari titik bandara pelancong bisa langsung mengambil arah menuju By Pass Ngurah Rai dan terus melajukan kendaraan hingga Jalan Raya Pejeng Tampaksiring. Lokasinya nanti tak jauh dari sana.

2. Ubud

Apabila mengambil titik keberangkatan dari Ubud, maka jarak yang ditempuh cukup singkat yaitu hanya setengah jam saja. Lewat Jalan Raya Ubud, pelancong bisa langsung bergerak menuju Jalan Raya Pejeng . Nantinya tidak jauh dari sana, di sisi kanan akan menemukan lokasi wisata tersebut.

Spot Wisata

Ada sejumlah hal-hal menarik yang bisa dilakukan ketika berwisata ke Pura Tirta Empul ini, karena memang Bali banyak sekali memberikan cerita tentang liburan asyik dan tak terlupakan sepanjang masa. Lalu, apa saja spot wisata saat berada di pura ini?

1. Belajar Sejarah

Jika berwisata di pantai terasa membosankan, maka cobalah untuk menjelajah spot wisata sejarah yang ada di Tirta Empul ini. Tempat wisata yang merupakan bekas peninggalan purbakala di Pulau Dewata ini bisa memberikan pengalaman berlibur sangat menyenangkan.

Menurut sejarah yang beredar, pura ini sudah dibangun sejak zaman Sri Wangsa Warmadewa pada 962 M. Pembangunan pura ini tepat mengelilingi sumber mata air yang cukup besar pada wangsa tersebut. Lewat destinasi wisata ini, para pengunjung bisa belajar bagaimana berdirinya tempat tersebut.

2. Cocok untuk Melepas Penat

Karena nuansanya yang begitu sejuk, tenang dan santai maka cocok sekali untuk dijadikan tempat melepas penat. Lokasinya yang berada di sekitar pegunungan membuat udara yang ada terasa begitu sejuk. Pastinya sangat direkomendasikan untuk menghilangkan sejenak hiruk pikuk perkotaan.

Di samping itu, airnya juga begitu benang dan terasa tak kalah sejuknya. Wajar jika tempat ini banyak menjadi tujuan para pelancong guna bersantai sejenak maupun mengambil jeda dari kesibukan di Ibukota Jakarta dan lainnya.

3. Wisata Religi

Pura ini juga bagus untuk wisata religi. Bagi para umat Hindu yang ingin melakukan sembahyang di pura ini, maka perlu mengenakan pakaian adat Bali. Berbeda dengan yang sekedar ingin melancong saja. Nantinya akan diwajibkan mengenakan kain yang sudah disediakan oleh pengurus tempat tersebut.

Bagi umat Hindu yang bersembahyang di sini, maka akan merasakan nuansa yang begitu tenang. Rasa ibadah akan kian khusyuk. Nuansanya begitu mendukung untuk melakukan ibadah terbaik kepada Sang Hyang Widhi. Jangan lupa untuk memperhatikan larangan yang tidak boleh dilakukan di tempat ini.

4. Melakukan Penyucian Diri

Di objek wisata ini, para pelancong juga bisa melakukan penyucian diri. Nantinya para pelancong akan diperkenankan mandi di tempat ini dengan panduan semestinya dan tidak boleh sembarangan. Pelancong akan diminta mandi dengan menggunakan pancuran air sesuai urutan yakni dari pertama dan seterusnya.

Tidak boleh tidak urut, karena semuanya harus sesuai dengan urutan yang benar. Nantinya diharapkan tubuh yang sudah mandi akan kembali suci, membuang sial, dilimpahi berkat, dan menyembuhkan dari berbagai macam penyakit.

5. Refreshing Bersama Ikan Koi

Tidak hanya untuk melakukan penyucian diri saja, di Pura Tirta Empul Bali ini pengunjung juga bisa refreshing bersama ikan koi dengan ukuran besar-besar. Bahkan ada yang sampai mencapai ukuran 3 kiloan ke atas. Pengunjung bisa memberi makan ikan-ikan tersebut dengan cara menebarnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto bersama ikan-ikan tersebut sebagai kenang-kenangan. Bayangkan jika mengajak serta anak-anak. Tentu saja mereka akan sangat senang berada di tempat wisata seindah Tirta Empul tersebut.

Fasilitas

Pura Tirta Empul adalah salah satu tujuan wisata yang paling direkomendasikan saat melancong ke Bali. Demi bisa mencukupi kebutuhan para pengunjungnya, pengelola tempat wisata ini juga menyediakan banyak fasilitas wisata yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya:

  1. Kolam mata air
  2. Kain kamen Bali
  3. Toilet umum
  4. Tempat parkir luas
  5. Toko pernak-pernik untuk oleh-oleh
  6. Kedai makanan

Tiket Masuk

Untuk berwisata ke Pura Tirta Empul ini, pengunjung harus memperhatikan dengan seksama berapa harga tiket masuk dan kapan waktu atau jam buka. Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini ialah Rp. 15.000,00. Sedangkan, untuk sewa kain dan selendang ke lokasi pura bisa dibayar dengan sukarela.

Untuk jam operasionalnya dibuka mulai pagi sampai sore hari yaitu mulai jam 08.00 WITA – 18.00 WITA. Dengan demikian, maka pengunjung bisa merasakan sensasi kesejukan air di kolam mata air Tirta Empul ketika siang hari yang panas.

Sejarah Pura Tirta Empul

Selain mempunyai pemandangan dan nuansa yang sangat menenangkan, asal-usul Pura Tirta Empul ini juga menarik sekali untuk diperbincangkan. Jadi, selain bisa berfoto-foto, mandi dan memberi makan ikan koi yang ada, pengunjung juga bisa sekaligus belajar apa itu sejarah pura tersebut.

Kabarnya tempat sumber mata air Tirta Empul Bali tidak dapat mengering walaupun ada dalam kondisi kemarau berkepanjangan. Konon, tempat ini terbentuk karena sebuah peristiwa yang sangat menghebohkan tempo lalu.

Sumber mata air yang ada di Pulau Seribu Pura ini merupakan buah karya dari Bathara Indra. Tujuannya semata-mata untuk menawar racun yang dibuat Raja Mayadenawa. Raja tersebut memberikan racun ke kolam yang dibuatnya guna mengelabui pasukan Bathara Indra.

Benar saja, akhirnya pasukan Bathara Indra banyak yang gugur ketika meminum air kolam tersebut. Lalu, Bathara Indra akhirnya mensucikan air tersebut sehingga bisa menjadi penawar racun. Hingga sekarang peristiwa menghebohkan tersebut diperingati dalam Upacara Galungan.

Pura Tirta Empul nampaknya bisa menjadi alternatif lokasi wisata yang bisa segera dituju. Selain bisa dijadikan sebagai destinasi wisata religi, pura ini dengan sumber mata air jernih ini juga bisa dijadikan tempat melepas penat yang begitu menenangkan. Segera agendakan liburan ke tempat ini sekarang!

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top