Connect with us
danau bedugul candi kuning

Wisata Bali

Danau Bedugul

Danau Bedugul: Lokasi, Daya Tarik, Fasilitas, Tiket Masuk

Kawasan Danau Bratan yang juga dikenal sebagai Bedugul adalah salah wisata yang sangat mempesona. Danau Bedugul terkenal akan pemandangan pegunungannya yang megah,  rute trekkingnya yang indah, dan pura yang mengesankan.

Danau ini berada di lokasi yang memiliki ketinggian 700 meter atau lebih dan biasanya dikunjungi oleh para wisatawan yang mencari ketenangan dari panasnya Kota Bali.  Sebagian besar aktivitas wisata di kawasan Bedugul berpusat pada 3 danau indah yang ada, yakni Bratan, Buyan, dan Tamblingan.

danau bedugul candi kuning

Foto instagram: @atastay_id

Lokasi

Secara deskripsi administratif, Bedugul terletak di dataran tinggi tengah Bali, sekitar 50 km di utara Kota Denpasar dan 25 km di selatan Singaraja.

Danau ini berada di sebuah desa yang bernama CandiKuning. Desa ini terletak di Baturiti, tepatnya masih dalam kawasan Kabupaten Tabanan. Danau Bedugul terletak di kanan jalan saat menuju Singaraja. Jika Anda datang dari arah Seminyak, maka perjalanan yang dibutuhkan adalah 2,5 jam berkendara.

Selama perjalanan, Anda bisa menyaksikan gerombolan monyet berkulit di sepanjang jalan ini. Jika masuk ke Bedugul dari arah selatan, maka belok kanan pertama ke Taman Rekreasi. Setelah itu, lurus ke depan sampai melewati Desa Candikuning dan Pancasari.

Untuk bisa sampai ke Danau Bedugul, maka Anda akan melakukan perjalanan dengan jalan yang curam dan berkelok-kelok. Namun, kawasan masih mudah diakses dan dapat dilalui kendaraan bermotor.

Jika berencana untuk menggunakan transportasi umum, maka Anda bisa menggunakan bus. Di mana Anda bisa dapatkan bus? Datang saja ke Terminal Ubung dengan mengambil arah Denpasar ke Bedugul. Rute ini jauh lebih cepat untuk menuju ke pantai utara daripada melalui Kintamani.

Jika mencari destinasi wisata yang berbeda dari lainnya, Anda bisa mengunjungi danau-danau di Bedugul ini. Wisata Bedugul adalah tujuan yang tepat untuk Anda yang benar-benar ingin rehat dari penat.

Wisata dan Aktivitas Menarik

Danau di Bedugul ini sangat cocok untuk olahraga air seperti contoh parasailing, motor boating, jet ski, dan masih banyak lainnya. Tanah Bedugul yang subur juga menghasilkan banyak tumbuhan dan pepohonan, beberapa di antaranya terbentuk hutan hujan dengan dipenuhi burung yang eksotik, monyet, dan makhluk lain.

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan jika datang ke Danau Bedugul, di antaranya adalah:

1. Menjelajahi Wisata

Setelah Anda sampai di wisata ini, maka luangkan waktu untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan danaunya. Anda bahkan dapat menjelajah wisata dengan menggunakan perahu dayung angsa kecil jika berminat untuk mendayung.

Pemandangan di kawasan wisata ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Mau berjalan kaki atau naik perahu, keduanya adalah hal yang sangat direkomendasikan.

Perjalanan menyusuri perbukitan gunung berapi ke Danau Beratan dan pura adalah hal yang menantang. Trekking dengan berjalan kaki juga tidak sulit.

Selama melakukan trekking, Anda bisa menyaksikan lanskap yang dihiasi dengan sawah, danau, desa-desa yang indah. Semuanya penuh dengan area hijau subur di sekitar danau pegunungan

2. Memancing

Memancing juga populer di sepanjang tepi danau. Banyak orang yang memancing di sepanjang danau meskipun bisa dibilang jarang sekali ada ikan yang tertangkap di danau ini. Di kawasan wisata ini juga, Anda dapat menyewa alat pancing karena ada beberapa toko yang menyediakan sewa alat-alat pancing.

3. Menjelajahi Pura Ulun Danu

Salah satu hal menarik dari Danau Bedugul adalah adanya Pura Danau Bratan. Pura Ulun Danu Bratan bahkan menjadi salah satu dari 10 di pura terbaik untuk dikunjungi di Bali. Pura ini dikhususkan untuk Ida Batara Devi Ulun Danu dan dibangun pada tahun 1633.

BACA JUGA!!!  Kelingking Beach

Pura Ulun Danu juga merupakan salah satu pura yang paling banyak difoto di Bali. Kedekatannya dengan danau menciptakan ilusi bahwa candi terapung di atas danau. Pura yang dibangun pada tahun 1633 ini terdiri dari kompleks candi yang tersebar di beberapa pulau.

Pura ini sebenarnya setengah Hindu dan setengah Budha, dengan altar sentral untuk upacara. Pura utama, Teratai Bang, memiliki karakteristik menara 7 tingkat.

4. Wisata Kuliner

Bedugul dikenal dengan berbagai restoran yang menyajikan makanan khas setempat bernama Ayam Taliwang, yaitu ayam goreng yang dibumbui dan dibakar. Di sekitar Danau Beratan Bedugul yang indah ada banyak rumah makan dengan hidangan lokalnya yang lezat.

Semua tempat makan berjejer di sepanjang jalan, memungkinkan Anda menikmati makanan Bali yang lezat sekaligus pemandangan indah di sekitarnya.

Fasilitas

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang unik saat berlibur di Bali, maka pertimbangkan untuk mengunjungi Danau Bedugul. Bedugul menyajikan berbagai danau indah dengan ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan laut.

Danau ini terletak di sebelah Gunung Bratan dan Gunung Catur. Danau cantik Bedugul Beratan  adalah danau terbesar kedua di Bali. Tak jauh dari sini, ada juga Danau Buyan dan Danau Tamblingan, dua dari empat danau besar di Bali yang juga bisa dikunjungi. Anda bisa melihat langsung karena terletak di pinggir jalan raya Bedugul.

Danau Bedugul Bali sendiri memiliki iklim yang cukup nyaman. Daerah di sekitar danau dilengkapi dengan baik untuk melayani pengunjung, dengan fasilitasnya, beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah:

  1. Tempat makanan
  2. Toilet
  3. Tempat parkir
  4. Toko kelontong
  5. Gazebo
  6. Hotel
  7. Villa
  8. Water  sport seperti parasailing, kano, ski air

Tiket Masuk

Danau Beratan Bedugul mempunyai luas hingga 300-an hektar dengan kedalamannya mencapai 48 meter. Sejarah Danau Beratan Bedugul merupakan danau terbesar kedua setelah danau Batur di Pulau Bali dan kehadiran danau ini sangat penting.

Danau ini bahkan menjadi sumber utama irigasi di Bali tengah. Danau Bedugul merupakan salah satu dari 20 danau terindah di dunia. Ya, bisa dibilang danau ini sangat terkenal sebagai destinasi wisata terbaik yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik.

Sejuknya pegunungan dengan pemandangan indahnya, pura estetik dan suasana yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat danau ini adalah tujuan wisata favorit wisatawan. Untuk bisa menikmati kawasan wisata ini, biaya tiket masuk yang perlu dikeluarkan adalah:

Keperluan Harga
Tiket masuk anak-anak Rp 30.000
Tiket masuk dewasa Rp 20.000
Parkir mobil Rp 5.000
Parkir motor Rp 2.000

Danau Beratan Bedugul buka jam pukul 8 pagi dan tutup jam  6 sore. Namun, ada juga wisatawan yang berdatangan sebelum jam buka untuk bisa menyaksikan matahari terbit dari Danau Beratan Bedugul. Malam hari di Bedugul lebih sejuk dibandingkan dengan daerah pesisir Bali.

Anda yang ingin sekali datang ke Danau Bedugul, sangat disarankan untuk datang saat bulan Mei hingga Agustus. Bulan-bulan tersebut dianggap sebagai bulan terbaik untuk mengunjungi danau cantik di Bedugul ini.

Bulan-bulan hujan Oktober hingga Maret umumnya dihindari oleh wisatawan. Waktu Natal dan Tahun Baru juga ada baiknya dihindari karena biasanya banyak wisatawan domestik dan internasional datang ke Bedugul Pulau Bali untuk menikmati liburan dan danau pasti akan sangat ramai.

Setelah mengunjungi Danau Bedugul, Anda juga bisa datang untuk berkunjung ke Kebun Raya Bali di Bedugul. Letaknya tidak cukup jauh dari Danau Beratan Bedugul, kok. Kebun ini menyimpan lebih dari 2000 tanaman dan bunga yang tersebar di 150 hektar. Selain tumbuhan ada juga patung besar tokoh mitos Kumbakarna yang ikonik.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

To Top