Connect with us

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi

Informasi

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi – Sampai saya dan suami tinggal di Jakarta selama satu bulan, kami selalu bertanya-tanya apakah benar ada tempat yang bernama Betawi? Orang pertama di Jakarta sebelum menjadi ibu kota adalah orang Betawi, yang kini bercampur dengan berbagai suku bangsa dari seluruh Indonesia. Semua teman-teman yang tinggal di Jakarta menyarankan kami untuk pergi ke Setu Babakan, di kawasan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Untuk menuju ke sana dari hostel kami di Jakarta Pusat, kami naik KRL penumpang ke Bogor dan turun di stasiun Lenteng Agung. Menurut informasi yang saya temukan di banyak blog, disarankan untuk naik bus 128 dari stasiun. Nah, kebetulan setelah kami menyelesaikan transportasi 128, pengemudi menghentikan kami dan menyuruh kami naik ke transportasi 83 dan berganti ke no.128 di garpu bola. Jadi kenapa angka 128 lagi? Saya bingung. Karena terlalu malas untuk berganti transportasi, kami memilih untuk kembali menggunakan bus 83. Sebagai informasi, transportasi nomor 83 hanya Rp 4000.

Setelah sekitar 15 menit naik angkot 83, kami sampai di jalan belakang Setu Babakan yang pada hari Sabtu ramai dikunjungi wisatawan. Dari yang saya baca di wikipedia, Setu Babakan adalah sebuah danau buatan yang mengalirkan air Sungai Ciliwung yang luasnya sekitar 30 hektar. Jaraknya juga sangat jauh dari jalan belakang menuju tempat rumah Betawi berada. . Untungnya, niat kami untuk pergi ke sana adalah selama pelatihan kami. Sepanjang jalan setapak di sekitar semak banyak terdapat tanaman dan pepohonan yang rimbun, sehingga pada siang hari pun suasananya tetap sejuk dan nyaman. Salak condet, yang dulunya merupakan buah biasa di Betawi, juga ditanam di sini. Sayangnya, air di setu semakin berkurang sehingga menimbulkan bau tak sedap dari sampah yang kotor. Namun, banyak juga orang yang memanfaatkan surutnya air di sini untuk memancing. Di sepanjang jalan di sekitar Setu banyak terdapat warung makan dan minuman khas Betawi, mulai dari tauge goreng, laksa betawi, soto betawi, gado-gado, kulit telur, es kembang mayang, bir pletok hingga arum manis. Saya merasa telah mencoba segalanya. Ini tampaknya menjadi pusat dari semua makanan khas Betawi. Ada juga toko suvenir yang menjual barang-barang khas Betawi seperti sandal Si Pitung dan berbagai sarung dan kebaya Betawi.

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi

Kemudian kami singgah di sebuah rumah adat Betawi yang saat itu sedang ramai pengunjung. Contoh rumah Betawi bukan satu-satunya. Ada rumah di Betawi Kebaya, rumah di Gudang Betawi dan rumah di Betawi Joglo. Di rumah Betawi Joglo ini setiap hari Minggu akan digelar tarian seni Jaipong, Lenong, Tanjidor, Ondel-ondel dan Gambang Kromong. Saya pikir ada pertunjukan pada hari Sabtu. Kami tiba di hari yang salah. Di sebelah kompleks perumahan Betawi, terdapat sentra batik Betawi yang ditandai dan dicat dengan pewarna alami. Yang membedakan batik Betawi dengan batik lainnya adalah motif gaya ondel-ondel dan motif alat musik Betawi. Pengunjung dapat melihat bagaimana kain batik ini dibuat mulai dari pembuatan pola hingga pewarnaan. Perjalanan kami ke Setu Babakan diakhiri dengan menikmati sepiring telur bebek dan semangkuk soto betawi kuah kental, tak lupa ditutup plastik arum manis tradisional. Menurut saya, meskipun ramai, lebih baik mengunjungi setu Babakan pada hari Minggu agar bisa melihat secara utuh berbagai pertunjukan ala Betawi.

Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi

Site management pagelaran seni biasanya diadakan setiap hari Minggu di belakang Museum Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Jakarta – Penduduk asli yang tinggal di wilayah Jakarta dikenal sebagai Suku Betawi. Generasi-generasi tersebut erat kaitannya dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, terutama kisah perlawanan terhadap kolonialisme oleh penjajah Indonesia.

Berkesempatan mengunjungi Unit Pengelola Kawasan Desa Budaya Betawi (UPK PBB) yang merupakan kawasan desa Betawi yang masih terjaga kelestariannya.

Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, desa Betawi terdapat dua danau buatan, yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong.

Mengenal Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Selain dua danau indah yang tahan lama, berbagai bangunan dengan budaya Betawi yang kental seperti Rumah Adat Kebaya dan Museum Budaya Betawi juga berada di kawasan ini.

Tak hanya gedung, pertunjukan budaya Betawi seperti Lenong, Topeng, Gambang Kromong, tari, dll juga rutin digelar untuk menghibur pengunjung.

Sebuah gapura cantik menyambut pengunjung di depan Kampung Budaya Betawi. Mengunjungi situs ini gratis.

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi

Bangunan Museum Betawi berdiri kokoh di Kampung Masyarakat Betawi seluas 32 hektar, pengunjung bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang berbagai bentuk budaya Betawi di daerah tersebut.

Mengenal Dekat Budaya Betawi Di Kawasan Setu Babakan

Dua jenis pisau dipamerkan di Museum Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Pisau di sebelah kiri adalah pisau yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan pisau di sebelah kanan digunakan untuk bela diri/silat atau digunakan oleh pendekar Betawi. (Foto: /Nurul Yaqin)

BACA JUGA!!!  10 Tempat Wisata Di Hong Kong Yang Wajib Dikunjungi

Barang-barang dan pakaian tradisional Betawi dipamerkan di Museum Setu Babakan Betawi, Jakarta Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Dua topeng ondel-ondel dan dua roti buaya dipamerkan di Museum Setu Babakan Betawi, Jakarta Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Memasuki lantai dua museum, terdapat kawasan kecil Kampung Budaya Betawi Setu Babakan dan beberapa foto dokumen sejarah tentang perkembangan kawasan ini.

Spot Hidden Gems Jakarta, Liburan Anti Mainstream!

Artefak rumah Betawi dipajang di lantai dua Museum Setu Babakan Betawi, Jakarta Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Lantai tiga gedung museum dipenuhi dengan koleksi lengkap Kampung Budaya Betawi, termasuk koleksi peninggalan suku Betawi yang sudah mulai terlupakan.

Artefak Betawi lainnya dipajang di lantai tiga Museum Setu Babakan Betawi, Jakarta Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi

Kotak kado untuk berjabat tangan dengan wanita khas Betawi juga dipajang di Museum Setu Babakan Betawi, Jakarta Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Terjual Rumah Setu Babakan, 246m2(180m2), Shm, Harga 1,6 M, Kampung Betawi

Selain gedung museum, Kampung Budaya Betawi juga memiliki panggung seni yang sering digunakan untuk menggelar pertunjukan budaya Betawi.

Di sekitar panggung terdapat tempat-tempat yang unik dan menarik untuk berfoto selfie. Salah satunya adalah rumah adat Betawi, jembatan, banyak gazebo dan taman.

Untuk memasuki kawasan Setu Babakan, pengunjung akan dikenakan biaya parkir. Banyak juga penjual yang menjajakan berbagai pilihan makanan sambil menikmati jernihnya air danau buatan ini.

Museum Agung Bung Karno di Denpasar Bali dekat dengan tempat diadakannya Konvensi PDI-P ke-5. Bagaimana kabarmu?

Berburu Kuliner Betawi Di Setu Babakan (jakarta)

Selain mengikuti kegiatan yang termasuk dalam program HUT DKI Jakarta, Anda juga bisa merayakannya dengan jalan kaki. dalam 5 m. Dan di sekitarnya adalah Kota Betawi.

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan merupakan tempat yang menampilkan kekayaan budaya Betawi. Di sini, segala sesuatu yang berkaitan dengan budaya Betawi tersimpan rapi, mulai dari kesenian Betawi, rumah adat, hingga makanan khas Betawi.

Setu Babakan ditutup sementara untuk mencegah penyebaran COVID-19, namun kini Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengizinkan Setu Babakan untuk dibuka kembali.

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi

Selain Setu Babakan, ada dua tempat lain yang diperbolehkan untuk melakukan tes, yakni Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Menengok Rumah Adat Betawi Di Setu Babakan

Setu Babakan terletak di Kampung Budaya Betawi, alamat lengkapnya adalah Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jalan menuju Setu Babakan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika naik KRL atau KRL dan turun di Stasiun Lenteng Agung kemudian dilanjutkan ke angkot atau Kopaja dan turun di depan Setu Babakan.

Jam operasional Setu Babakan buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 waktu setempat. Dan kini sudah dibuka kembali, namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Setu Babakan memiliki udara yang segar dan bersih dengan angin yang relatif kencang, sehingga seperti resort di tengah udara panas Jakarta.

Resepsi Pernikahan Di Setu Babakan, Yksb: Branding Budaya Betawi

Danau ini sangat luas, dan di sekelilingnya terdapat banyak kursi dan meja yang menghadap ke danau. Sempurna untuk bersantai dan melepas lelah.

Danau Setu Babakan juga berfungsi sebagai waduk di Jakarta Selatan. Selain itu, berikut beberapa hal seru yang bisa kamu lakukan saat berada di kawasan Danau Setu Babakan:

Untuk mencoba wahana air, Anda harus membayar biaya tambahan mulai dari Rp. 7.500,- sampai dengan Rp. 10.000,- tidak terlalu mahal….

Alamat Setu Babakan Kampung Betawi

Di sebelah danau juga ada kolam terapi ikan yang bisa kamu coba secara gratis. Saat ini pengunjung yang ingin mencoba terapi ikan dibatasi 7 orang sekaligus, hanya saja waktunya hanya 10 menit.

Berita Setu Babakan Hari Ini

Sebelum memulai perawatan ikan anda harus mencuci kaki terlebih dahulu, untuk kebersihan kolam. Dan bagi tamu penderita diabetes, serta penyakit kulit lainnya, dilarang mencoba terapi ikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mancing mancing harus mencoba menangkap ikan di Setu Babakan, menyiapkan joran dan umpan dan mencoba menarik ikan-ikan yang hidup di Setu Babakan seperti nila, ikan mas dan mujaer.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari Rp. 18.000,- sampai dengan Rp. 35.000,- saja. Nikmati masakan Betawi sambil menghadap ke danau yang luas.

Di sebelah danau yang menenangkan adalah desa tradisional Betawi, di mana ada banyak wisata untuk dinikmati, termasuk:

Setu Babakan, Daya Tarik, Fastilitas, Kegiatan, Harga Tiket 2019

Wisata budaya adalah perjalanan atau kunjungan yang mempromosikan budaya Betawi. Di sini Anda bisa melihat rumah-rumah tradisional Betawi yang masih berdiri. Selain itu, Anda dapat melihat:

Selain wisata budaya, Anda dapat mengunjungi wisata pertanian yang akan memberikan pemandangan unik tentang pertanian. Di sekelilingnya ada banyak jenis pohon

Rumah betawi setu babakan, cluster setu babakan, perkampungan betawi setu babakan, kampung budaya betawi setu babakan, dodol betawi setu babakan, perkampungan budaya betawi setu babakan, alamat kampung betawi setu babakan, wisata kampung betawi setu babakan, ondel ondel setu babakan, setu babakan, kampung betawi setu babakan, kampung setu babakan

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top