Connect with us

Taman Nasional Baluran Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa

Informasi

Taman Nasional Baluran Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa

Taman Nasional Baluran Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa – Pulau Jawa merupakan salah satu pulau dengan banyak pantai yang indah dan sayang untuk tidak melihatnya. Namun, jika Anda ingin melakukan lebih banyak wisata alam, Anda dapat mengunjungi taman nasional. Taman Nasional Bluerun adalah salah satu taman nasional yang menarik di Jawa. Terletak di Banyuputih, Situbondo, Wongsorejo, dan Banyuwangi Jawa Timur (di utara), taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Baluran, sebuah gunung di wilayah tersebut.

Taman ini sering disebut Afrika Indonesia. Hal ini karena Bluerun National Park menyuguhkan pemandangan eksotis berupa sabana luas yang mirip dengan sabana Afrika. Padang Savannah di Baluran merupakan sabana terluas di pulau Jawa. Selain itu, Taman Nasional Bluerun dikelilingi oleh dua gunung, Semeru dan Ijen. Di tengah taman ini terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi.

Taman Nasional Baluran Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa

Taman Nasional Baluran Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa

Di sini Anda akan melihat kawanan rusa berlari melintasi kolam, burung merak membentangkan ekornya, kawanan kerbau, gajah, dan puluhan elang terbang mencari makanan bagi kera yang bergelantungan di pohon. Keindahan alam Afrika. Lahan seluas 25.000 hektar ini juga merupakan rumah bagi sekitar 444 spesies tanaman, beberapa di antaranya merupakan tanaman unik dan asli yang dapat beradaptasi dengan kondisi gersang.

Wisata Internasional Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur

Memasuki Taman Nasional Bluerun, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 5 km melewati hutan musim yang lebat. Pemandangan tersebut kemudian akan berubah menjadi lanskap hutan yang selalu hijau sepanjang tahun, atau lebih populer dengan sebutan evergreen. Setelah melewati hutan musim dan hutan cemara, Anda akan mencapai luas sabana sekitar 300 hektar. Inilah Savana Bekol, sabana terluas di Pulau Jawa. Sejauh mata memandang, itu adalah ladang tandus, pohon-pohon mati dan bebatuan. Jika sedang musim hujan maka pemandangan Bacol akan hijau dan suasananya akan sejuk. Selama musim kemarau, sabana yang kasar berubah menjadi warna coklat kering yang mirip dengan lanskap gurun Afrika.

Taman Nasional Balurang adalah rumah bagi 26 spesies mamalia dan 155 spesies burung. Taman ini adalah rumah bagi mamalia seperti rusa, banteng, cheetah, kucing bakau, dan kijang. Kemudian ada burung langka antara lain layang-layang api, ayam hutan merah, tuvuk (Pelican Asia), rangkong, kangkareng dan bangau tong-tong. Taman Nasional Balurang merupakan perwakilan dari lingkungan hutan kering Pulau Jawa dengan sabana, hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa, hutan rawa, hutan hijau dan hutan rawa.

Sekitar 40% dari vegetasi sabana mendominasi taman. Ada juga menara pengintai setinggi 30 meter di atas bukit di belakang Kantor Pos Bacole. Dari menara pandang ini Anda bisa melihat pemandangan indah Taman Nasional Baluraan dari ketinggian. Jika Anda menyukai fotografi, saya sarankan memulai perjalanan Anda ke Taman Nasional Bluerun pada pukul 4:00 atau 05:00 sehingga Anda dapat melihat matahari terbit yang indah melalui kabut dan pepohonan.

Gambar yang Anda ambil akan lebih menakjubkan seperti fotografi lanskap Afrika. Pantai Bama adalah tempat bagus lainnya yang bisa digunakan sebagai tempat matahari terbit. Anda dapat menikmati kawasan lindung dan hutan bakau di sekitar pantai ini. Wisatawan harus berhati-hati dan waspada di daerah ini karena ada banyak monyet berkeliaran siap untuk mengambil kamera Anda dan barang-barang lainnya. Anda bisa berkeliling Taman Nasional Bluerun dengan menyewa perahu di tepi pantai Bama.

Eksotisme Afrika Di Baluran

Anda akan mengalami menjelajahi Savannah Afrika dengan melakukan perjalanan melalui Savannah di sepanjang Taman Nasional Bluerun. Saat mendaki di sini, Anda harus berjalan kaki, bukan dengan jeep atau mobil. Jangan khawatir tentang hewan di sini, karena mereka akan lari kembali ke hutan begitu mendengar suara mobil. Maret hingga Agustus adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Blueran.

Dari Juli hingga Agustus, Anda dapat melihat rusa, monyet berburu kepiting, dan burung merak menari. Pihak penyelenggara telah menyiapkan tempat perkemahan di taman ini bagi pengunjung yang ingin berkemah. Selain itu, kamar mandi dan instalasi air saat ini juga bagus. Anda tidak diperbolehkan menyentuh, merusak, mengambil atau berburu flora dan fauna di sini. Tidak ada fasilitas memasak khusus, jadi Anda disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Jangan lupa untuk membuang kantong plastik saat berkunjung ke Taman Nasional Blueran.

Akses ke Taman Nasional Blueran sangat mudah. Orang yang datang dari luar Jawa Timur harus datang ke Surabaya terlebih dahulu. Selanjutnya Anda dapat mengambil Jalan Pantai Utara ke arah timur melalui Kota Pasruan, Kota Probolingo, Kota Situbondo dan Kota Banyuputih. Setelah sampai di Banyuputih, ambil jalan menuju desa Bilic. Lanjutkan ke desa Wongosorejo dan setengah perjalanan Anda akan berbelok ke kiri menuju pusat pengunjung.

BACA JUGA!!!  Tempat Wisata Di Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Taman Nasional Baluran Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa

Masyarakat yang datang dari wilayah timur Jawa Timur dapat menempuh jarak sekitar 47 km melalui jalur Banyuwangi – Batangan – Bekol. Ada juga rute lain 60 km dari Situbondo – Batangan. Jalan menuju destinasi wisata Taman Nasional Bluran sudah beraspal dan sangat nyaman karena merupakan jalan lintas negara yang menghubungkan Bali, Banyuwangi dan Surabaya. Sesampainya di Bacole, Anda akan melewati jalan aspal tipis sekitar 15 kilometer untuk mencapai pintu masuk Taman Nasional Bluerun. Bagi yang bepergian dengan kendaraan pribadi atau menyewa mobil, disarankan untuk menghindari sedan dan menggunakan SUV.

Pesona Africa Van Java (taman Nasional Baluran, Jawa Timur)

PT KSM Pariwisata Internasional. Menyebarkan informasi tentang pariwisata Indonesia jauh lebih penting daripada hak cipta. Liputan6.com Jakarta Baluraan adalah salah satu taman nasional di Indonesia dengan jutaan pemandangan. Terletak di Kabupaten Situbondo, taman nasional ini menawarkan berbagai tempat menarik untuk menikmati alam.

Taman Nasional Bluerun, khususnya Bakool dan Semyang yang terkenal dengan sabananya, sama eksotisnya dengan sabana Afrika. Ini disebut Sabana Bacole Afrika dari Jawa Timur.

Di taman nasional ini, Anda tidak hanya bisa melihat sabana tetapi juga berbagai jenis keindahan alam. Kunjungan ke Taman Nasional Bluerun merupakan paket lengkap untuk menikmati alam. Di taman nasional ini, Anda bisa berjalan melewati hutan yang indah, pantai yang indah dan hamparan sabana yang luas.

Di Taman Nasional Balurang, Anda bisa menikmati kehijauan hutan cemara. Memasuki Taman Nasional Balurang, Anda akan melihat pemandangan hijau hutan ini.

Wisata Baluran Padang Savana Bekol Pantai Bama Africa Jawa

Hutan cemara adalah hutan yang rindang dengan pepohonan di sepanjang jalur terowongan. Di hutan ini Anda dapat menemukan hewan liar seperti burung pegar, rusa dan monyet.

Setelah melewati hutan cemara, pengunjung akan disuguhi hamparan sabana yang luas nan eksotis. Lokasi taman nasional ini didominasi oleh Blue Rann Savannah. Hal ini membuat blueran sabana mirip dengan Afrika dan pulau Jawa.

Sabana yang masih alami ini dipenuhi rerumputan, pepohonan dan berbagai hewan liar yang hidup bebas. Beko didominasi oleh Acacia nilotica, yang berwarna hijau di musim hujan dan kuning di musim kemarau.

Taman Nasional Baluran Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa

Di Menting dan Air Kasip, Anda bisa menemukan sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Manting dan Air Kasip merupakan habitat utama macan tutul di taman wisata ini. Pengunjung yang mengunjungi titik ini harus mengikuti aturan keselamatan yang relevan.

Let’s Go Around The World!!!: Sensasi Afrika Di Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Bluerun tidak hanya menawarkan wisata alam tetapi juga wisata sejarah. Di sebelah pintu masuk Taman Nasional Bluerun adalah gua Jepang. Gua ini terletak tepat di depan Taman Nasional Baluraan.

Selain hutan dan sabana, Taman Nasional Bluerun memiliki banyak pantai yang indah. Pantai Bama adalah titik fokus Taman Nasional Blueran. Sebagai pantai yang dilindungi, Bama merupakan habitat alami kera abu-abu ekor panjang dan kawanan burung langka yang terdapat di Jawa Timur.

Keistimewaan lain dari Pantai Bama adalah sebagian lokasinya dikelilingi oleh hutan bakau. Di pantai ini, pengunjung bisa snorkeling dan menikmati hijaunya hutan bakau di dermaga.

Pantai Blooran masih merupakan bagian dari Taman Nasional Blooran. Pantai ini memiliki pasir putih bersih. Karena air di sini jernih, terumbu karang bisa terlihat dengan sangat jelas. Ada banyak pohon dan bebatuan di sekitar Pantai Balanan.

Sering Disebut Sebagai Afrikanya Indonesia, Taman Nasional Baluran Memiliki Daya…

Pantai Bilic atau Pantai Bilic Sijil merupakan salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Taman Nasional Bluerun. Pantai Bilic adalah pantai tanpa ombak. Hal ini membuat Pantai Bilic menjadi pantai yang tenang dan mempesona.

Ombak terhalang di beberapa tempat, pemandangan matahari terbenam terhalang oleh hutan bakau Gunung Baluran, dan Pantai Bilic lebih seperti laguna daripada pantai. Pulau Jawa memiliki banyak pantai yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Namun, jika ingin mencoba wisata alam lainnya, mengunjungi taman nasional bisa menjadi pilihan lain. Salah satu taman nasional yang menarik di Pulau Jawa adalah Taman Nasional Bluerun. Taman ini sering disebut Afrika Indonesia.

Taman Nasional Blur terletak di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo di Banyuwangi (di utara), Jawa Timur, Indonesia. Taman ini dibatasi oleh Selat Madura di utara dan Selat Bali di timur. Di tengah taman nasional ini terdapat Gunung Blueran yang sudah tidak aktif lagi. Selain itu, taman nasional ini dikelilingi oleh pegunungan Semeru dan Ijen.

Taman Nasional Baluran Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa

Bagi yang berada di luar Jawa Timur sebaiknya datang ke Surabaya terlebih dahulu. Di sebelah timur Surabaya, Anda dapat mengambil Jalan Pantai Utara melalui kota Pasruan, Probolingo, Situbondo dan Banyuputih. Setelah sampai di Banyuputih, ambil jalan menuju desa Bilic. Lanjutkan perjalanan anda menuju desa Wongosorejo

Bersafari Ala Afrika Di Taman Nasional Baluran Yukbanyuwangi

Website taman nasional baluran, hotel di taman nasional baluran, baluran taman nasional, peta taman nasional baluran, lokasi taman nasional baluran, taman nasional di pulau jawa, wisata taman nasional baluran, penginapan di taman nasional baluran, taman nasional baluran jawa timur, taman nasional baluran situbondo, penginapan taman nasional baluran, tiket taman nasional baluran

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top