Connect with us

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Informasi

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung – Harga Tiket Masuk Situs Patenggang: Rp25.000-Rp100.000Jam Buka: 09.00 – 17.00No Telp: 082180028888/081221618888Alamat: Patengan, Rancabali, Indonesia, Bandung, 4 Jawa Barat973, Indonesia

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang terletak di kawasan wisata alam Ciwidey, Kota Bandung, disebut juga Situ Patenggan sesuai dengan nama tempat di bawah kaki Gunung Patuha. sangat eksotis.

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Dikelilingi oleh 48 hektar perkebunan teh di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Beriklim sejuk, asri dan menyegarkan Danau seluas 45.000 hektar ini berada di cagar alam seluas 123.077 hektar, sejak tahun 1981 dikembangkan sebagai taman wisata alam.

Libur Panjang Maulid Nabi, Wisata Danau Situ Patenggang Menjadi Ramai Pengunjung

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan kawasan wisata akan dikenakan biaya tiket. Biaya masuknya sendiri tidak terlalu mahal mengingat keindahan objek wisata ini.

Objek wisata ini buka setiap hari, weekdays dan weekend. dengan jam buka dari pagi hingga sore

Situ Patenggang memiliki banyak aktivitas seru. Seperti menikmati panorama danau dan menikmati kesegaran kebun teh di sekitarnya. Wisatawan dapat berkeliling danau dengan perahu dan sepeda air berbentuk angsa.

Danau di bawah kaki Gunung Patuha memang tak pernah sepi untuk dikunjungi wisatawan. Ada sebuah legenda bahwa “Siapa pun yang menginginkan hubungan yang langgeng, datanglah ke Batu Cinta dan kunjungi Pulau Asmara. Keberadaan legenda dan legenda ini menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi wisatawan.

Danau Situ Patenggang Destinasi Wisata Keluarga Bandung Selatan

Situ Patenggang dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan pemandangan yang eksotis. Dikelilingi oleh perkebunan teh panjang yang ditumbuhi pepohonan hijau yang memberikan pemandangan yang indah.

Di pagi hari, suasana tidak ramai dan udara yang Anda hirup segar. Kabut tebal mulai hilang saat matahari bersinar seperti lukisan. Kicauan burung juga menambah keceriaan suasana di pagi hari.

Di balik danau yang luas dengan permukaan yang halus dapat melihat barisan pegunungan. Pengunjung juga dapat melihat pemandangan kota Bandung dari tempat yang sejuk ini. Pada sore hari akan terjadi kabut secara berkala disertai hujan, wisatawan harus mengenakan pakaian hangat.

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Salah satu keunikan danau ini berasal dari legenda populer yang tersimpan di baliknya. Nama tempat tersebut berasal dari kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis yang harus berpisah. Mereka berusaha menemukan satu sama lain sampai suatu hari mereka menemukan diri mereka di tempat ini.

Situ Patenggang: Rute, Jam Buka, Harga Tiket Dan Tips Wisata

Konon Patengang berasal dari kata “Patengkantenkan” yang artinya mencari orang lain. Usai pertemuan, Rengganis meminta Ki Santang untuk membangun sebuah danau dengan pulau kecil di tengahnya, yang disebut Pulau Sasuka atau lebih dikenal dengan Pulau Asmara.

Wisatawan dapat menjelajahi lebih banyak tempat di Patenggang dengan perahu di sekitar danau. Operator kapal sedang menunggu di tepi danau dengan kiriman. Perahu telah menjadi daya tarik favorit banyak wisatawan.

Di tengah danau terdapat tempat yang oleh wisatawan disebut Pulau Asmara. Dalam bahasa Sunda disebut Pulau Sasuka. Konon inilah awal mula kisah cinta Ki Santaang dan Dewi Rengganis.

Pengunjung dapat menjelajahi pulau di tengah danau dengan perahu. pulau ini tidak terlalu besar Tapi ada cukup banyak pohon peneduh untuk selebihnya.

Menikmati Panorama Alam Ciwidey Dengan Berkemah Di Tepi Situ Patenggang Halaman 3

Wisata sepeda air adalah cara lain untuk menikmati kawasan Situ Patenggang. Penyedia persewaan sepeda air mudah dijangkau dari perahu sewaan. Fasilitas kendaraan air untuk menyusuri danau tersedia dengan biaya 20 menit per panjangnya.

Dengan segala legendanya, Situ Patenggang menjadi daya tarik “romantis” bagi para wisatawan. Di pulau Asmara sendiri terdapat sebuah batu yang bernama Batu Cinta yang dipercaya berada di atas batu karang tempat pertama kali Ki Santaang dan Dewi Rengganis bertemu setelah lama berpisah.

Batu cinta adalah mitos di kalangan masyarakat dan simbol “Cinta Sejati” Dikatakan bahwa jika sepasang kekasih datang ke batu cinta Hubungan mereka akan bertahan sampai akhir hayat mereka. yang menjadi daya tarik banyak pasangan Sepasang kekasih berwisata di tempat wisata ini

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Beberapa wisatawan percaya bahwa objek wisata ini adalah laguna keberuntungan untuk mempercepat kencan. bagi yang belum punya pasangan bisa daftar dari Batu Cinta untuk mencoba legendanya.

Menikmati Senja Di Situ Patenggang Bandung

Pinggiran Situ Patenggang adalah rerumputan hijau subur yang menjadi tempat piknik para wisatawan. Wisatawan bersama keluarga dan anak-anak bisa bermain dengan nyaman. Ada juga tempat khusus untuk duduk dan menikmati ketenangan danau.

Wisatawan sering menggelar tikar dan makan di sini. Selain rekreasi, waktu kebersamaan ini kerap menjadi ajang bertukar cerita dalam suasana akrab. Pertemuan tersebut, wisatawan tak mau ketinggalan momen untuk mengabadikan dengan latar belakang keindahan alam danau.

Berada di dataran tinggi menjadikan kawasan wisata ini cocok sebagai lahan perkebunan teh. Wisatawan juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Rekan dan teman di sekitar perkebunan teh. Area di sekitar perairan danau ini menempati puluhan hektar.

Dengan lanskap hijau Oleh karena itu tempat ini merupakan lokasi foto yang menarik. Bahkan beberapa turis menjadi tempat untuk berfoto.

Situ Patenggang Bandung Dengan Pinisi Cafe & Resto Yang Hits

Situ Patenggang memiliki permukaan air yang tenang dengan kedalaman 3 hingga 4 meter, danau ini merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan seperti nila, tenggiri, dan gurami. Danau ini bisa menjadi pilihan saat bersantai bersama.

Dari lantai 4 jembatan perahu Pinisi di sepanjang Situ Patenggang, Bandung, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah dari atas.

Situ Patenggang memiliki spot perahu pinus raksasa yang cukup populer di media sosial. Banyak wisatawan yang berswafoto di atas perahu berlantai 4 ini karena tempatnya yang bagus.

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Dari balkon lantai 4 wisatawan bisa melihat pulau Asmara dengan jelas. Kawasan wisata yang luas terlihat asri dan dikelilingi oleh kebun teh. Bisa juga dilihat di kawasan Rancabali, Kabupaten Bandung, dari ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut.

Wisata Situ Patenggang Yang Mempesona

Pengembangan pembangunan tetap dilakukan oleh pengelola wisata Situ Patenggang untuk menjaga seluruh kawasan tetap bersih dan bebas dari polusi udara dan sampah. terutama limbah kimia

Hal ini termasuk meningkatkan sarana transportasi dan fasilitas wisata seperti akomodasi, tempat ibadah, restoran, toko suvenir dan tempat parkir.

Situ Patengan terletak di kecamatan Rancabali, selatan Bandung, sekitar 40 km dari kota Bandung. Jalan harus pergi ke selatan selama sekitar satu jam. Wisatawan dapat mengambil jalan ke Kopo lalu ke Soreang menuju ke Ciwidey.Tempat ini mudah diakses dari wisata lain di kawasan wisata Ciwidey.

Air Terjun Gembleng adalah salah satu tempat wisata alam di Karangasem, Bali. Air terjun ini unik karena memiliki 3 tingkat dan salah satu…

Telaga Indah Tempat Melegendakan Cinta

Harga tiket Trans Studio Bandung memang tidak murah, namun dengan kehebohan pengendara dan sanggar. Anda tidak akan kecewa ketika mengunjungi taman hiburan indoor ini, terutama…

Traveloka sebagai salah satu online travel agent terbesar di Indonesia tidak mau kehilangan kenyamanan wisatawan. Bagi yang ingin penginapan murah Pilih hotel… Situ Patenggang merupakan danau yang cukup populer di daerah Jawa Barat. Dikelilingi pemandangan alam yang rimbun Adanya perkebunan teh di dataran yang mengelilingi danau Destinasi wisata ini sejuk dan cocok untuk tujuan liburan anda.

Selain pemandangan danau yang indah juga terdapat cerita mitos yang menjadi cerita mitos yang dipercaya masyarakat sekitar.

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Ada juga restoran besar bertema perahu bernama Pinisi Cafe & Resto yang menjadi spot favorit para pecinta selfie dan fotografi, sama seperti lokasi Gedong Pass Semarang. Pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan fasilitas yang ada.

Situ Patenggang Ciwidey Bandung, Danau Ditengah Lautan Kebun Teh!

Sejarah Situ Patenggang awalnya hanya cagar alam, kemudian pada tahun 1981 disulap menjadi taman wisata alam nasional.

Asal usul nama Situ Patenggang berasal dari kata Sunda “situ” yang berarti “danau” dan “pateangan-teangan” yang berarti mencari yang lain. arti arti

Ini adalah kisah cinta mitologis antara Putra Prabhu dan putri titisan dewi yang tumbuh bersama alam, Ki Sangtang dan Devi Rengganis.

Keduanya sudah lama berpisah. dan mereka saling mencari karena cinta mereka yang dalam hingga akhirnya mereka di takdirkan untuk bertemu kembali di tempat yang disebut hari ini

Patenggang Lake, Ciwidey

Dewi Rengganis ingin membangun sebuah danau dan perahu untuk berlayar bersama Ki Santang, kapal ini menjadi simbol cintanya. Dan akhirnya, kapal ini berubah menjadi pulau berbentuk hati bernama Pulau Asmara/Pulau Sasaka.

Karena legenda ini di kalangan pengembang Bagi yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, konon cinta mereka akan abadi seperti legenda ini.

Situs Situ Patenggang berada di kaki Gunung Patuha dan berada pada ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kota Kec, tepatnya Rangcabali, dengan Kota Bandung, Jawa Barat. tidak jauh dari perkebunan teh Ciwalini yang luas.

Tempat Wisata Situ Patenggang Bandung

Luas danau sekitar 45.000 hektar dan cagar alam sekitar 123.077 15 hektar.Tempat wisata danau ini sering dikunjungi wisatawan setelah mengunjungi Kawah Putih Ciwidey yang hanya berjarak 7 km atau 10-15 km.menit .

Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Glamping Lakeside Rancabali Bandung

Petunjuk menuju tempat ini cukup mudah dan Anda bisa mengambil rute lain dari Jakarta atau Bandung. Akses jalan menuju tempat ini juga cukup baik dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dari kota Bandung menuju tempat tersebut sekitar 48,3 km atau sekitar 1 jam 25 menit, tergantung kecepatan mobil. sedangkan jarak dari Jakarta ke tempat tersebut sekitar 203 km atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam 5 menit.

Jika anda sampai ke tempat ini dengan kendaraan umum : anda bisa menggunakan angkutan umum / jalur bus utama di Leuwi Panjang Bandung, kemudian anda bisa naik minibus ke Leuwi Panjang Ciwidey, kemudian naik angkutan umum ke Situ.

Biaya masuk tempat ini cukup murah. Pengunjung harus membayar Rp 20.000 -/orang Berlaku pada akhir pekan dan hari kerja.

Tiket Masuk Glamping Lakeside 2022, Wahana & Penginapan

Selain menikmati makanan khas Bandung dan Sunda di tempat-tempat romantis dan unik seperti Desa Daun, kamu juga bisa mencoba suasana baru.

Villa situ patenggang, glamping situ patenggang, hotel situ patenggang, tempat wisata situ patenggang, penginapan dekat situ patenggang, wisata situ patenggang, hotel dekat situ patenggang, penginapan di situ patenggang, hotel di situ patenggang, situ patenggang camping, penginapan situ patenggang, wisata situ patenggang bandung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top