Connect with us

Tempat Wisata Di Padang Bukittinggi

Informasi

Tempat Wisata Di Padang Bukittinggi

Tempat Wisata Di Padang Bukittinggi – Wisata Bukittinggi tidak bisa dipandang sebelah mata. Keindahan alam yang masih alami, serta keramahan penduduknya membuat kota ini layak disandingkan dengan pulau Jawa. Bukittinggi juga populer di kalangan wisatawan asing sebagai tujuan utama selain Bali. Berikut daftar tempat wisata terbaru

Jika Jakarta memiliki monumen nasional, Yogyakarta memiliki monumen sedangkan Bukittinggi memiliki jam gadang. Ya, jam gadang adalah simbol kota di Sumatera Barat ini. Berdiri di kawasan Taman Sabai Nan Aluih atau di depan Istana Bung Hatta, jam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka berjalan mengelilingi taman mengagumi jam raksasa berukuran 13 x 4 meter yang megah. Untuk menjamin kenyamanan pengunjung, pemerintah setempat telah melengkapi taman di sekitar Jam Gadang dengan bangku-bangku beton.

Tempat Wisata Di Padang Bukittinggi

Tempat Wisata Di Padang Bukittinggi

Dibangun pada masa penjajahan Jepang, bunker ini akan membuat wisata sejarah Anda semakin lengkap. Lubang tersebut memiliki panjang 1.470 meter, terletak 40 meter di bawah Ngarai Sianok. Keistimewaan dari lubang ini adalah memiliki 21 terowongan. Di dalamnya Anda akan menemukan 21 terowongan yang pada zaman dahulu digunakan untuk tempat tinggal, penyimpanan amunisi, ruang pertemuan, dapur, ruang penyergapan, ruang tahanan dan ruang penyiksaan. Pada titik ini, Anda akan merasakan betapa kerasnya perjuangan para pahlawan kita di bawah tekanan Jepang.

Berikut Nama Daerah Di Indonesia Yang Sering Tertukar Dan Disalahpahami, Bukittinggi Ternyata Bukan Di Padang

Sesuai dengan namanya, artinya “bukit tertutup”, bukit ini terletak di punggung bukit yang curam dan membelah sungai yang airnya jernih menjadi dua jalur. Belum lagi keberadaan Puncak Singlung yang membuat tempat ini terlihat seperti pulau terpencil lainnya. Konon situs tersebut tercipta akibat gempa besar yang melanda Sumatera Barat hingga membuat patahan yang membentang di sepanjang pulau Sumatera. Menginap di tempat ini akan menenangkan hati Anda sambil menikmati gemericik air sungai yang jernih. Apalagi jika Anda duduk dan menikmati kopi di kafe-kafe terkenal di tempat ini.

Akibat gempa, di Bukittinggi juga terbentuk Lembah Ngarai Sianok. Lembah ini membentang dari Koto Gadang, sebuah desa di selatan, hingga Enam Suku Sianok, sebuah desa di utara. Ngarai yang panjangnya sekitar 15 km ini sangat dalam dan mencapai 100 m, dengan lebar sekitar 200 m. Banyak wisatawan menyebut tempat ini sebagai Lembah Tenang karena memiliki suasana yang tenang dan damai. Tempat yang sangat cocok untuk anda sebagai tempat bersantai.

Ingin merasakan pengalaman mengunjungi Tembok Besar China? Jangan khawatir, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, karena di Bukittinggi pun Anda bisa melihatnya, tembok besar dengan anak tangga yang sangat panjang. Banyak anak tangga yang terbentuk, itulah sebabnya orang menyebutnya Zanjang Saribu atau anak tangga seribu. Anda akan mengalami keduanya menaiki tangga dan naik ke atas. Terletak di kawasan Koto Gadang, tembok ini membentang di sepanjang Ngarai Sianok.

Peninggalan kolonial lainnya yang memiliki nilai seni tinggi dan dijadikan sebagai objek wisata di Bukittinggi adalah Benteng Fort de Kock. Benteng ini konon dibangun oleh tentara Belanda untuk bertahan hidup saat diserang oleh orang-orang Minangkabau. Benteng ini berjarak sekitar 1 km dari pusat kota, sehingga mudah dijangkau. Benteng seperti ini tidak hanya berdiri di Jalan Tuanku Nan Renseh Canal tetapi juga di Batusangkar. Karena pada masa Perang Pastoral tahun 1821-1837 kedua daerah ini yang paling sulit ditaklukkan oleh Belanda.

Tempat Wisata Di Padang Untuk Liburan Long Weekend

Untuk mencapai Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dari Fort de Kock, Anda harus melewati jembatan. Sepintas, jembatan ini, dilihat dari bawah, tidak memiliki ciri khusus. Hanya saja saat Anda melewatinya, adrenalin Anda akan terpacu. Jembatan kuning dan merah ini bergetar atau bahkan bergoyang saat Anda menginjaknya. Inilah sebabnya mengapa banyak yang ingin benar-benar mengalaminya. Tak hanya itu, pemandangan di sekitar jembatan pun sangat menarik dan memanjakan mata.

Setelah melintasi Jembatan Limpapeh Anda akan sampai di sebuah taman. Seperti namanya, taman ini tidak hanya menawarkan banyak koleksi hewan tetapi juga budaya lokal. Salah satu hewan yang hanya akan Anda lihat setelah menyeberangi jembatan adalah cincin gajah. Setelah itu, Anda juga akan menemukan rumah adat Banjuang yang menyimpan berbagai bentuk budaya Minangkabau.

Rumah tradisional di taman margasatwa ini benar-benar luar biasa. Bentuknya masih sangat tradisional dengan paviliun di kanan dan kiri, memberikan setiap pengunjung nuansa daerah yang tinggi. Tidak hanya itu, atapnya yang terbuat dari ijuk serta dinding kayu atau bambu dan lantai kayu menambah kesan tradisional. Tempat ini tidak hanya mengoleksi berbagai benda sejarah dan budaya negeri Minang, tetapi juga melestarikan beberapa hewan dengan kondisi aneh seperti kerbau berkepala dua, kambing bermata dua dan kerbau berkaki delapan. Ada sekitar sembilan kamar di rumah ini.

BACA JUGA!!!  Tiket Terusan World Of Wonder Citra Raya

Tempat Wisata Di Padang Bukittinggi

Siapa yang tidak kenal dengan wakil presiden pertama Indonesia, Bung Hatta? Ternyata orang yang berjasa besar bagi kemerdekaan bangsa ini berasal dari Bukittinggi. Di sini dia adalah orang kaya dengan negara yang sangat besar. Untuk menghormati dan merayakan jasanya, rumah tempat kelahiran Bung Hatta ini kini menjadi museum untuk dikunjungi. Pengelolaan museum seluas 1.000 m2 ini ditangani langsung oleh Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Bukittinggi.

One Day Tour & Transfer Padang

Dikelilingi oleh pohon pinus dan palem, bangunan ini sangat sejuk dan asri. Halamannya yang luas dan hijau menarik semua orang untuk berkunjung ke sini. Sayangnya gedung ini memiliki pagar. Meski terlihat sangat rendah dan telanjang, seseorang tidak diperbolehkan masuk jauh ke dalam bangunan istana. Seorang penjaga akan berlari untuk menghentikan Anda masuk. Namun, suasana di luar tembok cukup mengejutkan Anda dan membuat Anda merasa nyaman.

Anda tidak bisa masuk ke istana Bung Hatta, tidak masalah. Karena Anda masih bisa menikmati taman di sebelah istana. Dibangun di lereng bukit yang rendah, taman ini sangat rindang dan sejuk. Di puncak bukit dibangun patung Bung Hatta dengan kepala sedikit menunduk dan tersenyum ringan. Sementara itu, salah satu tangannya terangkat untuk menyambut setiap tamu yang datang. Patung ini dibangun untuk mengenang semua jasanya.

Tidak jauh dari menara jam, taman ini menawarkan keindahan alam Ngarai Sianok, tempat Gua Lubang Jepang berada. Tempat ini sangat rindang karena banyak tumbuh pohon peneduh. Bahkan, di beberapa tempat terdapat gazebo bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak setelah berjalan-jalan di taman sambil menikmati suasana damai di tempat tersebut. Tak hanya itu, gardu pandang juga telah dibangun bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana tempat ini dari atas. Bagi yang ingin mendapatkan oleh-oleh dari Bukittinggi, seperti kaos atau lukisan, bisa ke bagian belakang taman ini.

Saat berada di Taman Panorama, Anda dapat melihat sekilas pesawat yang berada tidak jauh dari Taman Panorama. Tri Daya ini adalah Museum Dharma, merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi militer, seperti seragam militer, berbagai jenis senapan, granat, meriam, amunisi, pemancar. Tidak boleh dilupakan bahwa berbagai foto revolusioner juga telah ditempatkan di tempat ini. Untuk lebih melengkapi koleksi museum, juga ditampilkan berbagai senjata tradisional yang digunakan untuk melawan penjajah saat itu, seperti badik, pisau, ruduh, tanduk, dan pedang.

Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Sumatra Yang Wajib Dikunjungi

Di belakang taman seluas satu hektar ini, Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Dengan konsep ruang hijau, taman ini sengaja ditujukan untuk wisatawan yang ingin menikmati lingkungan yang teduh dan sejuk tanpa repot kendaraan bermotor. Tempat ini memiliki berbagai fasilitas seperti trotoar, taman bermain untuk anak-anak, panggung pertunjukan, tempat-tempat menarik untuk selfie. Di lokasi yang berada tepat di depan Sianok Ghat, Anda bisa berfoto-foto dengan jembatan penyeberangan di tepi ngarai. Cukup menguji adrenalin Anda, namun jangan khawatir karena catwalk ini terbuat dari rangka besi yang kuat. Jadi kamu pasti akan berfoto selfie di tempat ini.

Seperti namanya, Zanjang Ampek Pulua adalah anak tangga yang terdiri dari empat puluh anak tangga. Ya, yang unik dari tempat ini adalah Anda harus menaiki empat puluh anak tangga untuk mencapai pasar atas. Ini ekstrim, karena lantai tangga merah tua sangat tinggi. Apalagi jika sedang hujan. Air hujan dari bazar akan langsung membasahi lantai anak tangga dan membuatnya licin. Anda harus berhati-hati saat melewatinya.

Bagi Anda yang menyukai pemandangan air terjun, di Bukittinggi juga ada satu yang bernama Air Terjun Lembah Anai. Tidak hanya pemandangan air yang jatuh dari atas membuat tempat wisata ini sangat populer di kalangan masyarakat tetapi juga pemandangan alam di sekitarnya yang menjadi ciri khas pegunungan. Apalagi air terjun ini sangat mudah dijangkau. Seseorang bisa menikmati pemandangan tempat ini selama berjam-jam mencoba menyatu dengan alam hingga pikiran terasa rileks kembali.

Tempat Wisata Di Padang Bukittinggi

Danau ini terletak di atas cekungan Singkarak-Solok. Danau yang memiliki kedalaman hingga 268 meter ini sebenarnya hanya digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air di Singarak dan diakses melalui terowongan air sepanjang 19 km menuju Bukit Barisan. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini kemudian dijadikan sebagai tempat wisata di Bukittinggi. Salah satu tempat menarik di danau ini adalah berkelok 44, yaitu

Sebelum 2022, Inilah 5 Wisata Di Sumbar Yang Wajib Kamu Datangi

Hotel di padang hijau bukittinggi, tempat wisata di bukittinggi padang, tempat wisata terbaru di bukittinggi, tempat wisata di padang dan bukittinggi, paket wisata padang bukittinggi, tempat wisata di bukittinggi, tempat wisata bukittinggi padang, wisata padang bukittinggi, hotel terbaik di bukittinggi padang, wisata ke padang bukittinggi, hotel di bukittinggi padang, wisata di bukittinggi padang

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top