Connect with us

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali

Informasi

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali – Kisah Perjalanan Dema Pengalaman Keluarga My Two Cents Our Kids Tips Parenting Naik Pesawat Travel Travel Tips Travel

Menurut saya salah satu kegiatan yang paling saya rindukan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini adalah traveling. Bukan? Hei, bersabarlah. Ya, “Bersabarlah” adalah ungkapan yang sering saya ucapkan kepada anak ketika mengeluh bosan di rumah. Selain itu, kami sebenarnya punya rencana untuk jalan-jalan ke satu atau dua kota lain, sebelum anak-anak masuk sekolah tahun ini. Eh, semua batal karena Corona. Nah, untuk menjawab nostalgia anak-anak akan traveling, kali ini saya khusus menulis artikel tentang pengalaman anak pertama kali naik pesawat terbang. Mau share juga tentang apa saja yang harus dipersiapkan orang tua saat pertama kali membawa anaknya naik pesawat?

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali

Ya, bagi sebagian anak yang baru pertama kali naik pesawat pasti heboh bukan? Saya sendiri lengket dan deg-degan saat pertama kali naik pesawat. Saya ingat (samar-samar) pertama kali orang tua saya membawa saya ke bandara dan saya naik pesawat. Saat itu saya berumur lima tahun, saya dan keluarga pergi ke Bali untuk menghadiri reuni keluarga yang diselenggarakan oleh perusahaan tempat ayah saya bekerja.

Panduan Check In Penerbangan Domestik Di Bandara Soekarno Hatta Saat Pandemi Halaman All

Kesan pertama saat naik pesawat adalah dia sangat senang. Haha, ya, benar, anak usia lima tahun mana yang tidak suka melihat langit begitu dekat dari jendela pesawat? Lalu kenapa makanan dan minuman di pesawat terasa enak selama itu? (Kalau gak salah, waktu itu aku di Merpati dan masih dapat makan gratis 😀).

Kembali ke pengalaman anak pertama kali naik pesawat, sebelum saya menulis ini lebih jauh, pertama saya ingin memberi tahu bahwa yang saya maksud di sini dengan “anak-anak” bukanlah bayi, tidak apa-apa teman-teman. Maksud saya anak-anak yang lebih tua. Soalnya saya mau share pengalaman anak saya Dema (yang saat itu umurnya sudah lebih dari 4 tahun) saat pertama kali naik pesawat. Kalau soal pengalaman menggendong bayi di pesawat, mungkin suatu saat akan saya tulis artikel tersendiri ya? 😀

Berbeda dengan kakaknya Si Maxy yang sudah terbang sejak bayi, Dema adalah salah satu yang butuh waktu lama untuk naik pesawat haha. Setelah Dema lahir, kami jarang pergi ke rumah kakek dan neneknya, baik di Surabaya maupun Banjarbaru, Kalimantan.

Maklum, tiket pesawat belakangan ini, sebelum pandemi, pasokannya sedikit. Lumiyin juga kalau berempat pulang ke kalimantan PP nya bisa sekitar 10 juta hehe. Selain itu, kakek dan neneknya, ketika Dema masih bayi, juga cukup sering datang ke Jakarta untuk mengunjungi kami. Kebetulan waktu itu adik dan ipar saya masih kuliah di Bogor dan Depok, jadi orang tua saya pergi ke Jakarta untuk menjenguk adik-adiknya.

Apakah Pasien Patah Tulang Layak Untuk Naik Pesawat?

Nah, tahun lalu, alhamdulillah, kami mendapat kiriman mudik gratis dari sebuah perusahaan swasta. Ceritanya ada di sini (klik saja). Karena untuk datang dan pergi kami tidak mengeluarkan uang untuk transportasi, jadi untuk kembali kami memutuskan untuk naik pesawat. Juga, agar perjalanan memakan waktu sedikit lebih lama. Naik pesawat lebih menghemat waktu. Jadi, pulang bisa berubah seperti ini.

Ketika mereka mengatakan kepadanya bahwa dia akan pulang dengan pesawat, Dema sangat senang. Selain karena ini akan menjadi pengalaman terbang pertamanya, juga karena selalu “bertengkar” dengan kakaknya, kakaknya membuat Dema tertawa dengan berkata, “Dema belum pernah naik pesawat kan?”

Aku deg-degan banget, karena mereka bilang aku baru pertama kali naik pesawat, Dema malah bolak-balik 😀.

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali

Akhirnya, 8 Juni 2019 tiba, hari dimana Dema pertama kali naik pesawat. Hanya penerbangan dari Surabaya ke Jakarta.

Tips Naik Pesawat Khusus Peserta Pmm

Naik halte bus bandara menuju pesawat yang akan membawa kita ke Jakarta. Bagaimana rasanya terbang pertama kali (versi Dema)?

Kemudian waktu tunggu di bandara bagus. Alasannya, “Karena ada mainan.” Haha, berkat bandara yang punya tempat bermain untuk anak-anak, jadi mereka bisa “diam” di beberapa titik, bukan lari 😀 😛 .

Tanpa ragu, Dema menjawab: “Naik pesawat.” Hahaha semoga setelah pandemi berlalu, tiket pesawat bisa stabil… 😛

Tapi, aku tidak yakin kamu cukup menikmati penerbangan pertamamu, lha wong. Separuh perjalanan dihabiskan untuk tidur, hehe.. Ya demam ya pas di mobil agak oleng terus dingin sama AC biasanya langsung tidur 😀 😛.

Tata Cara Naik Pesawat Buat Pemula, Biar Tak Muter Muter Di Bandara

Terus berbagi tips yaa. Apa yang harus kita persiapkan, sebelum membawa anak kita naik pesawat untuk pertama kali?

Sebenernya tergantung si anak juga sih ya? Jadi, saya mengelompokkan anak-anak yang baru saja terbang menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari anak-anak seperti Dema yang senang dengan pengalaman terbang pertamanya, sedangkan kelompok kedua terdiri dari anak-anak yang mungkin takut terbang.

Kalau anak kalian kayak Dema, yang paling ribut menceritakan suasana di pesawat, gimana pas take off, gimana pas landing. Jadi apa yang harus Anda lakukan saat terbang? Tentunya jika memungkinkan, aturan di dalam pesawat juga menyatakan bahwa anak-anak tidak boleh melakukan aktivitas yang dapat mengganggu penumpang lainnya. Intinya adalah menyuarakan keseruan di dalam pesawat agar anak-anak bisa menikmati penerbangannya.

BACA JUGA!!!  Penginapan Sekitar Makam Bung Karno Blitar

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali

Jadi jika anak Anda berada di kelompok kedua, biasanya selain bersuara tentang betapa serunya pengalaman terbang di pesawat, Anda juga harus memberi tahu mereka seperti apa kondisi di pesawat, seperti:

Tata Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali

“Kalau kita naik pesawat, berarti kita akan terbang, sangat tinggi. Tapi tidak perlu khawatir menabrak pesawat dengan teknologi canggih. Lagi pula, kamu bisa melihat langit dari jendela kan?

Sebaiknya pilih tempat duduk yang membuat anak nyaman saat berada di pesawat. Bisa di dekat jendela agar si kecil bisa melihat langit atau cahaya dari jendela pesawat. Bisa juga di dekat toilet, untuk memudahkan anak saat ingin buang air kecil/pup. Juga jika pakaian Anda secara tidak sengaja kotor dengan makanan / minuman yang terkontaminasi mungkin. Jika dekat dengan toilet, pakaian anak mudah dibersihkan. Saran saya, pilih duduk di belakang.

Namun, bepergian dengan pesawat memang melelahkan. Meski penerbangan bisa memakan waktu satu atau dua jam, kemungkinan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke bandara atau bahkan menunggu waktu penerbangan cukup lama. Apalagi jika terbang dalam penerbangan yang jauh, anak bisa cepat lelah dan sedikit mudah tersinggung. Pastikan anak cukup istirahat sebelum terbang.

Karena di dalam pesawat tentu sangat dingin, sebaiknya kenakan pakaian yang agak tebal untuk anak-anak, tapi juga tidak terlalu ribet. Anda bisa mengenakan jaket atau sweater yang mudah dilepas. Usahakan juga untuk membawa baju ganti.

Tips Cara Naik Pesawat Dengan Aplikasi Pedulilindungi Halaman 1

Jangan lupa pisahkan obat-obatan untuk anak dalam tas khusus yang bisa dibawa ke dalam kabin. Bagi saya, saya harus meminyaki tirai anak-anak. Ibu-ibu lain sering membawa obat anti mual, kayaknya.

Meski ada orang yang menjual makanan di dalam pesawat, tidak masalah jika Anda membawa bekal sendiri. Anda dapat membawa roti atau makanan ringan atau susu UHT yang disukai anak Anda. Tujuannya agar anak lebih menikmati perjalanan.

Selain persiapan di atas, jangan lupakan satu hal: orang tua harus tetap tenang dan tidak memandang anak terbang sebagai beban. Anak-anak itu pintar, jika Anda memberi tahu mereka apa yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika mereka naik pesawat, mereka juga akan memahaminya.

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali

Ingat, kunci ketenangan si kecil ada pada orang tuanya. Jangan khawatir membawa anak Anda naik pesawat, nikmati saja momennya. Pastikan saja kita sudah menelepon, Insya Allah anak-anak akan baik-baik saja selama mereka mengudara.

Panduan Lengkap: Tata Cara Naik Pesawat Pertama Kali

Oh iya, usahakan jangan terlalu dekat dengan bandara ya? Agar anak-anak dapat menikmati bandara sebentar dan kami menunjukkan kepada anak-anak pesawat lain dan memberi tahu mereka betapa menyenangkannya terbang. Agar kita dan anak kita juga bisa bersantai sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat.

Nah itu tadi guys pengalaman Dema pertama kali naik pesawat, dan juga beberapa tips atau catatan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan saat anak pertama kali naik pesawat.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa mengajak anak-anak kita berpergian dengan pesawat lagi. Mari banyak berdoa bersama 🙂. Cara naik pesawat bagi pemula bisa jadi membingungkan karena prosedurnya sangat berbeda dengan moda transportasi lainnya. Namun, setelah Anda melakukannya sekali, itu tidak akan terlalu sulit dan sulit lagi.

Meski terkesan rumit dan memiliki prosedur yang cukup ketat, aturan boarding diterapkan agar penumpang nyaman dan aman selama menjalani pengalaman terbang bersama pesawat. Karena banyak hal kecil yang berakibat fatal jika dikaitkan dengan keselamatan penerbangan.

Pertama Kali Naik Pesawat? Yuk, Ketahui Istilah Istilah Penting Penerbangan Ini

Berikut cara naik pesawat bagi pemula sebagai panduan bagi pengguna pemula, diambil dari buku Travel Info for Beginners, Alta Pridi (2021):

Untuk naik pesawat, setiap penumpang harus memiliki identitas yang masih berlaku yang dapat dibuktikan, seperti KTP asli atau SIM perjalanan domestik. Jika Anda ingin bepergian ke luar negeri, Anda memerlukan paspor dan visa untuk negara yang Anda kunjungi.

Selain itu, wajib membawa hanya tiket pesawat kertas atau e-tiket di perangkat. Selama pandemi Covid-19, mohon sertakan juga bukti bahwa Anda telah divaksinasi atau surat negatif Covid-19.

Tutorial Naik Pesawat Pertama Kali

Ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat, seperti makanan berbau menyengat, korek api, rokok elektrik, dan benda tajam, termasuk senjata. Selain itu, banyak juga maskapai penerbangan yang melarang membawa makanan dan minuman tertentu. Oleh karena itu, harus diperhitungkan sebelum Anda berangkat, agar tidak disingkirkan oleh petugas bandara. Terakhir, jangan membawa terlalu banyak barang jika tidak ingin kelebihan bagasi dan biaya yang membengkak.

Balasan Dari Mari Ketahui Cara Naik Pesawat Untuk Pertama Kali

Waktu keberangkatan yang tertera di tiket adalah waktu keberangkatan pesawat, jadi Anda harus tiba minimal 2 jam sebelum waktu tersebut untuk mengikuti prosedur di bandara dengan aman. Apalagi jika Anda akan pergi ke luar negeri, akan ada dokumen tambahan di bagian imigrasi untuk membuatnya lebih lama lagi. Jadi datanglah setidaknya 3 jam sebelumnya.

Setibanya di bandara, akan ada petugas yang memeriksa bukti vaksinasi atau surat negatif PCR. Setelah Anda disetujui untuk masuk, silakan check in di loket maskapai terkait dan tunjukkan identitas Anda serta tiket yang telah disiapkan. Bagasi akan ditimbang

Pengalaman naik pesawat pertama kali, cara pertama kali naik pesawat, tips naik pesawat pertama kali, tata cara naik pesawat pertama kali, cara naik pesawat lion air pertama kali, rasanya naik pesawat pertama kali, langkah naik pesawat pertama kali, pertama kali naik pesawat sendiri, pertama kali naik pesawat, cara naik pesawat batik air pertama kali, cara naik pesawat untuk pertama kali, panduan naik pesawat pertama kali

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top