Connect with us

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Informasi

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung – Kita mau tidak mau menganggap cedera sebagai cedera atau kerusakan pada bagian tubuh tertentu, baik itu disebabkan oleh alas kaki, gesekan, luka di luar tubuh kita, atau oleh proses kimiawi seperti infeksi. Cedera, luka atau penyakit bisa terjadi dimana saja, baik kita beraktivitas di ruang tertutup, apalagi aktivitas yang dilakukan di ruang terbuka.

Selain kebugaran jasmani yang serius, kita juga tidak boleh mengesampingkan risiko yang akan kita hadapi akibat aktivitas tersebut, terutama kecelakaan di luar rumah. Namun, kegiatan tersebut membawa banyak risiko seperti cedera, penyakit kimia, dll. Dengan sedikit pemahaman tentang risiko yang akan kita hadapi, kita harus siap, dan yang lebih penting, kita menjaga diri kita sendiri.

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Saat mendaki gunung, tidak semua pendaki mempersiapkan perlengkapan pendakiannya dengan sebaik mungkin, terutama kotak P3K. Mereka lebih mengandalkan orang lain karena mereka percaya bahwa teman perjalanan mereka akan membawa kotak P3K yang mereka butuhkan. Seperti kata pepatah “ketidakbahagiaan tidak dapat disangkal, kesuksesan tidak dapat dicapai”, yang dapat menghindari kegagalan dan selalu bahagia.

Alat Wajib Pendaki Gunung

Kondisi kecelakaan saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat mendaki gunung, jauh dari rumah, jauh dari pemukiman. Siapa yang bisa membantu kita, tidak ada yang bereaksi seperti orang-orang di sekitar saat itu. Kedua, karena banyaknya laporan kecelakaan atau penyakit di gunung yang bisa dilihat di media.

Kotak P3K (Pertolongan Pertama dalam Kecelakaan) sederhana dan tidak layak dibawa, tetapi banyak yang melakukannya. Tidak peduli sekeren apapun peralatan yang Anda bawa saat mendaki gunung atau kemampuan fisik Anda yang luar biasa di lapangan, bisa berbanding terbalik jika karena kecelakaan, kondisi alam yang sewaktu-waktu bisa berubah atau keadaan lainnya. yang menghalangi kami untuk bekerja secara optimal secara fisik untuk mengatasi medan yang sulit.

Jika kita tidak membawa kotak P3K jika terjadi cedera atau sakit, apa yang akan kita lakukan atau misalnya orang yang sakit adalah pendaki gunung, dan orang yang bepergian bersama juga tidak membawa kotak P3K. Seringkali, peralatan, obat-obatan, dan bantuan diminta dari orang-orang di luar pendaki gunung. Meski begitu, jika mereka juga siap, apa yang kita cari dan apa yang kita butuhkan juga ada, kita hanya mengingatkan semua orang atau cermin agar kita semua lebih menekankan pada kotak P3K sebelum keluar dan selalu bercermin pada diri kita sendiri. .

Beban P3K saat mendaki memang tidak seberat barang bawaan pribadi kita, namun nyatanya masih sering terlupa atau terlupakan. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, kita akan bingung bagaimana menghadapinya. Berikut barang-barang yang perlu dibawa atau dipersiapkan sebelum melakukan pendakian, antara lain:

Barang Yang Harus Dibawa Saat Muncak Gunung

Ini adalah alat dan perbekalan pertolongan pertama yang harus Anda bawa saat mendaki. Ringan, tidak memakan banyak ruang, tetapi kita membutuhkannya kapan saja dan kita yakin itu akan berguna untuk diri kita sendiri dan untuk individu dan kelompok di sekitar kita. Alam tidak bisa dilawan, takdir tidak bisa diraih, tapi setidaknya kita memiliki persiapan yang cukup untuk memitigasi kemungkinan terburuk dalam setiap aktivitas outdoor terutama mendaki gunung. Namun mendaki gunung juga membutuhkan peralatan yang terampil untuk bertahan hidup. Pemasangan lampu packing sangat penting agar tidak membawa seisi rumah saat mendaki bukit. Saat pertama kali mendaki ke Gunung Prau, saya meminjam beberapa peralatan mendaki dari seorang teman. Saya pikir, saya hanya sesekali mendaki gunung, jadi saya pinjam saja.

Setelah menuruni bukit dari pendakian pertama saya, saya ketagihan untuk kembali mendaki bukit. Akhirnya, saya membeli perlengkapan gunung dengan mencicil dan hanya ingin membawa barang-barang yang penting saja agar tidak terlalu berat. Katanya kalau kita membawa tidak lebih dari 30% dari berat badan kita. Jadi, inilah hal-hal yang saya bawa dalam perjalanan berdasarkan pengalaman saya;

Ransel sederhana hanya akan lebih menyakitkan. Gunakan dudukan yang pas dengan tubuh Anda dan memiliki sistem aliran udara terbalik untuk pendakian yang lebih nyaman. Carrier juga dilengkapi dengan tali agar mudah dibawa dan saku kecil di samping.Saya biasanya menggunakan kantong kecil ini untuk coklat atau makanan ringan sehingga mudah untuk diambil saat saya membutuhkan tambahan. Tas gendongan biasanya memiliki rain cover yang dapat melindungi tas dari hujan, lumpur, kotoran dan debu.

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Itu satu paket yang tidak bisa dipisahkan seperti kamu dan dia, karena saling melengkapi dan menghangatkan satu sama lain Sleeping bag yang saya punya juga sangat ringan, beratnya hanya 500 gram. Merknya adalah Makalu Outdoor Alps Dream 700. Matras panjat yang biasa digunakan adalah matras rubber roll dan matras aluminium. Saya biasanya menggunakan alas aluminium untuk lebih menghemat ruang di tas saya. Lebih enak lagi kalau ada kasur anginnya, karena tentunya bisa tidur lebih nyenyak. Namun harga kasur angin cukup mahal, namun bentuknya lebih lentur dan ringan.

Cara Packing Carrier Yang Praktis, Pendaki Pemula Wajib Tahu, Nih!

Cuaca di pegunungan tidak stabil. Itu sebabnya kita harus siap menghadapi situasi apa pun. Benda ini wajib kita bawa untuk mendaki pada musim kemarau atau hujan, jika tidak ingin menyusahkan diri sendiri dan orang lain. Tidak terbayangkan jika saat hiking turun hujan dan semua perlengkapan Anda basah? Saya selalu membawa jas hujan serbaguna yang sangat ringan. Nama mereknya adalah Dhaulagiri Waterproof Poncho 3 in 1 yang dapat digunakan sebagai tikar, bivak dan ponco. Jangan lupa untuk membawa item ini saat melakukan serangan puncak karena kamu mungkin membutuhkannya.

BACA JUGA!!!  Villa Dekat Dago Dream Park

Pakaian untuk mendaki gunung memenuhi tujuannya, meski modelnya tidak banyak. Kenakan pakaian yang tepat, bukan pakaian yang salah!

Kita tidak bisa memakai jeans dan kaos biasa saat mendaki gunung. Jeans membatasi ruang kaki. Terutama modelnya

Apa pun yang terlihat keras tidak disarankan karena dapat membuat selangkangan lecet dan membuat pembersihan menjadi sulit dan bahkan lebih kering jika basah. Gunakan celana parasut atau cargo yang biasanya lebih ringan,

Benda Wajib Dibawa Saat Ke Bromo Halaman 1

Pertama kali saya mendaki gunung, saya menggunakan kaos yang sederhana, jadi ketika saya tiba di tempat perkemahan, saya berkeringat dingin, dan pakaiannya sangat basah, sulit untuk dikeringkan, sehingga memberatkan saya. tas. Jadi, sangat penting untuk memakai dan membawa pakaian dryfit yang ringan dan cepat kering.. Kalau tidak, memakai pakaian basah bisa menyebabkan hipotermia karena masuk angin.

Selain itu, saya selalu membawa dua jenis jaket ringan yang bisa dilipat kecil-kecil. Pertama, jaket parasut tahan angin dan tahan air untuk pendakian pagi atau sore jika cuaca dingin dan berangin. Kedua, jaket Ultra Light down, yang digunakan pada malam hari atau pada suhu yang lebih hangat.

Pertama kali mendaki gunung, saya bahkan tidak membawa senter apalagi headlamp. Saya pikir saya bisa menggunakan senter ponsel saya, dan saya salah! Itu benar-benar membebani saya dan membuat saya kehilangan fokus saat berjalan. Senter sangat penting, bisa digunakan sebagai lampu tenda atau lampu tambahan. Bawalah senter LED, biasanya ukurannya lebih kecil namun cahaya yang dihasilkannya lebih terang dan lebar. Sementara itu, headlamp membuat berjalan lebih mudah saat pendakian malam hari atau serangan puncak. Jangan lupa membawa baterai cadangan yang sesuai dengan ukuran senter Anda.

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Saya tidak membawa tiang trekking untuk pendakian pertama saya. Mungkin karena keterbatasan pengalaman (dan budget). Awalnya saya tidak berpikir ini akan menjadi sangat penting. Akhirnya saya membeli tongkat bambu seharga Rp 5000 di jalan setapak Prau lewat Patak Banteng di pos 2. Ternyata benda ini sangat membantu saya menjaga keseimbangan dan kecepatan mendaki selama mendaki dan mendukung saya dalam persiapan pendakian. Selain itu, trekking pole juga bisa digunakan sebagai penguat tenda agar tidak terbang jauh saat terjadi badai. Saya menggunakan trekking pole lipat seperti ini; Tiang trekking lipat. Sumber: IG @8rothers_adv. 7. Botol air dan peralatan makan

Makanan Siap Makan Yang Wajib Dibawa Kalau Naik Gunung

Air adalah elemen yang sangat penting saat mendaki. Saya menggunakan botol minuman lipat yang terbuat dari karet untuk digunakan kembali. Saya mengurangi jumlah sampah botol plastik dengan membawa minuman seperti ini. Saat mendaki gunung, minumlah air yang cukup untuk mengisi kembali cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tempatkan botol air di tempat yang mudah dijangkau. Saya biasanya menggantung botol air saya di bagian depan menggunakan karabiner. Anda juga bisa menggunakan kantung air untuk memudahkan minum dari selang.

Memasak bersama saat mendaki gunung merupakan momen yang menyenangkan, namun tentunya kita tidak lupa untuk membawa perlengkapan sendiri seperti melipat piring atau alat makan, gelas dan alat olah raga. Alat makan lipat seperti ini pasti menghemat tempat di tas Anda.

Pengemasan ringan bukan berarti mengabaikan pertimbangan kesehatan dan kebersihan. Situasi di gunung tidak jelas. Oleh karena itu, kita harus selalu memiliki pertolongan pertama dan obat-obatan pribadi seperti; hansaplast, betadine, tahan angin, minyak kayu putih, dll. Di tas kecil lainnya saya juga menaruh beberapa perlengkapan mandi kecil seperti; sikat gigi, deodoran, handuk kecil, pembalut, tabir surya, waslap, dan semprotan pembersih tangan.

Tas ini bisa menjadi tas punggung atau tas pinggang yang digunakan untuk membawa barang-barang penting seperti handphone, dompet, kamera atau perlengkapan penting lainnya. Tas kecil juga digunakan selama serangan puncak. Selain itu, jangan lupa membawa obat-obatan dan baterai cadangan. Lebih baik membawa tas sendiri saat bos menyerang, karena teman bisa berada di belakang atau di depan, jadi kamu tidak bisa hanya mengandalkan temanmu untuk membawa logistik di tas teman itu, bukan?

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Sebelum Mendaki Gunung

Benda kecil ini memiliki banyak kegunaan. Saya memiliki setidaknya 3 karabiner di tas saya. Karabiner ini dapat digunakan untuk memudahkan Anda membawa barang-barang seperti air, tempat sampah, sepatu dan barang lainnya yang mungkin tidak muat di dalam tas Anda.

Peralatan lain yang digunakan dengan grup, mis. tenda, sarang dan bahan logistik dapat dibagi oleh anggota kelompok. Jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa membeli makanan di base camp atau menyewa porter untuk mendirikan tenda. Setelah menulis posting ini, saya bersemangat untuk bersiap-siap untuk cahaya paket berikutnya. Bagaimana dengan mendaki gunung? Apa pendapatmu jika seorang teman mengajakmu mendaki?

Barang yang dibawa saat mendaki, barang yang perlu dibawa saat mendaki, perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki gunung, logistik yang harus dibawa saat mendaki gunung, peralatan mendaki yang wajib dibawa, yang wajib dibawa saat mendaki, barang yang wajib dibawa saat mendaki, barang yang harus dibawa saat mendaki, alat yang perlu dibawa saat mendaki gunung, makanan yang wajib dibawa saat mendaki, perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung, peralatan yang wajib dibawa saat mendaki gunung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top