Connect with us

Kelingking Beach

kelingking beach

Wisata Bali

Kelingking Beach

Pantai selalu menarik untuk dikunjungi, apalagi di musim panas seperti ini. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi ialah Kelingking Beach. Keindahannya sungguh mengagumkan dan terus mampu membuat setiap mulut berdecak kagum.

Wajar jika pantai ini juga masuk ke dalam Traveler’s Choice Awards pada tahun 2019. Cocok sekali dijadikan tujuan plesiran untuk menghilangkan penat, setelah melakukan banyak aktivitas di kantor ibukota.

kelingking beach

Foto Instgaram: @stassemenov13

Lokasi

Pantai yang penamaannya karena mirip dengan kelingking ini bisa dijumpai di Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Tepatnya, pantai ini terletak di tebing dengan perbukitan tinggi memanjang serta menjorok ke bagian laut, persis seperti kelingking.

Pada bagian sisi baratnya, terdapat pantai yang berpasir dan sangat bisa dijangkau dengan cara berjalan kaki. Letaknya akan sangat bagus dan cantik. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan segala momen terbaik di tempat wisata tersebut.

 Spot Wisata

Walaupun mempunyai medan yang ekstrem, namun Kelingking Beach juga memiliki daya tarik yang sanggup memikat hati para pelancong. Beberapa deskripsi daya tarik yang dimiliki oleh pantai indah di kawasan Bali ini di antaranya:

1. Pemandangan Cantik Cap T-Rex

Pantai ini mempunyai daya tarik berupa spot pemandangan terbaik. Tepatnya di atas tebing Cap der T-Rex. Nantinya di atas tebing tersebut, pengunjung bisa melihat pemandangan berupa garis pantai yang begitu jelas dan mengagumkan. Bentuknya persis kepada T-Rex salah satu jenis dinosaurus masa purba.

Bentuk kepala tersebut menganga seakan-akan siap memakan mangsa. Saking indahnya, wajar saja jika spot ini menjadi salah satu dari daftar kegiatan liburan menarik di Nusa Penida. Belum lagi sensasi mendebarkan ketika naik ke tebing benar-benar terasa menguji adrenalin.

2. Bermain di Tepi Pantai

Menyusuri bibir pantai tentu akan membawa pengunjung kepada pengalaman yang luar biasa indahnya. Namun, harus tetap berhati-hati jika ingin ke bibir pantai dengan menuruni tebing karena terlalu curam sehingga tidak mudah dilakukan. Jika tidak, maka bisa menyebabkan kecelakaan hingga meninggal.

Di samping itu, tidak disarankan untuk berenang di lautan. Hal tersebut karena ombaknya begitu besar dan sangat tidak cocok untuk aktivitas berenang. Alih-alih demikian, jauh lebih baik untuk sekedar bermain di bibir pantai saja.

3. Berfoto di Sekitaran Area Pantai

Kelingking Beach Nusa Penida memang menyuguhkan pemandangan yang begitu indah. Jarang sekali ditemukan pemandangan serupa di tempat lain. Untuk itu, wajib sekali berfoto di sekitaran area pantai menakjubkan ini. Beberapa spot foto yang bisa dicoba pengunjung di antaranya:

  • Anak Tangga Bukit Kelingking

Tepatnya sebelum menuruni anak tangga, pengunjung dapat menemukan lantai yang terbuat dari beton dan bisa digunakan untuk tempat duduk. Spot ini begitu populer dan banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan untuk mengambil foto.

  • Turunan Jalan Setapak

Selain bagian anak tangga, pengunjung juga bisa berfoto  di bagian turunan jalan setapak yang dibatasi dengan dahan kayu serta bambu. Nantinya pengunjung bisa berfoto di tempat tersebut dengan latar belakang bukit T-Rex.

4. Merilekskan Tubuh

Karena udara di area wisata sangatlah sejuk dan asri, maka pengunjung bisa sekaligus merilekskan tubuh. Terlebih setelah lelah melakukan serangkaian aktivitas di kantoran, seperti halnya di perkotaan selama sepekan penuh.

Cobalah singgah sejenak ke tempat ini untuk menghirup udara baru dan menyegarkan pikiran. Bila perlu bawa serta kerabat untuk berlibur bersama. Pastikan berlibur di saat musim kemarau. Jangan di musim hujan, karena tebing bisa bertambah licin.

5. Pohon Cinta

Di sekitaran tempat wisata ini juga terdapat sebuah pohon bernama Pohon Cinta. Penamaan pohon ini bermula dari pasangan yang tengah melakukan foto prewedding di pohon tersebut, kemudian banyak yang melakukan kegiatan tersebut di pohon serupa.

Pohon ini kini hanya tersisa bagian batang dan ranting saja. Akan tetapi, tetap saja populer untuk dijadikan objek foto. Saat berfoto di tempat ini, maka pengunjung dapat memperoleh gambar latar belakang berupa laut lepas dan langit biru.

6. Diving dengan Manta

Berwisata di tempat ini bisa memberikan pengalaman luar biasa bagi setiap pengunjung. Salah satunya adalah dengan melakukan diving bersama para manta. Tentu hal ini cukup berbeda karena biasanya ketika melakukan diving, justru penyelam akan lebih banyak melihat terumbu karang bukannya satwa laut.

Namun, di Kelingking Beach banyak menyuguhkan satwa laut terutama ikan pari manta. Wajar jika tempat ini sangat ramai oleh penyelam layaknya di Crystal Bay Beach. Maka dari itu, pandai-pandailah dalam mengatur posisi menyelam sehingga tidak akan mengganggu wisatawan lainnya.

Fasilitas

Ada begitu banyak fasilitas yang dapat dinikmati di tempat wisata Kelingking Beach ini. Pastinya beberapa fasilitas yang disebutkan berikut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para wisatawan yang sedang berlibur ke destinasi pantai menarik di Nusa Penida tersebut.

1. Area Parkir

Bagi yang membawa kendaraan sendiri, maka tidak usah khawatir. Di sekitaran tempat wisata juga tersedia area parkir cukup luas sehingga mampu menampung banyak kendaraan yang tiba. Biaya akomodasi parkirnya juga sangat terjangkau yakni mulai dari Rp. 5.000,00 saja.

2. Warung Makan

Di sekitaran lokasi ada sejumlah warung makan yang menjajakan banyak makanan ringan, minuman, dan sejumlah makanan Indonesia lainnya. Jadi, pengunjung tidak usah lagi repot membawa makanan sendiri dari rumah ataupun tempat bermalam.

3. Toilet Umum

Di sekitaran destinasi plesiran ternama Nusa Penida ini juga terdapat banyak toilet umum yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan. Hanya saja pengunjung perlu membayar tarif toilet mulai dari Rp.5.000,00. Jangan cemas, toilet umum yang tersedia terbilang relatif bersih dan terawat.

4. Penginapan

Penginapan sebenarnya bukan menjadi bagian fasilitas dari Kelingking Beach. Hanya saja bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitaran tempat wisata tersebut, maka bisa menginap di beberapa hotel. Beberapa rekomendasi penginapan yang ada di sekitaran pantai tersebut di antaranya:

Nama Penginapan Harga
Sentulan Garden Villa Rp. 341.000,00
The Tamban Jukung Rp. 234.000,00
Temeleng Jungle Inn Rp. 234.000,00
Agasta Villa Rp. 254.150,00
Kubu Reot Taman Asri Rp. 291.000,00
Broken Beach Villa Rp. 389.000,00
Puri Yalus Bungalow Rp. 292.500,00
Waterfall Inn Rp. 250.000,00
Artha Sebuluh Garden Rp. 200.000,00
The Ocean Sunset Villas Rp. 256.586,00

Tiket Masuk

Bagi yang ingin berkunjung kemari, maka setidaknya perlu menyiapkan dana untuk kebutuhan tiket masuk. Harga tiket masuk ke objek wisata Pantai Kelingking berkisar mulai dari Rp. 10.000,00 saja untuk wisatawan lokal. Namun, untuk wisatawan mancanegara perlu menyiapkan dana lebih banyak.

Setidaknya untuk wisatawan luar negeri bisa menyiapkan biaya tiket masuk mencapai Rp. 25.000,00. Biaya tersebut juga sama dengan biaya tiket masuk sejumlah pantai terdekat lainnya seperti Broken Beach, Angel Billabong, Diamond Beach, Atuh Beach, hingga Rumah Pohon Nusa Penida.

Kelingking Beach memang dapat menyuguhkan pemandangan berbeda bagi para wisatawan. Bukan hanya pemandangan atas laut saja, melainkan juga pemandangan bawah laut. Cocok sekali bagi pecinta satwa laut yang senang melakukan penyelaman.  Rute ke pantai ini juga sangat mudah diakses.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Wisata di Bali

Penulis Artikel

To Top