Connect with us
pantai lovina

Wisata Bali

Pantai Lovina

Pantai Lovina: Lokasi, Aktivitas, Fasilitas, Tiket Masuk, dan Sejarah

Jika mencari liburan yang benar-benar berbeda dari suasana semarak Kuta atau Seminyak di Bali Selatan, maka Anda mungkin bisa pergi ke Bali utara, tepatnya di Pantai Lovina. Lovina beach adalah alternatif yang bagus selain Legian, Kuta, atau Seminyak yang sangat populer.

Lovina Beach mempunyai ombak yang lebih tenang, dengan pasir warna hitamnya yang tenang dan pemandangan kehidupan malam yang asyik. Terletak sekitar 9 km dari Singaraja, Ibu Kota Kabupaten Buleleng, Lovina yang menghadap ke laut Bali adalah definisi sempurna dari wisata pantai .

pantai lovina

Foto instagram: @annajasminl

Lokasi

Anda yang mungkin sedang mencari ketenangan dan kehidupan yang santai, Lovina adalah persinggahan nyaman. Di mana lagi Anda bisa mendapatkan tempat nyaman selama di Bali selain Pantai Lovina.

Kawasan ini bisa masuk di daftar wisata Bali yang perlu Anda kunjungi. Kawasan Lovina sendiri membentang sepanjang 8 km dan melewati berbagai wilayah di Bali.

Jika Anda bertanya daerah mana Lovina berada, pada dasarnya, kawasan wisata ini ada sebuah desa bernama Kalibukbuk yang letaknya masih berada di wilayah Kecamatan Buleleng.

Anda yang ingin sekali datang ke Pantai Lovina, sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Ada banyak persewaan motor atau mobil yang tersedia di Bali, sebab jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka itu akan memakan waktu yang lama dan cukup rumit pula akomodasinya.

Apabila Anda datang dari arah Kuta, maka perjalanan akan memakan waktu 3 jam tergantung lalu lintas di jalan raya. Dari Kuta, Anda akan melewati tempat-tempat seperti Bedugul dan dapat mengambil rute melalui Munduk untuk bisa menyaksikan pemandangan indah di kawasan ini.

Dari Munduk, Anda bisa lurus saja menuju ke Jl. Pemuda dan belok kiri ke Jl. Binaria dan kawasan Lovina Beach ini bisa Anda lihat lebih dekat.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai

Salah satu hal yang membuat Pantai Lovina berbeda dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Bali adalah warna pasirnya. Jika kebanyakan warna pasir pantai di Bali adalah putih, maka Lovina mempunyai warna pantai hitam dan abu-abu.

Warna yang berbeda ini karena memang pasir di kawasan Lovina merupakan hasil fenomena vulkanik. Selain pasirnya, tentu ada banyak sekali aktivitas dan daya tarik dari pantai ini yang sayang sekali jika Anda lewatkan, apa saja itu?

1. Diving

Pantai Lovina Bali ini dikaruniai kehidupan bawah laut yang terbilang luar biasa indah. Anda yang suka sekali dengan kehidupan bawah laut bisa untuk diving di pantai ini. Jika beruntung, mungkin Anda bisa menyaksikan lumba-lumba di kawasan pantai ini.

Diving dan snorkeling di Lovina merupakan aktivitas yang sayang sekali untuk dilewatkan. Ada banyak sekali jasa penyedia pakaian diving dan snorkeling yang bisa disewa jika mau.

3. Keliling Pantai dengan Naik Sepeda

Pantai Lovina adalah tempat  dengan daerah yang datar dan cocok sekali untuk berkendara sepeda sambil berkeliling pantai. Dengan garis pantai hingga 8 km, berkeliling dengan sepeda tidak akan terasa. Di pantai ini, tersedia sepeda untuk disewa dengan harga sekitar 30.000 rupiah per hari.

3. Olahraga Air

Di Pantai Lovina Anda juga bisa melakukan beberapa olahraga air seperti surfing dan sailing boat. Sailing boat adalah perahu yang menggunakan layar dengan mengandalkan kekuatan angin untuk bisa bertahan di atas laut.

Sailing adalah olahraga yang memacu adrenalin, banyak wisatawan dari segala usia dan semua lapisan masyarakat yang menikmati kegiatan ini ketika berkunjung ke Lovina.

4. Menyaksikan Sunset

Lovina adalah tempat yang paling tepat untuk bisa menyaksikan matahari terbenam di atas air. Anda bisa datang ke Lovina saat sore hari dan menikmati kesunyian sambil melihat matahari terbenam dengan indah dari pinggir pantai.

5. Hunting Foto

Kalau memang suka sekali berburu foto, maka Anda bisa persiapkan perlengkapan kamera untuk hunting foto indah di pantai ini. Kebanyakan fotografer mengunjungi Lovina karena ingin memburu gambar lumba-lumba.

Sepanjang tahun, kecuali selama periode Tahun Baru Imlek, kira-kira dari Februari hingga April, lumba-lumba biasanya banyak bermunculan di pantai ini. Selama tidak ada angin dan hujan deras, maka biasanya lumba-lumba akan muncul di pantai ini.

Selain itu, Anda bisa melakukan beberapa tour menarik ke tempat-tempat menakjubkan lainnya yang ada di sekitar tempat ini. Ada beberapa kawasan menarik di sekitar Lovina seperti air terjun Sing Sing atau Air Panas Banjar yang hanya berjarak sekitar 20 menit saja.

Fasilitas

Lovina merupakan kawasan pantai yang sudah dikelola baik oleh pemerintah pusat, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir mengenai fasilitas. Bisa dibilang, ada banyak sekali fasilitas yang tersedia di Lovina. Berikut daftarnya:

1. Kamar Mandi

Tidak lengkap rasanya jika di sebuah kawasan wisata tidak ada yang namanya kamar mandi. Di Lovina, pengelola menyediakan banyak sekali kamar mandi yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan.

2. Parkir Luas

Lovina mempunyai kawasan parkir yang sangat luas dan cukup untuk menampung berbagai jenis kendaraan, mulai dari roda dua hingga enam. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari tempat parkir jika datang ke kawasan Lovina.

3. Spa

Jika Anda sudah lelah berkeliling di Lovina, Anda bisa menikmati pijat murah, pedikur, atau manikur di salah satu spa dekat Lovina. Ada banyak sekali spa yang bisa Anda jumpai di Pantai Lovina ini.

4. Toko Souvenir

Anda dapat menemukan banyak pasar seni, pasar loka, butik, dan toko souvenir di Lovina. Menariknya, Pasar Lokal Lovina adalah salah satu tempat bagus dan recommended untuk membeli buah segar.

5. Rumah Makan

Apakah Anda lapar setelah selesai menjelajahi pantai? Tenang saja, di kawasan Lovina ada banyak tempat makan yang bisa Anda pilih di sepanjang pantai.

Tiket Masuk

Tiket Masuk Gratis
Parkir motor Rp. 2.000
Parkir mobil Rp. 5.000
Parkir bus Rp. 10.000

Sejarah

Pada awal tahun 1950-an raja terakhir Buleleng Bali Utara, bernama Anak Agung Pandji Tisna, mengunjungi kawasan pantai yang berada di sebelah barat Singaraja. Pandji Tisna sangat terkesan ketika melihat keindahan kawasan pantai ini.

Ia kemudian memutuskan untuk membangun tempat bersantai di pantai ini dan berniat mengunjungi kembali kawasan tersebut secara rutin. Ia berpikir bahwasannya memiliki tempat tinggal yang dekat dengan pantai pasti akan sangat menyenangkan.

Raja tidak harus melakukan perjalanan panjang untuk tetap bisa menikmati pantai karena ada tempat untuk bermalam. Hingga kemudian  ia mendirikan sebuah rumah dengan restoran. Di rumah tersebut ada tiga kamar yang sengaja disediakan sebagai tempat para tamu menginap.

Sampai akhirnya Raja Pandji Tisna menyebut rumah singgahnya dengan sebutan Lovina dan pantai ini juga dinamakan Lovina. Rumah singgahnya dibuka pada tahun 1953 dan dengan dibukanya rumah singgahnya ini, maka bangunan tersebut menjadi yang pertama di Lovina.

Sampai kemudian kawasan Pantai Lovina Singaraja ini mulai dibangun berbagai rumah singgah, penginapan, kafe, dan restoran.

Bagi wisatawan yang mungkin kebingungan mencari tempat wisata di Bali yang sekiranya asyik namun menenangkan, Pantai Lovina adalah salah satu yang perlu sekali untuk dikunjungi. Keindahannya dijamin akan membuat siapapun terpesona.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Wisata di Bali

Penulis Artikel

To Top