Connect with us

Wisata Bali

Gunung Batur

Gunung Batur, Wisata Penuh Tantangan di Bali

Apakah Anda suka sekali melakukan perjalanan wisata yang menantang? Jika ya, maka Anda bisa mengunjungi wisata Gunung Batur. Sebagai salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di Bali, banyak sekali orang yang ingin datang untuk menikmati keindahan kaldera di gunung ini.

Jika Anda sedang liburan ke Bali, sudah menjadi keharusan untuk mengunjungi Gunung Batur dengan pemandangan indahnya. Wisata ini menawarkan sudut pandang Bali yang berbeda dengan dataran tinggi lainnya. Seperti apa sih keindahan dari wisata Batur ini?

Lokasi

Penasaran Gunung Batur di mana? Gunung ini ada di Kota Batur, Kecamatan Kintamani atau terletak di Kabupaten Bangli.

@royjeksonp

Beberapa orang mungkin hanya tahu bahwa Bali populer dengan kehidupan pantainya dari banyaknya  peselancar yang datang setiap tahun untuk mencari ombak yang bagus di pantai ini.

Tapi, jika Anda bosan sekali dengan wisata bertema pantai, cobalah untuk menyaksikan keindahan Gunung Api Batur.

Trek Gunung Api Batur di Kintamani adalah salah satu pengalaman hiking paling populer dan epik yang dapat Anda lakukan jika berwisata di Pulau Bali. Pengalaman wisata di gunung ini akan memberi Anda banyak sekali kesan yang pasti sulit dilupakan.

Apalagi menaklukkan gunung ini juga tidak terlalu sulit. Anda bisa dibantu oleh pemandu yang akan membawa Anda menaklukkan gunung berapi aktif ini. Gunung Batur sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.700 meter saja.

Trekking dan menyaksikan matahari terbit dari Gunung Batur Kintamani merupakan aktivitas yang sangat populer di sini. Dari atas Gunung Api Batur, Anda dapat melihat pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Nah, untuk bisa menjelajahi gunung berapi Bali ini, Anda bisa datang ke kawasan Kintamani yang ada di Kabupaten Bangli. Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk berkendara dari Kuta, Canggu, dan Sanur, atau sekitar 1,5 jam berkendara jika Anda datang dari Ubud.

Wisata Dan Kegiatan Menarik

Bali adalah miniatur surga Indonesia yang unik dan Gunung Api Batur menawarkan pemandangan matahari terbit paling spektakuler. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika datang ke wisata Gunung Api Purba Batur:

1. Berburu Sunrise

Siapapun yang sudah berkunjung ke Gunung Api Batur pasti mengakui bahwa menyaksikan matahari terbit di puncak Gunung Api Batur adalah pengalaman terbaik di Bali. Dengan memakan waktu hanya 2 jam dari basecamp ke puncak, trekking di gunung ini tidak akan terasa melelahkan.

Orang-orang biasanya berangkat pada tengah malam dan mulai trekking pada pukul 03.00 dengan perkiraan tiba pada pukul 05.30-06.00. Matahari terbit biasanya akan mulai terbit pukul 06.00 pagi. Jika Anda kelelahan di atas puncak, akan ada toko kecil yang didirikan oleh penduduk lokal.

Banyak yang menjual segelas kopi dan teh panas di puncak dan Anda bisa melihat matahari terbit sambil menyeruput kopi panas dari atas gunung. Banyak travel agent yang juga menyediakan paket tour pendakian termasuk sarapan pagi di puncak jika Anda ingin lebih fleksibel.

2. Road Trip

Apabila Anda tidak menyukai trekking namun ingin sekali menikmati pemandangan Gunung Api Batur, maka melakukan road trip bisa menjadi pilihan. Kawasan wisata Batur juga menyediakan jalur untuk road trip.

Ada baiknya jika Anda tinggal di penginapan terdekat, sehingga lebih mudah untuk mempersiapkan touring mini ini.  Bawalah pakaian yang tebal sebab Batur Mount berada di kawasan dataran tinggi, sehingga cuaca di kaki gunung ini sangat berangin dan segar.

Anda yang tidak memiliki sepeda motor atau mobil, tenang saja! Ada banyak persewaan motor dengan biaya sewa 60.000 / 24 jam dan mobil sekitar Rp 650.000 – Rp 750.000 sudah termasuk sopir dan bensin.

BACA JUGA!!!  Festival Layang-Layang Bali

3. Makan Siang dengan View Gunung Batur

Makan siang ditemani dengan pemandangan gunung berapi Batur bisa menjadi aktivitas wisata yang sangat menyenangkan. Ada banyak sekali restoran di jalan utama kawasan gunung ini. Semua tempat makan memiliki pemandangan Gunung Api Batur yang sempurna dan makanannya juga enak.

Hampir semua makanan yang dijual adalah makanan khas  Indonesia. Ada baiknya jika Anda bisa makan siang di tempat makan sebelum naik ke atas puncak.

4. Menikmati Kolam Air Panas

Di gunung berapi Batur, ada sebuah pemandian Air Panas Toya Devasya yang cukup menarik untuk Anda kunjungi, karena letaknya masih satu lokasi dengan Gunung Batur. Waktu terbaik untuk ke kolam ini adalah sekitar pukul 09.00 – 11.00 karena langit masih biru dan kabut belum turun.

Wisata pemandian ini memiliki 2 kolam standar dan satu kolam air panas. Anda bisa mandi dengan ditemani pemandangan indah Gunung Api Batur. Untuk bisa menikmati pemandian Air Panas Toya Devasya, Anda perlu membayar tiket Rp  75.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000 untuk wisatawan asing.

5. Melihat Lava Hitam

Gunung Batur meletus beberapa kali dan hasil letusan tidak hanya melepaskan batuan beku tetapi juga menciptakan pemandangan lahar hitam yang luar biasa indah. Banyak wisatawan mengagumi pemandangan dan jalan setapak di gunung ini.

Bekas letusan memiliki tempat untuk melakukan banyak aktivitas menarik seperti bersepeda dan petualangan ekstrim lainnya.

Pemandangan indah ini juga digunakan sebagai spot untuk foto pre wedding.  Bagi fotografer dan pecinta alam, fitur menarik di Batur ini sangat cocok untuk aktivitas mereka.

Fasilitas

Gunung Api Batur bersama dengan Danau Batur adalah tempat yang bagus untuk mengambil gambar pemandangan Bali yang indah.

Jika ingin mendaki gunung berapi agar bisa berada di puncak saat matahari terbit, Anda perlu datang saat jam 2 pagi. Biasanya petugas wisata menyediakan tur grup yang terdiri dari 8-12 orang. Beberapa fasilitas yang ada di wisata Gunung Api Purba Batur sendiri adalah:

  1.     Pemandu
  2.     Penginapan
  3.     Rumah makan

Tiket Masuk

Gunung Batur adalah mata air elemen magma fluida yang terlihat di dalam dua kaldera konsentris di barat laut Gunung Agung, Bali. Sisi tenggara kaldera gunung ini adalah 10 × 13 km yang berisi Danau Kaldera.

Berapa mdpl Gunung Api Batur ini? Jadi, ketinggian gunung api Bali ini adalah 1.717 meter. Siapapun bisa mendaki ke gunung ini selama fisiknya sehat. Untuk bisa mendaki di Gunung Batur, Anda perlu membayar tiket masuk Rp 75.000 per satu orang.

Sementara untuk Anda yang hendak melakukan pendakian dengan menggunakan jasa pemandu wisata, maka Anda perlu membayar jasa guide sekitar Rp 300.000 hingga Rp 550.000 per satu kali trip.

Tips Mendaki

  1.     Bawa sampah Anda dan jangan membuang sampah sembarangan.
  2.     Dilarang menyerang apapun yang Anda lewati dan jangan merusak alam.
  3.     Dianjurkan untuk berolahraga seminggu sebelum pendakian. Meski gunung tidak terlalu tinggi, namun rutenya cukup menantang bagi pendaki pemula.
  4.     Perhitungkan waktu pendakian. Jika tidak membawa tenda, Anda bisa mendaki beberapa jam sebelum matahari terbit.
  5.     Bawalah barang secukupnya karena gunung tidak terlalu tinggi.
  6.     Gunakan sepatu gunung atau sandal agar tidak mudah terpeleset.
  7.     Gunakan layanan pemandu jika belum pernah mendaki sebelumnya demi keamanan.

Bagi pendaki pemula, Gunung Batur merupakan destinasi trekking yang ideal. Dari atas gunung, Anda bisa menyaksikan menawarkan pemandangan Kaldera dan Danau Batur yang sangat indah apalagi ketika matahari terbit.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

To Top