Connect with us

Wisata Bali

Pasar Badung

Pasar Badung, Tempat untuk Berburu Segala Macam Barang

Melakukan perjalanan wisata tanpa berburu souvenir lokal tidaklah lengkap rasanya. Jika Anda berwisata di Bali, maka Pasar Badung adalah tempat yang tepat untuk berburu souvenir. Kawasan pasar ini dipenuhi dengan kios kerajinan tangan.

Di pasar ini, Anda bisa membeli berbagai macam pakaian tradisional dan baju trendi juga. Jika lapar, ada berbagai kedai makanan Anda dengan masakan lokal yang bisa dicoba. Saat datang ke pasar ini, pastikan Anda menggunakan keterampilan tawar-menawar untuk dapatkan harga paling rendah.

Lokasi

Banyak orang di seluruh dunia yang suka berbelanja. Tak heran jika berbelanja selalu menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat liburan. Berbelanja barang-barang unik dan original dari tempat berlibur selalu menjadi hal yang menarik untuk dilakukan.

Di antara banyak pasar di Bali, Pasar Tradisional Badung bisa dikatakan paling bagus karena orang bisa menemukan apa saja yang mereka inginkan.

Pasar ini sebenarnya dikenal dengan nama Kumbarasari oleh masyarakat sekitar. Pasar ini selalu ramai setiap hari dan tidak pernah satu hari pun pasar ini terlihat sepi. Tidak hanya wisatawan, masyarakat Bali juga datang kesini untuk membeli apapun untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasar ini berlokasi di kawasan Dangin Puri Kangin atau tepatnya di Jl. Sulawesi No.1, Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat. Pasar Tradisional Badung dikelilingi oleh pertokoan di sepanjang jalan.

Pasar tradisional ini berada tepat di sebelah pura desa yang merupakan salah satu dari tiga pura terbesar di Denpasar. Awalnya Pasar Tradisional Badung memang tidak sebesar sekarang. Pemerintah telah melakukan modifikasi dan menyesuaikan pasar dengan kebutuhan dan perkembangan kota.

Pasar Tradisional Badung semakin memperkuat identitasnya sebagai pusat perekonomian Denpasar karena hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Sebagai salah satu dari pusat ekonominya kota Denpasar, maka tidak heran jika Pasar Tradisional Badung ini memainkan peran kunci dalam mempromosikan kerajinan lokal penduduk Bali.

@mahendraaditama

Alasan Mengunjungi Pasar Badung

Indonesia merupakan salah satu negara terkenal yang menyediakan banyak sekali tempat berburu souvenir menarik, termasuk Pasar Badung yang terletak di Bali.

Jika Anda berencana untuk berlibur dalam waktu dekat dan sedang mencari destinasi tempat menyediakan barang-barang tradisional khas Bali, maka pasar tradisional Badung bisa menjadi referensi yang tepat untuk dikunjungi.

Pasar Badung Bali sendiri berbeda dengan pasar tradisional biasa lainnya yang ada di Bali. Bahkan, pasar ini dikategorikan sebagai pasar tradisional terbesar yang pernah ada di Bali.

Setiap produk yang tersedia di Pasar Badung Denpasar masih asli, tradisional, dan unik. Berbelanja di pasar ini tidak akan terasa membosankan sama sekali. Berikut adalah alasan yang membuat Pasar Tradisional Badung menjadi spot favorit untuk berbelanja:

1. Harga Terjangkau

Semua harga produk dan souvenir yang ada di pasar ini sangat terjangkau dan murah. Kalau ditanya jual apa saja, wah yang jelas ada banyak sekali produk yang tersedia di pasar.

Tidak heran, sekalipun di Bali ini ada banyak sekali pusat perbelanjaan seperti mall, namun Pasar Tradisional Badung adalah pilihan yang banyak sekali dikunjungi wisatawan karena memang menawarkan barang dengan harga yang murah.

2. Produk Tradisional Asli Bali

Anda yang ingin sekali membeli oleh-oleh khas Bali untuk keluarga, teman, atau kerabat setelah kembali berlibur di Bali, maka Pasar Tradisional Badung akan menyediakan apa saja yang Anda butuhkan. Semua oleh-oleh di pasar ini dibuat dengan asli dan sempurna.

BACA JUGA!!!  Pantai Sanur

Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Bali yang tersedia di pasar ini dengan kualitas yang baik namun ditawarkan dengan harga cukup terjangkau. Tentunya, semua produk adalah buatan sendiri sehingga dijamin kualitasnya.

Anda juga bisa membeli pakaian khas Bali di sini. Cukup jelajahi setiap lantai pasar untuk melihat pasar lebih dekat dan melakukan interaksi dengan penjual alias tawar menawar.

3. Belanja Kain

Jika ingin lebih mendalami tekstil dan baju atau baju batik atau baju adat Bali beserta aksesorisnya seperti sarung dan hiasan kepala, jangan khawatir.

Di sepanjang Jalan Sulawesi atau di sebelah Pasar Badung adalah kompleks ruko tekstil. Anda bisa memilih sendiri kain tekstil yang dijual dengan harga terbaik.

4. Beli Bahan Makanan

Selain membeli souvenir, Anda juga bisa kok membeli produk segar untuk kebutuhan sehari-hari di pasar ini. Segala sesuatu mulai dari buah dan sayuran hingga daging, ikan, dan rempah-rempah dijual di pasar ini.

Ada banyak bahan makanan yang bisa Anda buru di Pasar Badung murah. Belanja souvenir, pakaian hingga bahan makanan, semua tersedia di pasar ini.

5. Lokasi Strategis

Pasar Tradisional Badung adalah yang terbesar di Bali dan terletak di dekat jantung kota. Bisa dibilang keberadaan pasar ini sangat strategis, sehingga mudah dijangkau dari arah mana saja.

Akomodasi untuk menuju ke pasar juga sangat mudah. Bagi masyarakat yang tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi, maka ada tidak perlu khawatir sebab ada banyak akomodasi umum yang bisa Anda dimanfaatkan.

6. Ada Jasa yang Membantu Banyak Bawa Barang

Apakah Anda berbelanja terlalu banyak di Pasar Badung karena kalap dengan harganya yang murah dan pilihan barangnya yang banyak? Apakah Anda merasa repot untuk mengambil dan membawa barang belanjaan Anda?

Tidak perlu khawatir! Di pasar ini, Anda bisa mendapatkan layanan yang akan membawa barang-barang Anda saat berbelanja.

Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 20.000 untuk mendapatkan layanan pengangkutan belanja, tergantung pada berapa banyak barang yang Anda miliki.

7. Sistem Parkir Modern

Pasar Tradisional Badung dikelola secara modern setelah dibangun kembali menyusul peristiwa kebakaran pada tahun 2016. Usai mengadakan lomba desain, Pemerintah Kota Denpasar kemudian mendapatkan desain baru yang menjadi tampilan terkini Pasar Badung.

Nah, uniknya di pasar ini adalah Anda tidak pusing dengan cara memarkir kendaraan. Semua pengunjung yang membawa kendaraan bisa parkir dengan aman karena pasar menerapkan manajemen parkir modern.

Pasar Tradisional Badung memiliki lahan parkir bawah tanah untuk menghindari kepadatan saat high season perayaan keagamaan setempat.

Manajemen pasar benar-benar sudah modern, bahkan pengunjung bisa memanfaatkan aplikasi belanja dengan ojek online jika tidak sempat mengunjungi pasar. Layanan belanja secara online ini sudah ada sejak Maret 2020 menanggapi munculnya pandemi Covid-19.

Masyarakat bisa memesan kebutuhan sehari-hari melalui aplikasi dan setelah itu tinggal menunggu pesanannya di rumah.

Jam Buka

Jika ditanya buka jam berapa Pasar Tradisional Badung, maka jawabannya adalah pasar ini buka mulai pukul 05.00 WIB. Lalu tutup jam berapa pasar ini? Jadi, Pasar Badung tutup pukul 17.00 WIB dan ada beberapa toko yang bahkan buka 24 jam.

Ya, adanya perubahan operasional, maka jam tutup pasar adalah sampai pukul 17.00 meskipun sebenarnya tetap ada banyak toko di pasar ini yang tetap beroperasi hingga 24 jam.

Perjalanan ke Pasar Badung adalah hal yang wajib Anda lakukan jika sudah menginjakkan kaki di Bali. Apapun bisa Anda cari di salah satu pasar tradisional di Bali ini dengan mudah. Didesain dengan arsitektur Bali yang unik, perjalanan belanja Anda tidak akan terasa karena suasananya yang menarik dan penduduk lokalnya yang ramah.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

To Top